5 Kisah Haru Perjuangan Mendiang Ibunda Jokowi di Balik Kesuksesannya

5 Kisah Haru Perjuangan Mendiang Ibunda Jokowi di Balik Kesuksesannya
SUMUT | 26 Maret 2020 08:10 Reporter : Intan Kumalasari

Merdeka.com - Kabar duka datang dari keluarga Presiden Joko Widodo. Ibunda Presiden Jokowi, Hj. Sujiatmi Notomiharjo meninggal dunia pada Rabu (25/3) sore kemarin.

"Iya benar, Ibu Notomiharjo meninggal sore ini," ungkap Haryanto, kakak kandung Iriana Jokowi saat dikonfirmasi merdeka.com.

Presiden Jokowi memang dikenal dekat dengan sang ibunda. Kerap kali beliau meminta restu ketika menghadapi suatu hal penting. Jokowi juga mengenang bahwa ibunya sosok yang bekerja keras. Sejak kecil, Jokowi selalu mendapat perhatian dari ibunya.

Selain itu Jokowi juga mengingat kehidupan masa kecilnya yang begitu sederhana. Ibundanya membantu sang ayah untuk berjualan bambu demi menyambung hidup.

Berikut kisah perjuangan mendiang ibunda Presiden Jokowi yang telah merdeka.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (26/3/2020).

1 dari 5 halaman

Tinggal di Rumah Kontrakan Kecil

joko widodo sudjiatmi notomiharjo

2018 Liputan6.com/Helmi Fithriansyah


Kenangan Jokowi semasa kecil masih terlintas jelas. Beliau mengingat kehidupan keluarganya dulu sangat sederhana.

Mereka tinggal di rumah kontrakan kecil di bantaran kali. Rumah berdinding anyaman bambu yang sudah sempit menyisakan sedikit ruang untuk tidur dan duduk.

2 dari 5 halaman

Berjualan Bambu

ibunda jokowi lihat konser didi kempot

2019 Merdeka.com/Arie Sunaryo


Rumah kontrakan kecil itu penuh dengan potongan kayu gergaji dan bambu. Dikarenakan memang usaha kedua orang tua Jokowi saat itu berjualan bambu dan kayu. Ibundanya turut membantu sang ayah berjualan bambu untuk menyambung hidup.

"Ibu ikut turun tangan membantu bapak berjualan bambu dan dari wajahnya saya temukan semangat besar," kata Jokowi ditulis Alberthiene Endah dalam biografi Jokowi Memimpin Kota Menyentuh Jakarta.

3 dari 5 halaman

Tetap Sabar Walau di Fitnah

jokowi dan ibunda

2014 Merdeka.com


Kabar negatif pernah menghampiri Presiden Jokowi. Kala itu beliau dan keluarga difitnah sebagai anggota Partai Komunis Indonesia (PKI).

Sebagai ibu, Sudjiatmi menjelaskan berita yang tidak benar. Beliau tidak membenarkan beberapa tuduhan negatif yang ditujukan kepada putranya.

4 dari 5 halaman

Sosok di Balik Suksesnya Jokowi

ibunya

Setiap ingin memulai sesuatu, Jokowi selalu meminta restu dengan Ibundanya. Hal ini juga beliau terapkan ketika maju dalam pertarungan politik.

Pada Pilgub DKI 2012, jelang pertarungan putaran kedua, Jokowi melakukan ritual sungkeman dengan sang ibu, Sujiatmi Notomiatjo. Jokowi meminta doa restu kepada ibundanya sebelum pencoblosan Kamis (20/9/2012)

Pada pilpres 2014, Jokowi juga meminta restu sang ibunda. Kali ini melalui sambungan telepon.

"Tadi pagi dia sudah telepon saya, minta didoakan. Saya ya bilang ke Joko, semoga diberikan yang terbaik untuk bangsa ini," ucap Sudjiatmi singkat, usai menggunakan hak pilihnya, di TPS 22 Manahan, Rabu (9/7/2014)

Pilpres 2019, Jokowi meminta restu secara langsung kepada Ibundanya. Beliau melakukan sungkem memohon untuk didoakan dan diberikan kelancaran.

5 dari 5 halaman

Pesan Mendiang

ibunda presiden joko widodo sudjiatmi

2019 Merdeka.com


Sosok mendiang bagi Jokowi begitu berarti. Pesan dan didikan Ibundanya yang mengantarkan beliau sampai posisi saat ini. Ketika mengalami titik susah dalam hidup, Ibundanya selalu mengatakan hal yang menguatkan. Ibunda selalu mengajarkan Jokowi untuk selalu ikhtiar di setiap usahanya.

"Ketika usaha saya bangkrut juga ibu yang menguatkan dengan senyum yang sangat ikhlas. Seakan mengatakan untuk terus, terus berikhtiar, terus tetap berikhtiar," ujar Presiden Jokowi.

(mdk/kum)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami