Kartu Prakerja Segera Dibuka, Ini 7 Platform Pelatihan Digital yang Bisa Digunakan

Kartu Prakerja Segera Dibuka, Ini 7 Platform Pelatihan Digital yang Bisa Digunakan
kartu prakerja. ©2020 Merdeka.com
SUMUT | 9 April 2020 13:33 Reporter : Ayu Isti Prabandari

Merdeka.com - Dalam penanganan pandemi Covid-19, pemerintah Indonesia menerapkan beberapa kebijakan untuk mengurangi dampak virus Corona di masyarakat. Salah satunya dengan memberikan beberapa stimulus ekonomi untuk membantu masyarakat yang terdampak langsung dari adanya wabah virus Corona di Indonesia.

Salah satu upaya stimulus ekonomi yang dilakukan pemerintah dengan program Kartu Prakerja. Dikutip dari siaran pers laman resmi Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, kini pemerintah tengah melakukan proses percepatan implementasi Kartu Prakerja.

Hal tersebut sebagai tindak lanjut dari Instruksi Presiden (Inpres) No. 4 Tahun 2020 tentang Re-focusing Kegiatan, Realokasi Anggaran, serta Pengadaan Barang dan Jasa untuk Percepatan Penanganan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Nantinya, masyarakat dapat mendaftarkan diri sebagai peserta Kartu Prakerja melalui website resmi www.prakerja.go.id. Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja, Denni Purbasari menyatakan, bahwa proses pendaftaran bisa segera dilakukan pada minggu kedua April.

“Pekerja formal maupun informal yang terdampak Covid-19 dapat mendaftarkan diri di laman resmi www.prakerja.go.id, mulai minggu kedua April 2020,” ungkap Denni seperti dilansir pada laman Ekon.go.id.

Kartu Prakerja ini rencananya akan menyasar sekitar 5,6 juta peserta pada tahun 2020. Masing-masing peserta akan mendapatkan bantuan pelatihan dan insentif sebesar Rp 3.550.000. Namun, selama masih dalam penanganan pandemik Covid-19 ini, peserta dapat mengambil program pelatihan berbasis daring (online) terlebih dahulu.

Dalam hal ini, pemerintah telah bekerja sama dengan 8 platform pelatihan digital yang dapat digunakan masyarakat. Berikut beberapa platform pelatihan digital yang bisa kamu manfaatkan saat mengikuti program Kartu Prakerja.

2 dari 8 halaman

Skill Academy

kartu prakerja segera dibuka ini 7 platform pelatihan digital yang bisa digunakan
2020 Merdeka.com/skillacademy.com

Platform pelatihan digital pertama, yang bisa digunakan saat mengikuti program Kartu Prakerja adalah Skill Academy. Platform kursus online yang satu ini merupakan program inovasi dari layanan pendidikan online Ruangguru

Dalam platform ini kamu bisa memilih berbagai macam pelatihan atau kursus. Mulai dari kelas bisnis, pemasaran, desain grafis, kursus bahasa hingga kelas hobi. Bukan hanya itu, Skill Academy juga menyediakan persiapan tes rekrutmen hingga pelatihan wawancara kerja.

Setiap kelas atau pelatihan disampaikan langsung oleh para ahli di bidangnya. Dengan memanfaatkan program Kartu Prakerja, kamu bisa membeli berbagai kelas atau pelatihan yang diinginkan.

3 dari 8 halaman

Tokopedia

Paltform pelatihan digital yang kedua adalah Tokopedia. Dalam hal ini Tokopedia bekerjasama dengan Excelloka, yaitu sebuah lembaga pelatihan yang berfokus untuk mengembangkan kemampuan para entrepreneur atau pengusaha. Pada platform ini kamu bisa memilih berbagai macam pelatihan untuk mengembangkan kemampuan berbisnismu dengan baik.

Di sini, Tokopedia menyediakan metode pembayaran voucher Excelloka yang lengkap dan bisa dipilih sesuai keinginan. Dengan memanfaatkan program Kartu Prakerja, kamu bisa menggunakan biaya untuk mengikuti berbagai pelatihan yang disediakan oleh Tokopedia dan Excelloka.

4 dari 8 halaman

Bukalapak

kartu prakerja segera dibuka ini 7 platform pelatihan digital yang bisa digunakan
2020 Merdeka.com/bukalapak.com


Pelatihan yang ditujukan untuk mengembangkan para pengusaha kecil dan menengah juga bisa memanfaatkan platform Bukalapak. Di sini Bukalapak telah menjadi mitra kerja sama yang dapat dimanfaatkan para peserta Kartu Prakerja.

Dalam hal ini Bukalapak menyediakan Voucher Belajar, yang di dalamnya terdapat berbagai macam pelatihan atau workshop yang bisa diikuti. Dengan memanfaatkan bantuan biaya dari program Kartu Prakerja, kamu bisa membeli beberapa pelatihan di Bukalapak.

5 dari 8 halaman

MauBelajarApa

Platform pelatihan digital selanjutnya adalah MauBelajarApa. Platform ini juga sudah bekerja sama dengan program Kartu Prakerja untuk menyediakan berbagai macam pelatihan bagi masyarakat. Mulai dari pelatihan pemasaran digital, bisnis kuliner, fashion, design, pengembangan website, juga pelatihan hobi seperti melukis.

Dengan berbagai macam pelatihan tersebut, bebas kamu beli dan ikuti untuk mengembangkan kemampuan diri sebagai pencari kerja. Bukan hanya itu, pelatihan tersebut juga bisa kamu gunakan untuk menambah pengetahuan dan strategi untuk membuka bisnis sendiri.

6 dari 8 halaman

Pintaria

kartu prakerja segera dibuka ini 7 platform pelatihan digital yang bisa digunakan
2020 Merdeka.com/pintaria.com

Pintaria juga bisa kamu pilih sebagai platform pelatihan digital saat mengikuti program Kartu Prakerja. Di sini kamu juga bisa mendapatkan berbagai pilihan pelatihan. Mulai dari bidang manajemen, IT, pemasaraan, hingga pelatihan bahasa dan pariwisata.

Kamu bisa menggunakan bantuan biaya pelatihan yang diberikan Kartu Prakerja untuk mengambil satu atau beberapa jenis pelatihan di platform ini. Dengan berbasis online, tentu bisa memberikan kemudahan bagi para peserta Kartu Prakerja untuk mengikuti pelatihan kapan pun dan di mana pun.


7 dari 8 halaman

Sekolahmu

Sekolahmu juga masuk dalam salah satu daftar mitra platform pelatihan digital dalam program Kartu Prakerja. Pada platform ini, tersedia program Kariermu, yang menyediakan program magang dan mentoring untuk bekal keahlian saat memasuki dunia kerja. Di sini akan dibimbing langsung oleh pakar dari berbagai bidang perusahaan dan universitas.

Melalui program Kariermu, kamu bisa memilih berbagai macam pelatihan atau program magang. Mulai dari digital marketer, content creator, auditor, hingga public relation. Tentu saja program ini bisa kamu ikuti dengan memanfaatkan bantuan biaya yang diberikan Kartu Prakerja.

8 dari 8 halaman

Pijak Mahir

kartu prakerja segera dibuka ini 7 platform pelatihan digital yang bisa digunakan
2020 Merdeka.com/twitter : @pijarmahir

Platform pelatihan digital terakhir yang bisa kamu ikuti dalam program Kartu Prakerja adalah Pijar Mahir. Sama seperti platform mitra lainnya, Pijar mahir merupakan ruang pembelajaran dan sertifikasi digital yang memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk meningkatkan keahlian dan kompetensi, sesuai dengan kebutuhan industri.

Melalui platform ini, kamu bisa memilih berbagai macam pelatihan. Mulai dari pemasaran digital, bisnis, personal branding, desain grafis, hingga programming. Kamu bisa memilih satu atau beberapa pelatihan di Pijar Mahir dengan memanfaatkan bantuan biaya dari program Kartu Prakerja.

(mdk/ayi)

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami