7 Manfaat 'Me Time' yang Sering Diabaikan, Atasi Mental Lelah

7 Manfaat 'Me Time' yang Sering Diabaikan, Atasi Mental Lelah
ilustrasi liburan. ©huffingtonpost
SUMUT | 11 Januari 2022 18:27 Reporter : Ani Mardatila

Merdeka.com - Manfaat me time seringkali diabaikan seseorang. Padahal me time sangat berguna bagi kesehatan mental. Me time atau meluangkan waktu untuk diri sendiri memang sebaiknya rutin dilakukan.

Semakin beranjak dewasa, terkadang tak terasa semakin banyak kegiatan seperti bekerja dan merawat keluarga yang menguras mental dari waktu ke waktu. Wajar untuk merasa lelah, namun kelelahan mental yang tak disadari dalam jangka panjangmemiliki dampak yang buruk seperti mengakibatkan stres dan tertekan.

Kita sering memprioritaskan kebutuhan orang lain sebelum kebutuhan kita sendiri karena kita tidak ingin terlihat egois atau merasa bersalah tetapi itu sebenarnya tidak sehat.Meluangkan waktu untuk diri sendiri sangat penting. Oleh karena itu, ketahui manfaat me time.

Me time atau meluangkan waktu untuk diri sendiri memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan mental dan kreativitas. Berikut merdeka.com merangkum manfaat me time yang sering diabaikan melansir dari houseofwellness dan verywellmind:

2 dari 3 halaman

Mengapa kita membutuhkan waktu sendirian?

Dalam survei terhadap lebih dari 18.000 orang dari 134 negara, "menghabiskan waktu sendiri" adalah jawaban paling populer keempat ketika ditanya apa arti istirahat bagi responden.

Me time berada di posisi setelah membaca, tidur dan berada di alam. Menghabiskan waktu dengan teman dan keluarga, ternyata memiliki peringkat jauh lebih rendah pada hasil.

Studi lain baru-baru ini menghubungkan mereka yang secara aktif mencari kesendirian (bukan mereka yang menghindari bersosialisasi karena takut) dengan peningkatan kreativitas, sebuah ide yang digaungkan oleh orang-orang seperti Albert Einstein dan Henry David Thoreau.

Penelitian Dr Almuth McDowall tahun 2015 menunjukkan bahwa mereka yang menjalani “me time” berkualitas lebih produktif di tempat kerja.

Manfaat Me Time

Kurangi stres dan rileks

Manfaat me time yakni dapat mengurangi stres. Jika tidak memprioritaskan me time maka seseorang akan merasa lebih lelah, lebih lelah, dan lebih terburu-buru.

Berada di bawah tekanan terus-menerus akan meningkatkan tingkat stres dan akhirnya menyebabkan kelelahan. Luangkan waktu untuk bersantai, mengisi ulang baterai dan menurunkan tingkat stres.

Nyalakan ulang otak dan jadi lebih produktif

ilustrasi bekerja©2012 Merdeka.com

Manfaat me time berikutnya yaitu bisa menjadi lebih produktif. Memiliki daftar tugas yang tidak ada habisnya dan bekerja dari saat bangun hingga saat tertidur bukanlah hal yang sehat.

Otak manusia tidak dibangun untuk fokus yang lama. Anda perlu istirahat secara teratur jika ingin tetap produktif. Melakukan sesuatu yang menyenangkan di waktu istirahat itu akan menyegarkan Anda dan membuat kembali ke jalur semula.

Meningkatkan konsentrasi dan membantu pemecahan masalah

Manfaat me time berikutnya yaitu dapat meningkatkan konsentrasi. Jika memaksakan diri untuk fokus menyelesaikan tugas atau memecahkan masalah dan sepertinya Anda tidak mendapatkan apa-apa, istirahatlah.

Melakukan sesuatu yang disukai akan membantu Anda rileks dan tidak membuat otak terlalu tertekan. Anda akan sering menemukan bahwa solusi tiba-tiba datang kepada Anda karena tidak berusaha memaksanya.

Luangkan waktu untuk penemuan diri dan pemikiran yang lebih dalam

ilustrasi berpikiran positif©2014 Merdeka.com/shutterstock.com/SasinT

Kita perlu meluangkan waktu untuk berhenti dan mengevaluasi diri kita sendiri sesekali. Apa yang penting bagi kita? Apa nilai hidup kita? Apa tujuan kita?

Kadang-kadang kita begitu terjebak dalam tugas sehari-hari sehingga kita lupa tentang apa yang kita inginkan dan siapa diri kita. Jika kita tidak menyelaraskan tindakan kita dengan tujuan kita, maka kita bisa menjadi tidak bahagia dan tidak terpenuhi.

Meningkatkan hubungan

Manfaat me time mampu meningkatkan hubungan. Me time membuat diri Anda sebagai prioritas dan menunjukkan kepada orang lain bahwa Anda menghargai kebutuhan Anda sendiri. Jika tidak menghargai diri sendiri maka orang lain dapat mulai memanfaatkannya. Hargai dirimu sendiri dan orang lain akan menghargaimu.

3 dari 3 halaman

Keseimbangan kehidupan kerja yang lebih baik

Manfaat me time bantu keseimbangan kehidupan kerja yang lebih baik. Memahami pentingnya menjaga kebutuhan Anda membuatnya lebih mudah untuk menciptakan keseimbangan kehidupan kerja yang lebih baik.

Anda belajar untuk mengatakan "tidak" dan pergi daripada mengambil setiap tugas, masalah atau pertemuan yang menghadang kita. Hal ini memungkinkan kita untuk mengelola hal-hal penting dalam hidup kita dengan lebih efektif.

Lebih Bahagia

Melakukan hal-hal yang kita sukai membuat kita merasa lebih bahagia. Manfaat me time ialah merasa lebih bahagia. Perasaan bahagia membuat kita lebih positif, sehat dan terpenuhi. Meluangkan waktu untuk bersenang-senang, bersantai atau melakukan sesuatu hanya untuk kita meningkatkan kesejahteraan dan rasa harga diri kita.

Bagaimana cara membuat lebih banyak waktu "saya"?

Me time tidak selalu berarti melakukan sesuatu sendirian, me time bisa berarti melakukan sesuatu yang Anda sukai. Ini bisa berupa membaca buku dengan anak-anak, berjalan-jalan dengan teman-teman atau meringkuk untuk menonton film dengan pasangan.

Berikut adalah beberapa ide yang dapat dilakukan untuk me time dan istirahat dari kesibukan:

  • Pergi ke taman atau jalan-jalan saat istirahat makan siang
  • Mendengarkan musik
  • Membaca buku atau majalah
  • Menonton film atau acara TV favorit
  • Mandi santai
  • Lakukan sesuatu yang kreatif (menulis, menggambar, memasak, menjahit)
  • Merenungkan
  • Luangkan waktu lima menit sebelum tidur untuk berpikir positif
  • Bangun pagi dan tuliskan sesuatu yang kamu nantikan
  • Nikmati kopi di kebun
  • Olahraga
  • Memanjakan diri sendiri

Kualitas me time lebih penting daripada kuantitas. Bahkan jika Anda memiliki jadwal penuh, pastikan Anda meluangkan waktu sepuluh menit untuk fokus pada sesuatu yang Anda sukai. Tutup pintu kantor, matikan teknologi, dan istirahatlah.

(mdk/amd)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami