Mengenal Rantai Makanan di Sungai Beserta Penjelasannya, Wajib Diketahui

Mengenal Rantai Makanan di Sungai Beserta Penjelasannya, Wajib Diketahui
Ilustrasi sungai. ©shutterstock.com/leungchopan
SUMUT | 8 April 2021 08:30 Reporter : Fardi Rizal

Merdeka.com - Saat Anda menempuh pendidikan di sekolah dasar, pastinya Anda akan menemukan pembelajaran tentang rantai makanan. Rantai makanan termasuk dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.

Rantai makanan merupakan proses makan dan dimakan yang terjadi pada makhluk hidup secara linier untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya. Rantai makanan juga dapat diartikan sebagai tingkatan atau urutan makan dan dimakan antara makhluk hidup. Rantai makanan ini menjadi bagian ekosistem yang tidak bisa dipisahkan. Hal ini disebabkan karena ekosistem selalu terdiri dari kumpulan banyak spesies.

Spesies apapun yang terlibat dalam sebuah rantai makanan memiliki peranan yang sangat penting. Jika satu saja dihilangkan, maka akan berpengaruh kepada spesies lainnya, termasuk manusia, secara langsung maupun tidak langsung.

Dengan mempelajari siklus rantai makanan, manusia tidak menjadi sembarangan untuk berperilaku pada alam yang seringkali bisa memengaruhi adanya rantai makanan. Untuk mempermudah proses belajar mengenai rantai makanan, biasanya akan diberikan ilustrasi pendukung yang menjelaskan prosesnya.

Sama seperti rantai makanan yang ada di daratan, rantai makanan di sungai juga tak kalah menarik. Meskipun eksplorasi di sungai belum sebanyak eksplorasi yang ada di darat, rantai makanan di sungai juga menjadi daya tarik tersendiri.

Baca Selanjutnya: Tingkatan Satu: Tumbuhan air...

Halaman

(mdk/frd)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami