9 Cara Diet Cepat dan Sehat untuk Dapatkan Tubuh Idaman, Berikut Panduannya

9 Cara Diet Cepat dan Sehat untuk Dapatkan Tubuh Idaman, Berikut Panduannya
Ilustrasi sehat. Shutterstock/Markus Gann
SUMUT | 16 Mei 2020 07:48 Reporter : Ani Mardatila

Merdeka.com - Tidak mengherankan bahwa masih ada kebingungan di kalangan perempuan tentang cara terbaik untuk menurunkan persentase lemak tubuh Anda ke kisaran yang sehat dengan aman tanpa membahayakan kesehatan fisik dan mental Anda.

Yang perlu diingat, terlepas dari bentuk, ukuran, atau persentase lemak tubuh Anda, adalah bahwa kesehatan terlihat berbeda pada semua orang, jika Anda bahagia di dalam diri Anda, maka mungkin tidak perlu mencoba kehilangan lemak tubuh.

Namun, jika Anda seseorang yang sungguh-sungguh mencari cara terbaik untuk menurunkan lemak tubuh Anda ke kisaran 'aman', dan Anda bugar serta sehat, maka ini adalah panduan praktis Anda untuk mengatasinya dengan cara sebaik mungkin. Cara diet cepat dan sehat untuk dapatkan tubuh idaman, berikut panduannya:

2 dari 11 halaman

Ingatlah Kalau Lemak Tubuh itu Penting

Pertama, cara diet cepat ialah dengan mengingat kalau tubuh membutuhkan lemak. Ini sangat penting dalam kesehatan dan umur panjang, serta perlindungan Anda terhadap kelaparan ketika Anda tidak dapat mengakses makanan.

'Lemak tubuh bertindak sebagai penyimpan energi bagi tubuh,' kata Nicola Addison, pelatih pribadi dan ahli kesehatan untuk Healthspan. 'Ini melindungi organ-organ Anda, bantal sendi, mengatur suhu tubuh dan bertanggung jawab atas sekresi hormon-hormon tertentu. Singkatnya, itu membantu Anda tetap hidup.'

"Kelebihan lemak tubuh dapat memengaruhi kesehatan, kemungkinan mengarah pada penyakit jantung dan diabetes," kata Addison.

Jadi, bentuk tubuh ideal apa yang harus Anda tuju ketika merencanakan diet? Nah, jika persentase lemak tubuh Anda antara 20 dan 30%, Anda bisa tenang.

Umumnya pada wanita, kadar lemak tubuh lebih rendah dari 15% dapat dikaitkan dengan kadar hormon leptin yang berkurang, yang pada gilirannya dapat mengacaukan menstruasi Anda. Tapi itu belum semuanya.

Bahaya lain dari memiliki lemak tubuh rendah yaitu:

• Sembelit
• Kelelahan
• Perubahan suasana hati
• Tekanan darah rendah
• Konsentrasi yang buruk
• Rambut rontok
• Masalah gigi dan gusi
• Bradikardia (detak jantung terlalu lambat)
• Hipogonadisme (aktivitas ovarium yang berfungsi buruk)
• Hipoglikemia (kondisi yang disebabkan oleh gula darah terlalu rendah)
• Kram otot

3 dari 11 halaman

Olahraga Kekuatan

Saat berolahraga untuk berfokus menghilangkan lemak, sangat penting untuk mengutamakan kualitas daripada kuantitas. Olahraga rutin, terjadwal, dan terencana setiap harinya akan membuat perubahan pada tubuh Anda. Alih-alih langsung melakukannya dalam sekali waktu.

ilustrasi olahraga©2012 trainbodyandmind.com

Berikut cara menghilangkan lemak tubuh, dengan latihan HIIT yang mencakup beberapa latihan menahan beban dengan menggunakan berat badan atau dumbbell dan kettlebell, paling baik:

  • latihan gabungan (push-up, squat, star jump, step-up atau berlari di tempat)
  • kardio
  • senam aerobik
4 dari 11 halaman

Makan Protein, Lemak, dan Sayuran

Setiap makanan Anda harus mencakup sumber protein, sumber lemak, dan sayuran rendah karbohidrat. Sebagai aturan umum, cobalah makan dua hingga tiga kali sehari. Jika Anda merasa lapar di sore hari, tambahkan makanan keempat.

Membangun makanan Anda dengan cara ini akan membuat asupan karbohidrat Anda turun menjadi sekitar 20-50 gram per hari.

Diet berprotein tinggi juga dapat mengurangi keinginan makan dan pikiran obsesif tentang makanan hingga 60%, mengurangi keinginan untuk ngemil hingga larut malam hingga setengahnya, dan membuat Anda merasa kenyang. Dalam satu studi, orang yang diet protein tinggi makan lebih sedikit 441 kalori per hari.

Sumber protein sehat meliputi:

  • Daging: daging sapi, ayam, babi, dan domba
  • Ikan dan makanan laut: salmon, trout, dan udang
  • Telur: seluruh telur dengan kuning telur
  • Protein nabati: kacang-kacangan, kacang-kacangan, dan kedelai

Banyak sayuran mengandung karbohidrat rendah, di antaranya:

  • Brokoli
  • kembang kol
  • bayam
  • tomat
  • kubis
  • kubis Brussel
  • Swiss chard
  • selada
  • timun
5 dari 11 halaman

Konsumsi Makanan Kaya Serat

Serat adalah karbohidrat yang ditemukan pada makanan nabati seperti buah, sayur dan biji-bijian. Berbeda dengan karbohidrat lainnya serat cenderung sulit untuk dipecah dan dicerna oleh tubuh.

Maka dari itu serat justru akan menggelontor dan melancarkan sistem pencernaan dengan mudah tanpa menyebabkan kenaikan kadar gula darah. Makanan yang mengandung serat adalah makanan yang wajib kamu konsumsi saat sedang diet, karena makanan yang mengandung banyak serat akan membuat kita merasa kenyang tanpa makan terlalu banyak kalori.

6 dari 11 halaman

Rajin Konsumsi Madu dan Jahe

Rajin mengonsumsi madu dan jahe akan memberikan energi yang lebih untuk tubuh. Jadi tidak perlu terlalu banyak mengonsumsi makanan, karena kebutuhan energi sudah terpenuhi.

kuliner madumarga.org

Kalau kamu ingin memiliki bentuk tubuh yang sehat dan ideal cobalah untuk mulai mengonsumsi jahe yang dicampur dengan madu murni, dengan begitu program diet yang sedang kamu jalani jadi jauh lebih efektif hasilnya.

7 dari 11 halaman

Yoga

Cara diet cepat pengganti olahraga ialah yoga. Yoga merupakan olahraga yang memusatkan pada kekuatan, kelenturan, dan pernapasan. Penelitian di India membuktikan yoga sangat membantu menghilangkan gas berlebih di perut, sehingga melancarkan pencernaan dan menghilangkan lemak di perut.

Melatih serta menyelaraskan tubuh dan pikiran supaya lebih rileks akan memacu tubuh mengeluarkan hormon yang bisa membantu proses pembakaran lemak dalam tubuh secara efektif. Mulailah berlatih yoga selama 10-20 menit setiap hari agar tubuh dapat melakukan sistem metabolisme dengan maksimal.

8 dari 11 halaman

Hindari Makan Lebih dari Jam 6 Sore

Untuk memperlancar cara diet cepat Anda, ingat untuk membatasi makan. Sarapan tentu membutuhkan porsi yang lebih banyak sebagai asupan energi kita selama seharian penuh, begitu juga dengan makan siang. Porsi makan siang harus lebih sedikit daripada sarapan. Begitu pula makan malam.

Karena aktivitas sudah selesai, Anda tidak perlu mengonsumsi makanan berat lagi. Nasi bisa diganti dengan sebuah apel. Atau jika memang hendak makan malam, jangan langsung tertidur setelah makan.

9 dari 11 halaman

Minum Air Jeruk Nipis Pagi Hari

Jeruk nipis memiliki banyak manfaat positif bagi kesehatan. Dengan meminum air jeruk nipis dengan segelas air hangat selama masa diet Anda, dapat membantu menurunkan berat badan lebih cepat.

ilustrasi jeruk nipis©Unsplash

Jeruk nipis yang kaya akan vitamin C ini akan bekerja menyerap kalsium dalam sel-sel lemak, sehingga berat badan turun.

Cara diet cepat, alami dan sehat memang tidak terlalu ketat dan menyiksa, Tapi tetap saja dibutuhkan komitmen tinggi agar berat badan dapat turun secara berkala dan memiliki efek jangka lama. Semoga bermanfaat. 

10 dari 11 halaman

Hindari Makanan Olahan

Cara diet cepat dan dapat menurunkan berat badan yang kedua dengan menghindari konsumsi makanan olahan. Hal ini dikarenakan makanan olahan memiliki kandungan tinggi sodium, lemak, kalori, dan gula. Ditambah, makanan-makanan tersebut hanya memiliki sedikit nutrisi.

Dalam sebuah studi penelitian ditemukan bahwa makanan olahan dapat menyebabkan ketagihan bagi seseorang, yang akhirnya menyebabkan orang makan secara berlebihan

 

 

11 dari 11 halaman

Tetap Terhidrasi

Cara diet cepat berikutnya dengan membuat tubuh tetap terhidrasi. Air adalah cairan terbaik yang bisa Anda minum sepanjang hari. Air memiliki banyak manfaat kesehatan dan tidak mengandung kalori.

Ketika Anda minum air dengan jumlah yang cukup, hal itu akan membantu Anda dalam meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Minum air sebelum makan juga dapat membantu mengurangi jumlah makanan yang dimakan. Hal ini juga akan mengurangi jumlah kalori yang Anda konsumsi.

(mdk/amd)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami