Terlalu Sayang, Pria Ini Gelar Prosesi Tedak Siten Anak Kucing Peliharaannya

Terlalu Sayang, Pria Ini Gelar Prosesi Tedak Siten Anak Kucing Peliharaannya
Bikin Heboh, Acara Tedak Sinten Pada Bayi Kucing Ini Curi Perhatian Warganet. ©2022 Merdeka.com/ TikTok @riomaryono
SUMUT | 8 Februari 2022 18:10 Reporter : Fardi Rizal

Merdeka.com - Tradisi adat Jawa Tedak Siten merupakan tradisi yang dilakukan saat seorang anak baru saja bisa berjalan. Tradisi ini pun masih sering dilakukan oleh banyak keluarga. Namun, siapa sangka ada yang mengadakan tradisi Tedak Siten dengan cara yang mengejutkan.

Dalam unggahan sebuah Tik Tok @riomaryono ini terlihat sebuah prosesi menginjakkan kaki pertama di tanah ini rupanya bukan dilakukan oleh anak manusia, melainkan anak kucing. Unggahan ini viral dan curi perhatian warganet.

Tak hanya itu saja, dalam unggahan tersebut terlihat seorang pria bernama Rio ini sedang membawa seekor anak kucing yang dinamai dengan Baby Cat Devon yang ditempatkan di sebuah bantal mungil.

"Prosesi tedak siten (menginjakkan kaki ketanah) baby cat Devon," tulisnya dalam keterangan. Berikut berita selengkapnya.

2 dari 4 halaman

Gelar Tidek Siten untuk Anak Kucing

bikin heboh acara tedak sinten pada bayi kucing ini curi perhatian warganet
©2022 Merdeka.com/ TikTok @riomaryono

Lebih lanjut, Terlihat pula beberapa orang yang turut hadir meramaikan acara Tedak Siten pada anak kucing tersebut dengan balutan busana adat Jawa. Rio mengatakan bahwa  tujuan Tedak Sinten dilaksanakan agar Devon mampu melewati semua fase kehidupan dengan bagus dan lancar.

"Tujuan tedak siten supaya Devon bisa melewati semua fase kehidupan dengan bagus dan lancar," tulisnya.

Tak hanya itu saja, Baby Cat Devon kemudian ditaruh di dekat makanan-makanan yang telah disediakan dalam prosesi tersebut. Beberapa makanan diantaranya yakni ada wajik, nasi gurih dengan lauk ayam goreng, sambel goreng ati, mie dan lain lain.

"Dengan menu utama jadah wajik, nasi gurih lengkap dengan ayam goreng, sambal goreng ati, mie, buah, jajan pasar," lanjutnya.

3 dari 4 halaman

Anak Kucing Memilih Uang

bikin heboh acara tedak sinten pada bayi kucing ini curi perhatian warganet
©2022 Merdeka.com/ TikTok @riomaryono

Devon juga dimasukkan ke dalam kandang yang sudah hias dan ditaruh uang, makanan kucing, vitamin dan berbagai mainan. Rupanya Devon memilih uang.

"Ternyata Devon mencakar uang, mainan dan pakannya. Pertanda apa ya?" tulisnya.

Usai anak kucing tersebut memilih benda yang ada di kandangnya, Ia pun kembali meletakkan kucing di atas bantal mungilnya itu. Tak lupa, Rio meminta doa supaya kucing peliharaannya selalu sehat dan panjang umur.

4 dari 4 halaman

Komentar Netizen

 Video singkat ini berhasil mencuri perhatian warganet, hingga artikel ini ditulis video ini telah ditonton 700 ribu kali. 

Banyak warganet yang turut memberikan komentar serta doa pada kucing Devon. Tak sedikit juga yang ikut geleng kepala dengan aksi sang pengunggah yang menggelar prosesi tedak siten ini. 

"Ketika orang kaya Gabut😂😂"  ujar warganet.

"Masih menunggu artinya kenapa Devon mencakar uang , mainan & makanan" ujar warganet.

"Semoga panjang umur ya bayi yaa" ujar warganet.

Berikut videonya

@riomaryono Prosesi tedak siten (menginjakkan kaki ketanah) baby cat Devon #AllOfUsAreDead #jogja  #kucinglucu #babycat #@onthespott7 @brownisttv @liputan6.sctv ♬ suara asli - Prana Darpito W - Prana Darpito Widyasworo

(mdk/frd)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami