Kenali Kelebihan dan Kekurangan Diri untuk Menjawab Tes Kerja Beserta Contohnya

Kenali Kelebihan dan Kekurangan Diri untuk Menjawab Tes Kerja Beserta Contohnya
SUMUT | 22 Juli 2020 17:11 Reporter : Ani Mardatila

Merdeka.com - Jika Anda pernah mengikuti serangkaian tes saat melamar pekerjaan maupun setelah menjadi karyawan di mana Anda ditanya perihal kelebihan dan kekurangan diri, dan kebingungan, Anda tidak sendirian.

Pertanyaan tersebut kerap kali membuat kita gundah karena akan berdampak pada penilaian diri dan kinerja kita. Di sisi lain tentu saja kita harus jujur untuk menjawab semua itu.

Selama proses wawancara, ada kemungkinan bahwa manajer perekrutan akan meminta Anda untuk menggambarkan kekuatan Anda di beberapa titik. Banyak kandidat mungkin bertanya-tanya bagaimana cara menjawab apa kekuatan Anda tanpa terlalu banyak menyombongkan diri atau berisiko muncul narsis.

Anda ingin menyusun jawaban Anda dengan kesadaran diri dan profesionalisme tingkat tinggi.

Memiliki cerita yang siap untuk diceritakan ketika Anda ditanya pertanyaan ini akan membantu Anda menonjol dari orang lain yang mewawancarai posisi tersebut.

Alih-alih hanya mengatakan, "Saya berorientasi pada detail dan pekerja keras," atau sekadar menyebutkan kekuatan Anda, Anda dapat memiliki cara yang lebih meyakinkan untuk menyampaikan cerita Anda sambil menyoroti apa yang dapat Anda bawa ke posisi tersebut.

Ketika tiba saatnya untuk menjawab pertanyaan ini, Anda harus sangat spesifik. Periksalah apa yang Anda yakini sebagai kekuatan pribadi Anda atau mintalah seorang teman untuk membantu Anda mengidentifikasi apa yang Anda kuasai.

Pastikan untuk memasukkan berbagai kekuatan, termasuk keterampilan berbasis pengetahuan, keterampilan yang dapat ditransfer, dan sifat-sifat pribadi untuk menunjukkan keserbagunaan Anda.

Baca Selanjutnya: Mengapa Pewawancara Mengajukan Pertanyaan Ini?...

Halaman

(mdk/amd)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami