Cari Sinyal Demi Ikut Ujian, Potret Guru Gendong Murid di Bahu Ini Bikin Haru

Cari Sinyal Demi Ikut Ujian, Potret Guru Gendong Murid di Bahu Ini Bikin Haru
Cari Sinyal Demi Ikut Ujian, Potret Guru Gendong Murid di Bahu Ini Bikin Haru. Instagram/@nttupdate ©2021 Merdeka.com
SUMUT | 21 Oktober 2021 15:15 Reporter : Fatimah Rahmawati

Merdeka.com - Jasa seorang guru untuk mendidik generasi penerus bangsa memang sangatlah besar. Usaha apapun akan dilakukan demi bisa membantu anak didiknya untuk belajar dengan baik, meski di tengah keterbatasan fasilitas yang memadai sekali pun.

Mungkin seperti itu lah dilakukan oleh para guru di Sekolah Dasar (SD) Langgo Satarmese, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Sejumlah potret perjuangan para guru di SD Langgo Satarmase mengajar para muridnya viral di media sosial. Sejumlah foto itu diunggah oleh akun Instagram @nttupdate pada Selasa (19/10).

Salah satu foto di antaranya curi perhatian warganet. Di mana salah seorang guru terlihat menggendong salah satu siswanya di bahunya, yang saat itu sedang memegang sebuah laptop. Ternyata, hal itu dilakukan sang guru lantaran untuk mendapatkan sinyal demi ikut ujian.

"Kisah pilu di SD Langgo Satarmese kabupaten Manggarai, akibat signal yg tidak menentu," tulis caption unggahan itu.

Sontak warganet pun dibuat haru sekaligus salut akan perjuangan para guru dan siswanya tersebut.

2 dari 3 halaman

Tak Ada Sinyal dan Ruang Kelas Tak Layak

cari sinyal demi ikut ujian potret guru gendong murid di bahu ini bikin haru
Instagram/@nttupdate ©2021 Merdeka.com

Dalam unggahan itu, tiga buah foto menunjukkan potret perjuangan guru dan siswa untuk bisa melakukan pembelajaran di tengah keterbatasan fasilitas.

Salah satu foto menunjukkan salah seorang guru menggendong siswanya yang memegang laptop. Ia berdiri di sudut ruangan kelas. Ternyata, hal ini Ia lakukan karena susah untuk mendapatkan sinyal di daerah itu. Sehingga Ia dan siswanya harus berpindah-pindah posisi untuk bisa mendapatkan sinyal yang kuat.

Dalam foto yang lain, guru tersebut tampak berdiri dengan memanjat dinding bambu di pojokan ruang kelas tersebut sambil membawa laptop.

Mirisnya, dari unggahan itu, bangunan kelas yang mereka gunakan pun sangat tidak layak. Ruangan itu dindingnya hanya terbuat dari bambu, beratapkan seng.

3 dari 3 halaman

Cari Sinyal Demi Bisa Ikut Ujian

cari sinyal demi ikut ujian potret guru gendong murid di bahu ini bikin haru
Instagram/@nttupdate ©2021 Merdeka.com

Diketahui, saat itu para siswa sedang mengikuti mengikuti Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK). Sementara para guru bertugas mengisi survei lingkungan.

"Gurunya mengisi survey lingkungan belajar dan siswanya mengikuti ANBK," tulis caption di unggahan itu.

Dengan kondisi sekolah yang juga tidak layak, pemerintah diharapkan bisa memberikan perhatian lebih agar para siswa dan guru terus semangat dalam melakukan proses pembelajaran.

"Semoga ada perhatian dari pemerintah. Jauh dari pusat ibu kota negara, mereka tetap semangat dalam melaksanakan program pemerintah," lanjut caption di unggahan itu.

(mdk/far)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami