Diharapkan Tersedia Awal Tahun, Begini Kesiapan BBPOM Sumut Tampung Vaksin Covid-19

Diharapkan Tersedia Awal Tahun, Begini Kesiapan BBPOM Sumut Tampung Vaksin Covid-19
pembuatan vaksin sinovac di china. ©REUTERS/Thomas Peter
SUMUT | 20 November 2020 12:10 Reporter : Fatimah Rahmawati

Merdeka.com - Terkait dengan pengadaan vaksin Covid-19 yang terus diupayakan oleh Pemerintah Indonesia, BBPOM Sumut menyatakan kesiapannya untuk menampung vaksin Covid-19. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) di Medan, I Gusti Ngurah Bagus Kusuma Dewa pada Kamis (19/11).

Kesiapan ini terkait dengan vaksin Covid-19 Sinovac yang diharapkan bisa tersedia pada minggu ketiga atau keempat Januari 2021. Seperti yang disampaikan Kepala Badan POM RI Penny Lukito dalam konfrensi pers di YouTube, Ia mengatakan berdasarkan data hasil uji klinis dari China untuk fase I-II full report sudah didapatkan BPOM, terkait keamanan dan efisiensi dari vaksin Sinovac tersebut.

"Harapannya, Januari minggu ketiga dan keempat itu bisa mendapatkan EUA, apabila itu juga data-data yang ada lengkap," ungkapnya.

Sedangkan untuk data fase ketiga belum bisa didapatkan, karena data dari Brasil yang sudah lebih dulu melakukan uji klinis fase ketiga dibandingkan di Indonesia, belum bisa didapatkan.

Melansir dari ANTARA, berikut kesiapan BPOM Sumut untuk menampung vaksin Covid-19.

Baca Selanjutnya: Beberapa Kabupaten/Kota Memiliki Gudang Farmasi...

Halaman

(mdk/far)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami