Cikal Bakal Kota Medan, Ini 4 Fakta Menarik di Balik Museum Situs Kota China di Sumut

Cikal Bakal Kota Medan, Ini 4 Fakta Menarik di Balik Museum Situs Kota China di Sumut
SUMUT | 7 Oktober 2020 18:00 Reporter : Fatimah Rahmawati

Merdeka.com - Sebagai kota modern pertama di Indonesia, Kota Medan menyimpan sejarah panjang tentang perkembangan peradaban, khususnya di Sumatra. Kota ini dikenal sebagai kota yang penuh dengan keragaman etnis dan budaya, salah satu yang terkenal adalah adanya peradaban China yang berjaya di abad ke-12.

Hal ini diketahui dari temuan adanya situs Kota China di Medan yang telah ditemukan sejak tahun 1970-an, namun jejak sejarahnya baru terkuak sejak ditemukannya sebuah arca kuno di tahun 1986 silam.

Menurut para ahli sejarah, sejak abad ke-12 sampai 14, Kota China adalah pelabuhan niaga internasional yang menjadi tempat berlabuhnya kapal yang berasal dari Persia, Hindia, dan Tiongkok. Buktinya, di situs ini ditemukan keramik dari Persia dan Tiongkok, uang keping dari Sri Lanka dan Tiongkok, dan patung Buddha dari Hindia.

Semua benda-benda bersejarah atau temuan artefak ini kemudian disimpan di sebuah museum yang diberi nama Museum Situs Kota China. Museum yang berada di Jalan Kota China No 65, Kelurahan Paya Pasir, Kecamatan Medan Marelan, Kota Medan ini konon adalah cikal bakal terbentuknya Kota Medan.

Berikut fakta-fakta menarik di balik Museum Situs Kota China yang wajib Anda tahu.

Baca Selanjutnya: Bukti Daerah Ini Dulunya Pemukiman...

Halaman

(mdk/far)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami