Macam-macam Puasa Sunnah, Beserta Niat dan Manfaatnya

Macam-macam Puasa Sunnah, Beserta Niat dan Manfaatnya
SUMUT | 13 April 2020 12:00 Reporter : Ani Mardatila

Merdeka.com - Bagi umat islam, puasa merupakan kegiatan menahan diri dari makan maupun minum serta dari berbagai hal yang dapat membatalkan puasa itu sendiri, dilakukan mulai dari terbitnya matahari hingga waktu berbuka puasa, yaitu saat matahari terbenam.

Menurut hukum islam, puasa dibagi menjadi 4 macam, yaitu puasa wajib, puasa sunnah, puasa makruh, serta puasa haram. Puasa wajib terdiri dari puasa Ramadan, puasa nazar, dan puasa denda atau kifarat.

Sedangkan puasa makruh yaitu puasanya orang sakit, atau orang yang fisiknya tidak memungkinkan untuk berpuasa; puasanya orang yang punya hutang puasa wajib, apabila punya hutang puasa wajib namun ingin melakukan puasa sunah, orang tersebut harus membayar puasa wajibnya terlebih dahulu.

Kemudian puasa haram, yaitu puasa yang dilakukan perempuan saat sedang haid/nifas, puasa yang dilakukan di dua hari raya, puasa di hari-hari tasyrik, dan puasa di hari syak (diragukan).

Yang terakhir yaitu puasa sunnah, yaitu puasa yang tidak diwajibkan bagi umat islam, namun apabila dikerjakan, akan mendapatkan pahala. Berikut macam-macam puasa sunnah beserta niatnya:

Baca Selanjutnya: Puasa Syawal...

Halaman

(mdk/amd)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami