8 Cara Menghilangkan Mual saat Hamil, Kenakan Pakaian Longgar dan Nyaman

8 Cara Menghilangkan Mual saat Hamil, Kenakan Pakaian Longgar dan Nyaman
SUMUT | 26 Juli 2020 10:05 Reporter : Ani Mardatila

Merdeka.com - Mual di pagi hari merupakan salah satu tanda awal kehamilan. Ini adalah keluhan umum, tetapi sering melewati 3 bulan setelah kehamilan. Namun, bagi sebagian wanita, mual di pagi hari bisa sangat mengganggu.

Lebih dari setengah wanita hamil mengalami mual. Morning sickness dapat berlangsung sepanjang hari untuk beberapa wanita. Biasanya dimulai sekitar minggu ke-6 kehamilan dan menghilang sekitar minggu ke-12. Tetapi wanita yang berbeda akan memiliki pengalaman yang berbeda.

Mual di pagi hari tidak memerlukan perhatian medis kecuali parah dan menyebabkan dehidrasi dan penurunan berat badan. Beberapa tips dan pengobatan rumahan dapat membantu.

Mual selama kehamilan biasanya dikaitkan dengan peningkatan kadar estrogen, jumlah gula darah yang rendah dan kerentanan yang lebih besar terhadap beberapa aroma.

Alasan pastinya tidak diketahui, tetapi ada faktor-faktor yang mungkin membuatnya terjadi sebagai berikut :

  • peningkatan hormon, terutama estrogen, progesteron , human chorionic gonadotrophin (HCG), dan cholecystokinin, yang mengarah pada perubahan aktivitas pencernaan
  • penurunan gula darah, akibat kebutuhan energi plasenta

Teori lain tentang apa yang menyebabkan mual pada awal kehamilan terkait dengan indera penciuman. Indera penciuman seorang wanita lebih sensitif dalam kehamilan dan ini bisa meningkatkan perasaan mual.

Penelitian telah menunjukkan bahwa mual dan muntah selama kehamilan adalah pertanda baik, dan mereka dikaitkan dengan risiko lebih rendah dari kehilangan kehamilan. Jika sangat mengganggu, berikut 8 cara menghilangkan mual saat hamil yang bisa Anda terapkan di rumah dilansir dari Medical News Today:

Baca Selanjutnya: Cara Menghilangkan Mual saat Hamil...

Halaman

(mdk/amd)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami