Mengenal Gerhana Bulan, Ketahui Jenis dan Cara Melihatnya

Mengenal Gerhana Bulan, Ketahui Jenis dan Cara Melihatnya
SUMUT | 7 Juni 2020 12:15 Reporter : Ani Mardatila

Merdeka.com - Gerhana bulan adalah sebuah fenomena langit di mana posisi bulan, bumi, dan matahari berada di satu garis lurus. Lebih tepatnya, bumi kala itu berada di antara bulan dan matahari pada satu garis lurus.

Ada tiga jenis gerhana bulan, yaitu gerhana bulan total, parsial, dan penumbral. Gerhana bulan yang paling dramatis adalah gerhana bulan total, di mana bayangan bumi sepenuhnya menutupi bulan.

Sepanjang sejarah, gerhana telah mengilhami kekaguman dan bahkan ketakutan, terutama ketika gerhana bulan total mengubah bulan menjadi merah darah. Sebuah efek yang menakutkan orang-orang yang tidak memiliki pemahaman tentang apa yang menyebabkan gerhana.

Berikut penjelasan 3 jenis gerhana bulan:

1 dari 6 halaman

Gerhana Bulan Penumbral

Gerhana bulan Penumbral sangat halus dan samar dan kadang-kadang bisa tidak diketahui tergantung pada seberapa dalam bulan masuk ke penumbra.

Ini adalah jenis gerhana yang paling tidak menarik, karena bulan berada di bayangan luar bumi yang samar (penumbral). Kecuali jika Anda seorang pengamat langit berpengalaman, Anda mungkin tidak akan melihat efeknya, di mana bulan secara halus dinaungi oleh bayangan Bumi.

"Bagian luar penumbra bumi sangat pucat sehingga Anda tidak akan melihat apa-apa sampai tepi bulan turun setidaknya setengahnya," kata Alan MacRobert, editor senior di majalah Sky & Telescope, dalam sebuah pernyataan seperti yang dilansir dari Space.

2 dari 6 halaman

Gerhana Bulan Sebagian

Beberapa gerhana hanya sebagian. Tetapi bahkan gerhana bulan total melewati fase parsial di kedua sisi totalitas. Selama fase parsial, matahari, Bumi dan bulan tidak sepenuhnya selaras, dan bayangan Bumi tampaknya menggigit bulan.

"Apa yang dilihat orang dari Bumi selama gerhana bulan parsial tergantung pada bagaimana matahari, Bumi, dan bulan berbaris," menurut NASA.

3 dari 6 halaman

Gerhana Bulan Total

gerhana bulan

©2020 Merdeka.com/pixabay

Bayangan penuh bumi (umbral) jatuh di bulan. Bulan tidak akan sepenuhnya menghilang, tetapi akan dilemparkan dalam kegelapan yang menakutkan yang membuatnya mudah untuk dilewatkan jika Anda tidak mencari gerhana. 

Beberapa sinar matahari yang melewati atmosfer bumi tersebar dan dibiaskan, atau ditekuk, dan difokuskan kembali pada bulan, memberikan cahaya redup. Jika Anda berdiri di bulan, melihat kembali ke matahari, Anda akan melihat cakram hitam bumi menghalangi seluruh matahari. Anda juga akan melihat cincin cahaya yang dipantulkan bersinar di sekitar tepi bumi, itulah cahaya yang jatuh di bulan saat gerhana bulan total.

4 dari 6 halaman

Seberapa Sering Gerhana Bulan Terjadi

Gerhana bulan lebih umum dan terlihat 2 hingga 4 kali setahun dari suatu tempat di bumi. Gerhana bulan juga terlihat dari wilayah geografis bumi yang jauh lebih besar selama bulan naik di langit pada saat gerhana. Siapa pun dapat menyaksikannya, terlepas dari lokasi (jika cuaca mengizinkan).

Ini secara efektif berarti sekitar setengah dari planet ini dapat menyaksikan beberapa bagian dari gerhana. Fase total gerhana berlangsung lebih lama dibandingkan dengan beberapa menit gerhana matahari total.

Fase total gerhana bulan seringkali dapat bertahan hingga satu jam atau lebih dengan seluruh gerhana berlangsung lebih dari 3 jam.

5 dari 6 halaman

Bulan Merah Darah

gerhana bulan merah darah

©2020 Merdeka.com/pixabay

Bulan bisa berubah menjadi merah atau berwarna tembaga selama seluruh bagian gerhana. Bulan merah dimungkinkan karena saat bulan dalam bayangan total, beberapa cahaya dari matahari melewati atmosfer bumi dan membungkuk ke arah bulan.

"Warna pasti bulan muncul tergantung pada jumlah debu dan awan di atmosfer. Jika ada partikel tambahan di atmosfer, dari letusan gunung berapi baru-baru ini, bulan akan muncul menjadi berwarna merah gelap." menurut para ilmuwan NASA.

Christopher Columbus memanfaatkan gerhana merah darah pada 1504 untuk menakuti penduduk asli Jamaika agar memberi makan dia dan krunya. Itu adalah perjalanan keempat dan terakhir Columbus ke Dunia Baru. 

Epidemi cacing kapal memakan lubang di kapal-kapal armadanya; Columbus terpaksa meninggalkan dua kapal. Dia kemudian membawa dua kapal terakhirnya ke Jamaika pada 25 Juni 1503.

Penduduk asli menyambut orang-orang buangan dan memberi mereka makan. Tetapi setelah enam bulan, kru Columbus memberontak, dan merampok serta membunuh beberapa warga Jamaika, yang sudah bosan memberi makan kru.

Columbus memiliki almanak tentang gerhana bulan pada 29 Februari 1504. Dia bertemu dengan kepala daerah, dan mengatakan kepadanya bahwa dewa Kristen marah kepada umatnya karena tidak lagi menyediakan makanan.

Columbus mengatakan mengharapkan tanda ketidaksenangan Tuhan tiga malam kemudian, ketika dia akan membuat bulan purnama tampak "penuh dengan amarah." Ketika bulan berwarna merah darah terjadi, penduduk asli ketakutan dan "dengan lolongan dan ratapan yang hebat datang dari segala arah ke kapal-kapal yang sarat dengan perbekalan," menurut sebuah laporan oleh putra Columbus.

Tepat sebelum fase total gerhana akan segera berakhir, Columbus mengatakan Tuhan telah mengampuni penduduk asli dan akan membawa bulan kembali. Awak diberi makan dengan baik sampai bantuan tiba pada bulan November dan Columbus dan anak buahnya berlayar kembali ke Spanyol.

6 dari 6 halaman

Cara Melihat Gerhana Bulan

Gerhana bulan adalah salah satu fenomena langit yang paling mudah diamati. Cukup keluar, lihat ke atas dan nikmati. Anda tidak memerlukan teleskop atau peralatan khusus lainnya. 

Namun, teropong atau teleskop kecil akan memunculkan detail di permukaan bulan, mengamati bulan sama menariknya saat gerhana.  (mdk/amd)

Baca juga:
Puncak Gerhana Bulan Penumbra Terlihat di Seluruh Jateng 6 Juni Pukul 02.25 WIB
Tata Cara Sholat Gerhana, Anjuran Sunnah di Tengah Fenomena Alam
Tata Cara Sholat Gerhana Bulan, Lengkap dengan Niat dan Keutamaannya
BMKG: Fenomena Minimoom akan Terjadi 3 Kali di Tahun Ini
Tata Cara Salat Sunah Dua Gerhana Sesuai Syariat Islam

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami