Cara Lapor SPT Tahunan Online Pribadi, Mudah dan Cepat

Cara Lapor SPT Tahunan Online Pribadi, Mudah dan Cepat
Alokasi pajak. ©instagram.com/smindrawati
SUMUT | 19 Agustus 2020 13:15 Reporter : Ani Mardatila

Merdeka.com - Setiap tahun, setiap orang yang sudah wajib membayar pajak entah itu pegawai swasta maupun pemilik bisnis diimbau untuk segera menyampaikan Surat Pemberitahuan (SPT) dan Tahunan Pajak Penghasilan (PPh).

Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2007 tentang Ketentuan Umum Perpajakan (KUP) bahkan memberikan sanksi denda bagi wajib pajak yang tidak melaporkan SPT.

Melansir dari online pajak, ada beberapa jenis formulir SPT Tahunan di antaranya:

• SPT / Formulir 1770 S adalah Surat Pemberitahuan pajak tahunan bagi orang pribadi yang memiliki pendapatan lebih dari Rp 60 juta selama 1 tahun terakhir.
• SPT / Formulir 1770 SS adalah Surat Pemberitahuan pajak tahunan bagi orang pribadi yang memiliki pendapatan kurang dari Rp 60 juta selama 1 tahun terakhir.
• Selain itu, ada juga SPT / Formulir 1770 yaitu Surat Pemberitahuan pajak tahunan bagi orang pribadi yang memiliki bisnis atau pekerjaan bebas.

Cara lapor SPT tahunan kini juga bisa secara online, yaitu menggunakan E-filling. E-filing merupakan cara penyampaian SPT Tahunan secara elektronik yang dilakukan dengan online melalui internet pada website DJP www.djponline.pajak.go.id atau ASP (Aplication Service Provider/Penyedia Jasa Aplikasi).

Berikut cara lapor SPT tahunan pribadi yang mudah dan cepat dilansir dari Liputan6:

Baca Selanjutnya: Permohonan EFIN...

Halaman

(mdk/amd)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami