Jenis-Jenis Lingkungan Menurut Para Ahli yang Penting Diketahui

Jenis-Jenis Lingkungan Menurut Para Ahli yang Penting Diketahui
Ilustrasi hutan. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/Aleksander Bolbot
SUMUT | 13 Juni 2022 16:45 Reporter : Ani Mardatila

Merdeka.com - Lingkungan mengacu pada lingkungan terdekat kita di mana semua komponen hidup dan tidak hidup hidup berdampingan. Ini dapat digunakan untuk merujuk pada lingkungan sosial, alam atau buatan.

Dalam Ensiklopedia Indonesia, lingkungan adalah segala sesuatu yang ada di luar suatu organism, meliputi: (1) lingkungan mati (abiotik), yaitu lingkungan di luar suatu organisme yang terdiri dari benda atau faktor alam yang tidak hidup, seperti bahan kimia, suhu, cahaya, gravitasi, atmosfer dan lainnya. (2) Lingkungan hidup (Biotik) yaitu lingkungan yang terdiri atas organisme hidup, seperti tumbuhan, hewan dan manusia.

Ensiklopedia Amerika, menyatakan bahwa lingkungan adalah faktor-faktor yang membentuk lingkungan sekitar organisme, terutama komponen-komponen yang mempengaruhi perilaku, reproduksi dan kelestarian organisme.

Lingkungan memiliki dampak besar pada perilaku dan kecerdasan seseorang. Setiap perubahan yang terjadi pada makhluk hidup baik secara langsung maupun tidak langsung berkaitan dengan perubahan di sekitarnya. Berikut jenis-jenis lingkungan yang penting diketahui:

2 dari 3 halaman

Jenis-Jenis Lingkungan Berdasarkan Bentuknya

Para ahli mengadakan pengelompokan jenis-jenis lingkungan ini atas beberapa macam, secara garis besarnya lingkungan hidup manusia itu dapat digolongkan atas 3 (tiga) jenis golongan:

a. Lingkungan fisik (physical environment)

Lingkungan fisik adalah segala sesuatu di sekitar kita yang berbentuk benda mati seperti rumah, kendaraan, gunung, udara, sinar matahari dan lain lain yang semacamnya.

b. Lingkungan biologis (biolocal environment)

Lingkungan biologis adalah segala sesuatu yang berada di sekitar manusia yang berupa organisme hidup lainnya selain dari manusia sendiri, binatang, tumbuh-tumbuhan, jasad renik(plankton) dan lain-lain.

c. Lingkungan sosial (social environment)

Lingkungan sosial adalah manusia lain yang berada di sekitarnya seperti tetangga, teman dan lain-lain.

3 dari 3 halaman

Jenis-Jenis Lingkungan Lainnya

Selain itu jenis-jenis lingkungan juga bisa dibedakan menjadi dua yaitu lingkungan geografis dan lingkungan buatan manusia.

Lingkungan Geografis

Ini terdiri dari semua komponen yang disediakan oleh alam dan karenanya dapat disebut sebagai lingkungan alam. Ini juga disebut sebagai lingkungan fisik karena berkaitan dengan persyaratan fisik kehidupan. Kondisi fisik atau geografis ini tidak tergantung pada keberadaan manusia. Terkadang, manusia tidak memiliki kendali atas kondisi fisik lingkungan.

Jenis-jenis lingkungan ini meliputi sumber daya alam, permukaan bumi, gunung, dataran, tanah, air, gurun, badai, siklon, gunung berapi, lautan, faktor iklim, dan sebagainya. Ini juga digunakan untuk merujuk pada situasi biologis seperti kompleksitas yang terkait dengan tumbuhan dan hewan. Keberlanjutan sumber daya alam diketahui berkontribusi terhadap perekonomian suatu negara.

Lingkungan Buatan Manusia

Lingkungan ini digunakan untuk menyebut lingkungan yang diciptakan manusia untuk mengatur dan memantau kondisi lingkungan tertentu. Beberapa menyebutnya sebagai lingkungan sosial-budaya. Lebih lanjut dapat dibagi menjadi dua jenis lingkungan.

  • Lingkungan batin
  • Lingkungan Luar

Lingkungan Batin

Ini adalah jenis-jenis lingkungan sosial dan itu ada selama masyarakat tertentu ada. Hal ini berkaitan dengan peraturan, tradisi, organisasi dan lembaga. Ini melibatkan adat istiadat yang ada di setiap kelompok manusia.

Lingkungan tersebut sering disebut dengan nama-nama seperti budaya non-materi, warisan sosial dll. Warisan ini penting untuk kehidupan sosial manusia untuk berkembang, diketahui memiliki pengaruh pada kehidupan individu. 

Perubahan bentuk lingkungan ekonomi dan fisik – lingkungan buatan, dipandang sebagai dua aspek yang berbeda dari lingkungan buatan manusia.

Lingkungan Luar

Melalui kemajuan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, manusia telah berusaha untuk mengubah kondisi lingkungan fisiknya. 

Lingkungan luar ini adalah sebagai hasil dari modifikasi yang mencakup infrastruktur modern di kota-kota, rumah kita dan fasilitas terkait, mode komunikasi dan transportasi kita, resor untuk kenyamanan dan kemewahan, berbagai jenis industri yang memproduksi komoditas mewah, peralatan listrik, dan sebagainya. yang pada akhirnya bertujuan untuk peradaban dan urbanisasi.

Lingkungan dalam dan luar saling berhubungan dan karenanya tidak dapat dipisahkan.

Pentingnya Lingkungan

Lingkungan memainkan peran penting dalam hidup sehat dan keberadaan kehidupan di planet bumi. Bumi adalah rumah bagi berbagai spesies makhluk hidup dan kita semua bergantung pada lingkungan untuk makanan, udara, air, dan kebutuhan lainnya. Oleh karena itu, penting bagi setiap individu untuk menyelamatkan dan melindungi lingkungan kita.

(mdk/amd)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini