Mengunjungi Masjid Islamic Center Lhokseumawe, Ikon Kota Petro Dollar

Mengunjungi Masjid Islamic Center Lhokseumawe, Ikon Kota Petro Dollar
Masjid Islamic Center Lhokseumawe. ©2021 Merdeka.com/Laode Muhammad Iqbal
SUMUT | 23 September 2021 18:00 Reporter : Tyas Titi Kinapti

Merdeka.com - Pada pusat Kota Lhokseumawe, sebuah tempat ibadah berdiri megah. Nampak dari kejauhan, kubah-kubahnya menjulang ke langit. Semakin asri dengan rerumputan hijau dan pohon yang tumbuh subur di sekeliling masjid.

Tempat ibadah ini bernama Islamic Center Lhokseumawe. Masjid Islamic Center merupakan salah satu sarana ibadah bagi mayoritas umat muslim di Kota Petro Dollar. Bangunan seluas 16.475 m2 yang di dominasi warna keemasan merupakan masjid termegah di Kota Lhokseumawe.

Letaknya yang strategis berada di pusat kota, tepatnya berada di Jalan T. Hamzah Bendahara Simpang Empat Lhokseumawe. Membuat masjid ini menjadi destinasi andalan saat berkunjung di Kota Lhokseumawe. Enggak heran kalau masjid ini selalu ramai pengunjung untuk beribadah.

masjid islamic center lhokseumawe
©2021 Merdeka.com/Laode Muhammad Iqbal

Memasuki Masjid Islamic Center setiap pengunjung akan terpukau dengan kemegahannya. Membawa konsep Timur Tengah, tiang hingga dinding masjid didominasi perpaduan warna emas dan putih.

Pada dinding-dinding terdapat detail ukiran-ukiran yang tersusun apik. Bagian depannya, ukiran tulisan Allah SWT dan Muhammad SAW terpajang indah. Beragam ornamen lainnya semakin menambah pesona masjid ini.

masjid islamic center lhokseumawe
©2021 Merdeka.com/Laode Muhammad Iqbal

Kemegahan Masjid Islamic Center juga terlihat dari kubah-kubah yang menjulang tinggi. Berbeda dengan warna khas ala Timur Tengah, warna kubah Masjid Islamic Center Lhokseumawe nampak kontras berwarna biru. Dilengkapi dengan corak-corak kecil berwarna putih yang menambah kesan elegan.

Masjid ini dibangun sejak 2001 dan sempat beberapa kali proses pembangunannya terhenti. Meski begitu, Masjid Islamic Center menjadi masjid termegah di Kota Lhokseumawe.

masjid islamic center lhokseumawe
©2021 Merdeka.com/Laode Muhammad Iqbal

Memasuki bagian utama masjid terlihat amat luas dengan keramik yang tersusun apik. Membuat suasana masjid lebih nyaman dan sejuk. Meski pembangunan masjid ini belum sepenuhnya selesai, terlihat pada beberapa bagian masih belum rampung. Namun, tidak mengurangi keindahan Masjid Islamic Center.

Masjid dengan luas tanah 33.748, ini terdiri dari 3 tiga lantai. Setidaknya tempat ibadah ini mampu menampung 10.000 jemaah. Bangunan ini punya ragam fungsi lainnya, untuk tujuan pengembangan dan kajian Islam di bekas negeri Samudera Pasai.

Kegiatan masjid ini cukup beragam dari menyelenggarakan kegiatan kegiatan pendidikan (TPA, Madrasah, Pusat Belajar Masyarakat), kegiatan sosial ekonomi (koperasi masjid), pengajian rutin, ibadah salat fardhu, salat Jumat dan ibadah di Hari Raya Islam.

masjid islamic center lhokseumawe
©2021 Merdeka.com/Laode Muhammad Iqbal

Pada malam hari, Masjid Islamic Center terlihat gemerlap dengan lampu yang menghiasi sekeliling masjid. Masjid yang dibangun pada 2007 ini dari jauh terlihat menyala. Bagian luar, terdapat taman dengan hamparan rumput.

Berada di jantung Kota Lhokseumawe, Masjid Islamic Center kerap dikunjungi para traveler. Tempat ibadah ini menjadi ikon kebanggaan di Lhokseumawe. Berkunjung ke sini rasanya kurang lengkap jika tak mampir ke Masjid Islamic Center sekadar berfoto di luar atau melaksanakan salat di dalamnya.

(mdk/Tys)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami