Mengenal Lokio, Bawang Batak yang Sekilas Mirip Kucai dan Daun Bawang

Mengenal Lokio, Bawang Batak yang Sekilas Mirip Kucai dan Daun Bawang
Mengenal Lokio, Si Bawang Batak yang Sekilas Mirip Kucai dan Daun Bawang. ilmubudaya.com ©2020 Merdeka.com
SUMUT | 29 Mei 2020 18:30 Reporter : Fatimah Rahmawati

Merdeka.com - Bagi Anda yang hobi memasak, pernahkah Anda mendengar bawang Batak? Sekilas, bawang yang satu ini sangat mirip dengan daun bawang dan kucai. Bahkan masih banyak orang yang tertukar ketika membedakan ketiga jenis bawang ini.

Bawang Batak atau yang disebut dengan Lokio merupakan jenis bawang yang sering digunakan dalam masakan khas Batak, salah satunya arsik. Tapi seiring dengan berkembangnya zaman, bawang Batak atau Lokio ini juga digunakan pada masakan lainnya, seperti untuk menumis ayam, ikan, atau daging.

Karena rasanya yang renyah dan baunya wangi seperti bawang, Lokio bisa membuat masakan semakin sedap.

2 dari 5 halaman

Ukurannya Lebih Kecil dari Daun Bawang

Dilansir dari laman resepkoki.id, banyak orang masih sering tertukar antara lokio dengan daun kucai. Padahal, lokio ini memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan daun kucai atau daun bawang.

Lokio batangnya panjang dan tipis berwarna hijau segar atau sedikit kemerahan. Bonggolnya berbentuk agak lonjong dengan warna putih dan tekstur yang halus. Biasanya, di ujung bonggolnya terdapat akar tunggang. Akar ini ternyata bisa digunakan untuk mengecek kesegaran lokio, lho.

3 dari 5 halaman

Rasa dan Aroma

Lokio ini memiliki rasa yang tidak jauh beda dengan bawang putih dan bombay. Namun, biasanya banyak orang masih menggunakan bawang-bawangan lain seperti bawang merah, putih, dan bombay saat memasak lokio. Hal ini karena aroma lokio tidak sekuat bawang-bawang tersebut.

Tapi sebaliknya, orang lebih mengandalkan aroma lokio untuk campuran masakan. Aromanya seperti bawang, hanya saja aromanya lebih khas. Bedanya, lokio ini tidak akan membuat Anda menangis saat mengirisnya.

4 dari 5 halaman

Sering Dipakai dalam Masakan Batak

Seperti sebutannya, lokio atau bawang Batak ini sering dipakai dalam masakan Batak, salah satunya adalah arsik. Selain arsik, lokio juga sering dimasak dalam hidangan laut lainnya seperti ikan, cumi, udang, dan aneka seafood. Selain itu, sering juga dipakai dalam tumisan dan sup, terutama yang khas oriental.

Bawang yang satu ini memang jarang dijadikan bumbu halus atau iris. Meskipun disebut bawang, lokio lebih sering dijadikan bahan masakan daripada bumbu. Bagian yang paling sering digunakan adalah bonggol putihnya, dimana teksturnya renyah dan aromanya begitu khas.

5 dari 5 halaman

Cara Mengolah Lokio

Mengolah lokio sama mudahnya seperti mengolah bawang jenis lain. Anda cukup memotong bagian akar di bawang bonggol. Kemudian kupas bagian bonggolnya hingga terlihat bagian umbi. Setelah itu, bersihkan bagian batangnya seperti mengolah daun bawang.

Anda bisa menggunakan bonggolnya saja atau sekaligus cacahan batangnya. Bonggolnya tak perlu digeprek atau dipotong seperti bawang-bawangan lain. Masukkan dalam masakan bersamaan dengan jenis sayur atau bahan bertekstur lembut.

(mdk/far)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami