9 Manfaat Madu Hitam untuk Kesehatan, Bisa Tingkatkan Imunitas Tubuh

9 Manfaat Madu Hitam untuk Kesehatan, Bisa Tingkatkan Imunitas Tubuh
SUMUT | 24 Maret 2020 18:00 Reporter : Ayu Isti Prabandari

Merdeka.com - Sudah bukan menjadi rahasia lagi, bahwa madu merupakan bahan alami yang mempunyai segudang manfaat untuk tubuh. Produk hewani yang bertekstur kental dan manis ini biasanya dikonsumsi sebagai pengganti gula dalam seduhan teh maupun air hangat biasa.

Bukan hanya itu, madu juga sering kali menjadi bahan pengganti gula untuk sajian kue atau roti. Bahkan tidak jarang, banyak orang yang mengonsumsi madu secara langsung setiap harinya.

Madu biasa yang berwarna cokelat dengan tekstur kental dan rasa manis merupakan jenis madu yang banyak dijual dan dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Namun ternyata ada satu jenis madu yang dikatakan lebih kaya nutrisi dibandingkan jenis madu pada umumnya, tidak lain adalah madu hitam.

Madu jenis ini memang mempunyai warna yang lebih gelap dan rasa yang sedikit lebih pahit dibandingkan madu biasa. Meskipun rasanya sedikit pahit, jenis madu hitam ternyata mempunyai kandungan asam fenolat dan flavonoid yang lebih banyak dibandingkan madu biasa.

Dua kandungan ini merupakan jenis antioksidan yang mampu memberikan berbagai manfaat bagi tubuh. Mulai dari, menghambat penyempitan pembuluh darah, melindungi sel-sel tubuh, antiinflamasi, antikanker hingga mampu meningkatkan sistem imun tubuh.

Masih ada banyak manfaat madu hitam untuk kesehatan lainnya. Dilansir dari Liputan6.com, berikut kumpulan manfaat madu hitam untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui.

1 dari 9 halaman

Mengobati Batuk

ilustrasi batuk

medicalnewstoday.com

Manfaat madu hitam yang pertama adalah dapat dikonsumsi untuk mengobati batuk. Kandungan yang terdapat dalam madu hitam ini mampu mengurangi frekuensi batuk yang terjadi pada anak maupun orang dewasa.

Apalagi serangan batuk yang terjadi akibat penyakit bronkitis pada anak. Dikatakan bahwa madu hitam ini baik dikonsumsi bagi di awal gejala batuk datang, khususnya bagi orang-orang yang belum melakukan pengobatan apapun untuk meredakan batuknya.

2 dari 9 halaman

Mengatasi Gejala Lambung

9 penyebab asam lambung naik

universityhealthnews.com 2020 Merdeka.com

Bagi Anda yang mempunyai masalah asam lambung, Anda bisa memilih madu hitam sebagai bahan alami untuk meredakannya. Bukan tanpa alasan, madu hitam ternyata mempunyai sifat antibiotik yang mampu mengurangi bahkan mencegah terjadinya gejala asam lambung seperti rasa nyeri, kembung, mual, hingga muntah.

Dengan mengonsumsi madu hitam, Anda juga akan terhindar dari kondisi luka lambung yang semakin serius. Manfaat madu hitam yang satu ini bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsinya secara rutin.

3 dari 9 halaman

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

10 macam bakteri yang sering menyerang tubuh

news-medical.net 2020 Merdeka.com

Manfaat madu hitam berikutnya dapat mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini jelas didapatkan dari kandungan antioksidan asam fenolat dan flavooid yang banyak terdapat di dalamnya.

Bahkan menurut penelitian yang dilakukan oleh Universitas Memphis, Amerika Serikat mengatakan bahwa kandungan yang terdapat dalam madu hitam sangat efektif untuk meningkatkan daya tahan tubuh seorang atlet.

4 dari 9 halaman

Menangkal Radikal Bebas dan Mencegah Penyakit Kronis

Bukan hanya mampu meningkatkan daya tahan tubuh, kandungan antioksidan asam fenolat dan flavonoid ternyata juga ampuh menangkal senyawa radikal bebas yang masuk ke tubuh. Senyawa radikal bebas yang banyak terdapat pada polusi udara, sering kali masuk begitu saja dalam tubuh. Senyawa ini mampu memberikan ancaman berbagai penyakit seperti kanker, jantung, stroke juga diabetes.

Dalam hal ini, kandungan antioksidan asam fenolat dan flavonoid mampu menangkal dan melawan senyawa radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Dengan begitu, tubuh akan lebih terlindungi dan terhindarkan dari berbagai serangan penyakit kronis yang mengancam. Ini menjadi salah satu manfaat madu hitam yang bisa Anda dapatkan untuk tubuh yang lebih sehat.

5 dari 9 halaman

Mengobati Alergi

003 febrianti diah kusumaningrum

shutterstock

Manfaat madu hitam selanjutnya adalah untuk mengobati gangguan alergi. Manfaat madu hitam yang satu ini masih didapatkan dari kandungan antioksidan flavonoid yang ada di dalamnya.

Kandungan ini mampu mengatasi berbagai gangguan alergi seperti asma, rhinitis, eksem, atopic dan gangguan alergi lainnya. Apabila Anda mempunyai masalah alergi salah satu di antaranya, Anda bisa segera mencoba alternatif pengobatan alami ini.

6 dari 9 halaman

Melancarkan Aliran Darah ke Otak

011 tantri setyorini

2018 Merdeka.com/Pixabay

Manfaat madu hitam ternyata juga sangat baik untuk melancarkan aliran darah ke dalam otak. Senyawa antioksidan flavonoid yang banyak terkandung dalamnya mampu mengalirkan darah menuju otak dengan lancar sehingga fungsi kerja otak dapat berjalan dengan baik. Bukan hanya itu, kandungan ini juga dapat mempercepat regenerasi sel-sel saraf di luar otak dan sumsum tulang belakang.

7 dari 9 halaman

Mengurangi Gejala Asam Urat

nyeri sendi

shutterstock.com

Bagi penderita asam urat, sering kali mendapatkan gejala nyeri sendi hingga pembengkakan yang membuat beberapa anggota badan sulit digerakkan. Kondisi seperti ini tentu saja sangat mengganggu, bahkan aktivitas sehari-hari pun tidak dapat berjalan dengan lancar karenanya.

Namun Anda tidak perlu khawatir, gejala asam urat yang sering kali muncul bisa dikurangi dengan mengonsumsi madu hitam secara rutin. Bahkan, dengan mengonsumsi madu hitam bisa mencegah gejala asam urat tersebut datang kembali. Bagi Anda yang mempunyai masalah kesehatan asam urat, tentu manfaat madu hitam yang satu ini tidak boleh dilewatkan.

8 dari 9 halaman

Baik Dikonsumsi untuk Penderita Diabetes

Rasa madu hitam yang sedikit pahit dan tidak semanis madu pada umumnya, membuat jenis madu yang satu ini lebih aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Hal ini tidak lain karena kandungan alkaloid yang terdapat pada madu hitam mempunyai kandungan gula atau glukosa yang lebih rendah dari madu biasa.

Bagi Anda yang mempunyai masalah kesehatan diabetes, Anda bisa mengonsumsi madu hitam sebagai bahan alami pengganti gula yang lebih sehat. Namun sebelum mengonsumsinya, akan lebih baik jika Anda berkonsultasi lebih dahulu dengan dokter untuk mengetahui dosis yang tepat.

9 dari 9 halaman

Menurunkan Kolesterol

Manfaat madu hitam lainnya adalah dapat menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Kadar kolesterol jahat yang terdapat dalam tubuh memang perlu dikurangi untuk menghindarkan dari berbagai risiko penyakit.

Anda bisa mulai mengonsumsi madu hitam secara rutin untuk bisa mendapatkan manfaat ini. bukan hanya itu, konsumsi madu hitam juga dapat menurunkan risiko serangan jantung koroner karena adanya aktivitas antitrombotik.

(mdk/ayi)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami