Jenis-jenis Bencana Alam Beserta Pengertian, Penyebab, dan Langkah Mitigasinya

Jenis-jenis Bencana Alam Beserta Pengertian, Penyebab, dan Langkah Mitigasinya
SUMUT | 8 Juli 2020 20:10 Reporter : Ani Mardatila

Merdeka.com - Bencana alam memengaruhi ribuan orang setiap tahun. Peristiwa buruk seperti ini berpotensi menyebabkan kematian dan kehancuran fisik yang sangat besar. Bencana alam sering tidak terduga dan dapat membuat seluruh masyarakat menderita.

Orang yang pernah terlibat dalam suatu bencana dapat mengalami tekanan emosional. Perasaan cemas, terus-menerus khawatir, sulit tidur, dan gejala seperti depresi lainnya adalah respons umum terhadap bencana sebelum, selama, dan setelah kejadian.

Banyak orang dapat bangkit kembali dari bencana dengan bantuan dari keluarga dan masyarakat, tetapi yang lain mungkin membutuhkan dukungan tambahan untuk mengatasi dan bergerak maju di jalur pemulihan.

Bencana alam adalah peristiwa geologis atau meteorologis berskala besar yang berpotensi menyebabkan hilangnya nyawa atau harta benda.

Indonesia terletak pada pertemuan tiga lempeng dunia yaitu lempeng Eurasia, lempeng Pasifik, dan lempeng Australia yang bergerak saling menumbuk. Hal itu mengakibatkan Indonesia kerap mengalami bencana alam seperti tanah longsor, tsunami, gempa, maupun gunung meletus.

Berikut jenis-jenis bencana alam beserta pengertian, penyebab, dan langkah mitigasinya:

Baca Selanjutnya: Tanah Longsor...

Halaman

(mdk/amd)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami