Minta Uang 'Jatah' ke Warga yang sedang Renovasi Rumah, Begini Nasib Pria di Medan

Minta Uang 'Jatah' ke Warga yang sedang Renovasi Rumah, Begini Nasib Pria di Medan
Minta Uang 'Jatah' ke Warga yang sedang Renovasi Rumah, Begini Nasib Pria di Medan. Instagram/@sumut.terkini ©2021 Merdeka.com
SUMUT | 19 September 2021 16:15 Reporter : Fatimah Rahmawati

Merdeka.com - Aksi pungutan liar (pungli) kembali terjadi di Kota Medan, Sumatra Utara (Sumut). Kali ini, viral video memperlihatkan tiga orang pria melakukan pungli kepada seorang warga yang sedang merenovasi rumah.

Dalam video yang diunggah di Instagram @sumut.terkini pada Sabtu (18/9), sejumlah pria itu meminta uang 'jatah' kepada seorang ibu-ibu pemilik rumah tersebut.

Ketiga pria itu terlibat adu mulut dengan pemilik rumah, lantaran pemilik rumah tidak ingin memberi uang sesuai yang mereka minta.

Aksi pungli ini pun langsung curi perhatian warganet. Namun kabarnya, ketiga pelaku saat ini telah berhasil diamankan oleh pihak kepolisian.

Berikut informasi selengkapnya.

2 dari 3 halaman

Minta Jatah Uang ke Warga

minta uang 039jatah039 ke warga yang sedang renovasi rumah begini nasib pria di medan

Instagram/@sumut.terkini ©2021 Merdeka.com

Peristiwa ini diketahui terjadi di salah satu rumah warga di Jalan Selam Simpang Jalan Gabus, Kecamatan Medan Area, Kota Medan pada Rabu (16/8).

Di video tersebut, ketiga pelaku mendatangi rumah milik warga tersebut, di mana saat itu sedang dilakukan renovasi. Mereka meminta sejumlah uang kepada pemilik rumah. Namun, aksi mereka berhasil direkam.

Sebenarnya, pemilik rumah sudah memberikan sejumlah uang kepada ketiga pria itu, namun mereka meminta lebih. Dalam video terdengar mereka meminta tambahan uang dari pemilik rumah.

"Masak kita udah susah suruh kasih duit lagi? Kan nggak masuk akal. Peraturan dari mana," ujar pemilik rumah dalam video itu.

"Kita bukan pungutan liar. Sama sama bantu lah," jawab salah satu pelaku.

"Ya kita juga mau dapet uang cepek pun susah," jawab pemilik rumah.

Hingga video berakhir, ketiga pelaku masih terlibat cekcok dengan pemilik rumah dan enggan meninggalkan rumah warga tersebut.

3 dari 3 halaman

Diciduk Polisi

minta uang 039jatah039 ke warga yang sedang renovasi rumah begini nasib pria di medanInstagram/@sumut.terkini ©2021 Merdeka.com

Beruntungnya, usai video aksi pungli itu viral, ketiga pelaku berhasil diciduk oleh personel Unit Reskrim Polsek Medan Area.

Ketiganya diamankan dan dibawa ke kantor polisi. Mereka akhirnya berujung menyatakan permintaan maaf atas aksi yang telah mereka lakukan.

"Kami minta maaf kepada Bu Eti dan kami berjanji tidak akan mengulangi pungli lagi. Dan kami sudah jera karena kami sudah ditindak bersama pihak kepolisian Polsek Medan Area," ujar salah satu pelaku.

(mdk/far)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami