Mencicipi Kue Dangai, Cemilan Khas Batubara yang Kian Langka

Mencicipi Kue Dangai, Cemilan Khas Batubara yang Kian Langka
Mencicipi Kue Dangai, Cemilan Khas Batubara yang Kian Langka. Instagram/@medanzone ©2021 Merdeka.com
SUMUT | 11 Oktober 2021 11:28 Reporter : Fatimah Rahmawati

Merdeka.com - Sumatra Utara (Sumut) mempunyai beragam wisata kuliner yang wajib untuk dicoba. Salah satunya makanan khas asal Kabupaten Batubara, namanya Kue Dangai.

Kue Dangai ini merupakan makanan tradisional masyarakat setempat yang biasa disantap sebagai camilan. Kuliner khas ini sebenarnya berasal dari Melayu namun banyak ditemukan di daerah ini sejak puluhan tahun lalu.

Kue Dangai ini terbuat dari kelapa yang diparut dan sering dijadikan sajian saat menjamu tamu maupun saat Lebaran. Sayangnya, kue yang mirip seperti kue rangi ini saat ini semakin sulit dijumpai. Padahal, kue ini menjadi salah satu kuliner khas yang menjadi favorit untuk dijadikan oleh-oleh.

Melansir dari unggahan akun Instagram @medanzone pada Minggu (10/10), simak ulasannya berikut ini.

2 dari 3 halaman

Teksturnya Lembut dan Rasanya Manis

mencicipi kue dangai cemilan khas batubara yang kian langka
citarasawan.blogspot.com ©2021 Merdeka.com

Kue Dangai ini termasuk dalam jenis kue basah. Kue ini biasanya dibuat dari tepung pulut yang dicampur dengan gula dan kelapa pilihan. Namun, saat ini sudah banyak yang membuatnya dari tepung terigu.

Kue ini memiliki tekstur yang lembut namun renyah di luar. Rasanya pun manis. Biasanya kue ini dibuat dengan berbentuk pipih, ada juga yang membuatnya berbentuk seperti pizza.

Kue ini dulunya sering disajikan saat ada acara berkumpul dengan keluarga, khususnya saat Lebaran, atau bisa juga dijadikan sajian untuk tamu.

Sekarang kue ini bisa dijumpai di pasar tradisional atau di pedagang kaki lima di pinggir jalan. Kue ini juga biasa dijual di toko-toko oleh-oleh yang ada di Batubara.

3 dari 3 halaman

Bisa Membuat Sendiri di Rumah

Bagi yang ingin mencoba Kue Dangai, tak perlu jauh-jauh ke Batubara, karena kue ini bisa juga dibuat sendiri di rumah. Cara membuatnya cukup mudah. Bahan-bahan yang dibutuhkan pun mudah didapatkan.

Cukup siapkan kelapa yang sudah diparut, tepung pulut atau tepung ketan berwarna putih, serta gula dan garam.

Setelah bahan-bahan disiapkan, saatnya membuat adonan. Campurkan kelapa parut dengan tepung, kemudian tambahkan air dan garam lalu aduk hingga merata.

Setelah itu panggang adonan yang sudah dituang ke dalam loyang dan panaskan pada suhu kira-kira 160 derajat selama 10 menit saja. Setelah matang, Kue Dangai siap untuk dipotong sesuai selera dan disajikan.

(mdk/far)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami