7 Makanan Sehat yang Cocok Kurangi Nyeri Punggung, Ampuh & Wajib Dicoba

7 Makanan Sehat yang Cocok Kurangi Nyeri Punggung, Ampuh & Wajib Dicoba
Ilustrasi teh hijau. Shutterstock/kuleczka
SUMUT | 18 Mei 2022 19:53 Reporter : Ani Mardatila

Merdeka.com - Gaya hidup kita yang tidak banyak bergerak menghasilkan berbagai masalah yang berhubungan dengan kesehatan, termasuk rasa sakit di daerah lutut dan punggung tubuh kita.

Sakit lutut atau punggung bisa timbul karena cedera, postur tubuh yang salah, kurang olahraga, atau bahkan sentakan tiba-tiba. Itu bisa bertahan selama satu hari atau bahkan untuk waktu yang lama.

Makanan yang kita makan memainkan peran luar biasa dalam memastikan kesejahteraan setiap bagian tubuh, termasuk sendi lutut dan punggung. Asupan makanan juga menentukan bagaimana tubuh kita dapat mempertahankan cedera dan mencegah segala jenis sakit lutut dan punggung kronis.

Bahkan, itu setara dengan obat yang jika dikonsumsi dengan benar akan membantu siapa saja yang menderita sakit lutut dan punggung untuk mendapatkan bantuan lebih cepat. Berikut merdeka.com rangkum makanan sehat yang cocok kurangi nyeri punggung:

2 dari 3 halaman

Minyak Zaitun Extra Virgin

Makanan sehat yang cocok kurangi nyeri punggung, yaitu minyak zaitun. Minyak zaitun extra virgin memiliki sifat yang dapat mengurangi peradangan dan membantu nyeri sendi dan punggung. Oleocanthal, yang ditemukan dalam minyak zaitun, dapat memiliki efek yang sama dengan obat antiinflamasi nonsteroid seperti ibuprofen atau aspirin. 

Ingatlah untuk tidak memanaskan minyak zaitun ke suhu tinggi, karena ini membunuh beberapa sifat yang bermanfaat. Pada suhu yang lebih rendah, Anda dapat menumis sayuran dan mendapatkan manfaat dari mengganti mentega dengan minyak zaitun. 

Anda juga dapat menggunakannya dalam saus salad, sebagai saus untuk roti, atau untuk melemparkan pasta atau sayuran.

Ikan Berlemak

Makanan sehat yang cocok untuk kurangi nyeri punggung berikutnya, yaitu ikan berlemak. Ikan berlemak seperti salmon, trout, tuna, dan sarden merupakan sumber yang kaya akan asam lemak omega-3. 

Sementara sifat anti-inflamasinya menjaga metrik tubuh, lemak tak jenuh juga mengurangi nyeri sendi dan kekakuan di tubuh. Ikan juga merupakan sumber vitamin D yang sangat baik, nutrisi penting yang kekurangannya dapat memperburuk nyeri lutut dan punggung dan bahkan menyebabkan radang sendi.

Bagi yang tidak suka makan ikan secara teratur, tetap bisa mendapatkan manfaat dari nutrisi Omega-3 dengan mengonsumsi suplemen yang terbuat dari minyak ikan.

Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Sumber penting lainnya dari asam lemak Omega-3 adalah kacang-kacangan dan biji-bijian mentah seperti almond, walnut, biji chia, dan biji rami. Asupan kacang ini secara teratur (yaitu, segenggam setiap hari) mengurangi peradangan dan memperbaiki jaringan yang rusak.

Konsumsi kacang-kacangan juga memperkuat tulang dalam jangka panjang, sehingga mengurangi kemungkinan tertular cedera pada lutut atau daerah punggung.

3 dari 3 halaman

Sayuran

Sayuran hijau dan sayuran silangan seperti brokoli, kembang kol, kubis, dan bayam harus menjadi bagian dari rencana diet setiap orang. Makanan ini mengandung vitamin A, C, dan K, yang merupakan antioksidan yang dikenal untuk meredakan peradangan. 

Sayuran-sayuran itu juga menawarkan manfaat lain, yaitu senyawa alami yang disebut sulforaphane, yang memblokir enzim yang menyebabkan nyeri sendi dan peradangan. Sayuran berdaun hijau berserat dan memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Sayuran akar seperti wortel, bit dan labu kaya akan beta karoten, antioksidan kuat. Menambahkannya dapat bekerja sangat baik dalam mengurangi nyeri lutut dan punggung. Konsumsilah wortel sebagai bagian dari asupan salad Anda secara teratur.

Buah Berair

Buah-buahan, terutama varian berair, harus menjadi komponen penting dari rencana diet Anda untuk mengurangi nyeri lutut dan punggung.

Apel, nanas, beri, ceri, anggur, dan buah jeruk (lemon, jeruk) terdiri dari flavonoid dan antioksidan. Senyawa tanaman ini bekerja bersama-sama untuk meredakan peradangan yang disebabkan oleh nyeri lutut dan punggung. Konsumsilah kulit buahnya untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.

Konsumsi tomat secara teratur juga dianjurkan karena mengandung likopen, antioksidan yang sangat kuat. Ini mencegah sel-sel ligamen dari kerusakan abadi sambil memperbaiki jaringan yang meradang lebih cepat.

Teh Hijau

Teh hijau atau teh herbal sering direkomendasikan untuk orang yang menderita sakit punggung atau lutut kronis sebagai pengobatan non-invasif. Teh hijau kaya akan flavonoid, yang mengurangi peradangan di daerah yang terkena untuk sebagian besar. 

Teh hijau juga membantu meningkatkan respons kekebalan kita, sehingga mengurangi kemungkinan pecahnya jaringan atau tulang rawan. Karena sifatnya yang non-inflamasi, Anda dapat mengonsumsi satu atau dua cangkir teh hijau setiap hari.

Teh hijau bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh Anda secara keseluruhan.

Rempah-Rempah

Jahe, bawang putih, dan kunyit adalah rempah-rempah yang populer karena khasiat obatnya. Namun, sangat sedikit orang yang menyadari karakteristik intrinsik mereka dalam mengobati nyeri lutut dan punggung.

Kunyit mengandung senyawa kurkumin, yang merupakan obat yang efektif untuk nyeri yang berhubungan dengan sendi. Jahe dan bawang putih juga menunjukkan sifat anti-inflamasi, yang bahkan dapat menyembuhkan radang sendi parah atau nyeri sendi.

(mdk/amd)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami