Ditanya Soal Nikah Muda, Ini Jawaban Syakir Daulay

Ditanya Soal Nikah Muda, Ini Jawaban Syakir Daulay
Syakir Daulay. ©Instagram/syakirdaulay
SUMUT | 25 Agustus 2021 16:17 Reporter : Fardi Rizal

Merdeka.com - Belum lama ini, aktor sekaligus penyanyi religi Syakir Daulay menceritakan pengalaman hidupnya bersama putra bungsu Maia Estianty, Dul Jaelani di kanal YouTube MAIA ALELDUL TV. Dalam pembicaraan keduanya itu, kekasih Tissa Biani ini menanyakan beberapa hal seputar soal nikah muda.

Terkait hal tersebut, Syakir Daulay menjelaskan bahwa menikah berkaitan dengan kesiapan pribadi masing-masing. Keputusan tersebut harus disertakan dengan ilmu. Baginya, yang tahu kesiapan serta ilmunya adalah diri kita sendiri.

“Sebenarnya nikah itu tentang kesiapan seperti mau salat kamu harus tahu ilmunya juga, Kamu harus tahu ilmunya dan tahu kapan siapnya dan itu kita sendiri yang lebih tahu kapannya,” ungkap Syakir di unggahan itu.

2 dari 4 halaman

Harus Siap Lahir Batin

005 fardi rizal
YouTube MAIA ALELDUL TV ©2021 Merdeka.com

Syakir Daulay menjelaskan bahwa menikah mutlaknya harus siap secara lahir dan batin. Melihat saat ini banyak sekali orang yang ikut-ikutan menikah karena temannya sudah menikah. Ia juga menekankan keputusan tersebut murni dari diri sendiri tanpa paksaan dari orang lain.

“Jadi nikah itu syarat secara mutlaknya siap secara lahir maupun batin maksudnya secara luar dan dalam jangan mengambil keputusan karena orang lain, ada banyak orang yang menikah karena orang tua atau melihat temannya menikah dan ikut-ikutan menikah maka itu menunjukkan belum berprinsip,” sambungnya.

3 dari 4 halaman

Prinsip

001 fardi rizalYouTube MAIA ALELDUL TV ©2021 Merdeka.com

Syakir juga mengingatkan Dul jika hendak menikah harus memiliki prinsip terlebih dahulu. Karena, menurut Syakir, seorang lelaki akan menjadi iman dan harus bisa membimbing ke istri menuju surga.

“Jika kamu menikah maka kamu harus menjadi lelaki yang berprinsip. Nikah bukan hanya itu saja tetapi bagaimana kamu yang biasa membawa perempuan ke bioskop dan kamu harus membawa perempuan tersebut dan anak-anaknya ke surga,” ujarnya.

4 dari 4 halaman

Harus Menuju ke Arah yang Lebih Baik

005 fardi rizalYouTube MAIA ALELDUL TV ©2021 Merdeka.com

Syakir Daulay juga menjelaskan bahwa menikah bukan hanya menjadikan seorang perempuan sah dan halal saja. Akan tetapi, harus bisa membawanya ke jalan yang lebih baik.

“Jadi bagaimana sudah siap ke sana atau belum, bukan hanya sekedar membawa ke mana-mana halal tapi bisa tidak membawanya ke arah yang lebih baik,” ungkap Syakir Daulay.

(mdk/frd)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami