Niat Puasa Tarwiyah dan Arafah Jelang Idul Adha, Ketahui Keutamaannya

Niat Puasa Tarwiyah dan Arafah Jelang Idul Adha, Ketahui Keutamaannya
Ilustrasi Puasa. ©Shutterstock.com
SUMUT | 6 Juli 2022 19:21 Reporter : Ani Mardatila

Merdeka.com - Niat puasa tarwiyah dan arafah penting diketahui sebelum melaksanakan dua puasa sunah tersebut. Niat puasa tarwiyah dan arafah dilakukan menjelang Idul Adha. Puasa tarwiyah dan arafah dilaksanakan pada bulan Dzulhijjah sebagai amalan-amalan sesuai anjuran Rasullulah SAW.

Puasa Arafah merupakan puasa sunah yang dianjurkan bagi umat Muslim yang tidak sedang menjalankan ibadah Haji. Puasa Arafah dilakukan tepat setelah puasa Dzulhijjah dan Tarwiyah, yakni pada tanggal 9 Dzulhijjah.

Puasa sunah Tarwiyah dianjurkan agar dilaksanakan oleh Islam. Puasa ini mengandung keutamaan sebagaimana puasa sunah di awal bulan pada umumnya. Selain itu, sunah tersebut juga untuk mengiringi puasa Arafah. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui niat puasa tarwiyah dan arafah.

Berikut merdeka.com niat puasa tarwiyah dan arafah beserta keutamaannya melansir dari laman dream:

2 dari 3 halaman

Mengenal hari Tarwiyah

Sebelum mengetahui niat puasa Tarwiyah dan Arafah, kenali dulu apa itu hari Tarwiyah.

Hari Tarwiyah jatuh tiap tanggal 8 Dzulhijjah dalam kalender Hijriyah. Hari Tarwiyah menandai perjalanan jamaah haji dari Mekah ke Mina. Dalam bahasa Arab kata "tarwiya" berarti "melepaskan dahaga".

Hari tersebut dinamai hari Tarwiyah karena pada hari ini, jemaah haji mengisi air di Mekah sebelum berangkat ke Mina. Jemaah haji juga dianjurkan untuk minum agar bisa dengan lancar menjalankan perjalanan Haji sampai akhir.

Mina terletak di padang pasir sekitar tujuh kilometer timur laut Mekah. Jemaah akan berdoa selama mereka tinggal di Mina. Saat fajar pada hari kesembilan bulan Dzulhijjah, para peziarah berdoa dan meninggalkan Mina menuju Arafah, untuk hari yang dianggap sebagai hari paling penting dari pelaksanaan haji.

Niat Puasa Tarwiyah dan Arafah

Berikut niat puasa tarwiyah :

Nawaitu shaumat tarwiyata sunnatan lillahi ta’ala

Artinya:

"Saya niat berpuasa sunnah tarwiyah karena Allah ta’ala."

Niat Puasa Arafah

Nawaitu shauma ‘arofata sunnatan lillaahi ta’aala.

Artinya: Saya niat puasa sunah Arafah karena Allah Ta’ala.

Setelah membaca niat puasa Tarwiyah dan Arafah dengan sungguh-sungguh, kita tinggal menjalankan ibadah puasa Tarwiyah dan Arafah dengan sepenuh hati dan berharap keberkahan dari Allah SWT.

3 dari 3 halaman

Keutamaan Puasa Sunah Tarwiyah

Setelah mengetahui niat puasa tarwiyah dan arafah. Ketahui keutamaan puasa sunah Tarwiyah dan Arafah.

Seperti dikutip dari NU Online, keutamaan puasa Tarwiyah yaitu sebagai kebaikan untuk meraih keistimewaan hari-hari awal Dzulhijjah. Bahkan amalan pada hari-hari tersebut dinilai jauh lebih dicintai Allah daripada jihad.

Hal ini berdasarkan hadis riwayat Imam Bukhari dari Ibnu Abbas RA.

Rasulullah Muhammad SAW bersabda, " Tidak ada perbuatan yang lebih disukai oleh Allah, daripada perbuatan baik yang dilakukan pada sepuluh hari pertama di bulan Dzulhijjah." Para sahabat bertanya, " Ya Rasulullah, walaupun jihad di jalan Allah?" Sabda Rasulullah, " Walau jihad pada jalan Allah kecuali seorang lelaki yang keluar dengan dirinya dan harta bendanya, kemudian kembali tanpa membawa apa-apa."

Keutamaan Puasa Arafah

Dalam sebuah Hadist Riwayat Muslim, disampaikan bawah, “Puasa Arafah atau puasa 9 Dzulhijjah dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang…” oleh sebab itu, puasa Arafah menjadi ibadah yang sangat dinantikan oleh umat Muslim yang belum diberi kesempatan untuk menjalankan ibadah Haji.

Tidak hanya itu saja, dengan membaca lafadz niat puasa Arafah sepenuh hati, dipercaya dapat menyejukkan hati. Seperti yang disabdakan Rasulullah,

“ Dari Abu Qatadah, bahwa Rasulullah SAW bersabda: Puasa pada hari Arafah dapat menghapus dosa selama dua tahun, yaitu tahun yang sudah berlalu dan tahun yang akan datang. Dan, puasa pada hari Asyura akan menghapuskan dosa tahun yang lalu.” (H.R. Jamaah, kecuali Bukhari dan Tirmidzi).

(mdk/amd)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini