Mencicipi Nitak, Makanan Tradisional Sumut yang Hanya Dijumpai Saat Acara Adat

Mencicipi Nitak, Makanan Tradisional Sumut yang Hanya Dijumpai Saat Acara Adat
Mencicipi Nitak, Makanan Tradisional Sumut yang Hanya Dijumpai Saat Acara Adat. pikniktoday.com ©2020 Merdeka.com
SUMUT | 16 Juni 2020 15:10 Reporter : Fatimah Rahmawati

Merdeka.com - Sumatera Utara memiliki banyak warisan wisata kuliner yang bisa dinikmati. Tidak hanya kuliner modern yang kekinian, daerah ini juga menyimpan warisan kuliner tradisional turun-temurun.

Salah satu kuliner khas Batak di Sumatera Utara adalah Nitak. Makanan ini merupakan makanan tradisional yang berasal dari Simalungun. Kuliner tradisional ini sangat spesial, karena hanya bisa dijumpai pada acara-acara adat tertentu saja.

2 dari 5 halaman

Hanya Disajikan untuk Acara Adat

mencicipi nitak makanan tradisional sumut yang hanya dijumpai saat acara adat
Sumber: pariwisatasumut.net ©2020 Merdeka.com

Dilansir dari laman warisanbudaya.kemdikbud.go.id, Nitak ini terbuat dari bahan dasar beras. Kuliner tradisional satu ini tidak bisa dengan mudah dijumpai sehari-hari, karenakan makanan ini identik dengan makanan adat. Ini berarti, Nitak hanya disajikan dalam acara adat tertentu saja.

Biasanya disajikan pada kegiatan bersifat ritual seperti perkawinan, kematian, menempati rumah baru, menyekolahkan anak dan lainnya.

3 dari 5 halaman

Bahan Pembuatan Nitak

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat Nitak ini tergolong tidak sulit untuk didapatkan. Selain beras, bahan yang harus ada untuk membuat makanan ini, antara lain lada hitam, garam, kencur, gula merah dan jahe.

Sediakan juga dua buah kelapa, satu yang sudah di sangrai atau gongseng dan satu lagi mentah.

4 dari 5 halaman

Cara Membuat Nitak

Meski tergolong makanan adat, namun cara membuat Nitak tidak terlalu sulit. Pertama-tama, beras harus ditumbuk menggunakan alat tumbuk tradisional atau lesung selama setengah jam hingga halus.

Setelah itu, masukkan lada hitam, kencur, jahe, kelapa mentah, kelapa yang telah disangrai dan gula merah. Setelah lengket dan menjadi adonan, Nitak pun siap untuk dihidangkan. Nitak ini biasanya disajikan dengan pisang dan telur bulat yang sudah matang.

5 dari 5 halaman

Cita Rasa Manis Berpadu dengan Rasa Lada

Dilansir dari laman seringjalan, Nitak memiliki cita rasa manis berpadu dengan rasa lada. Ini menjadikan kuliner ini cocok untuk menjadi makanan penutup setelah mencoba makanan yang bercita rasa gurih dan pedas. Penasaran bagaimana rasa kue tradisional satu ini?

(mdk/far)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami