Penyebab Sakit Mata saat Menatap Layar dan Cara Mengatasinya, Pahami Gejalanya

Penyebab Sakit Mata saat Menatap Layar dan Cara Mengatasinya, Pahami Gejalanya
ilustrasi mata lelah. gazettenet.com
SUMUT | 7 Juli 2022 06:00 Reporter : Muhammad Farih Fanani

Merdeka.com - Penyebab sakit mata perlu diketahui. Pasalnya beberapa orang jarang menyadari kebiasaan buruk saat menatap layar bisa jadi penyebab sakit mata.

Tak bisa dipungkiri, di era modern ini banyak pekerjaan yang dilakukan di depan layar monitor, baik itu laptop maupun komputer. Akan tetapi, pekerjaan yang dilakukan di depan layar juga memiliki efek yang tidak baik, terutama bagi kesehatan mata.

Seseorang yang bekerja di depan layar monitor terus menerus bisa menjadi penyebab sakit mata. Sakit mata adalah sakit yang tidak bisa dianggap remeh. Pasalnya, mata adalah satu indera yang memiliki fungsi vital di dalam tubuh manusia. Apabila mata manusia bermasalah, maka aktivitas manusia tidak akan bisa berjalan normal.

Dilansir dari laman www.aoa.org, masalah penglihatan yang terjadi akibat terlalu lama menatap layar visual disebut sebagai Computer Vision Syndrome (CVS). CVS terjadi karena tuntutan kepada mata yang melebihi kemampuan individu untuk melakukan tugas menatap layar. Berikut penyebab sakit mata saat menatap layar dan cara mengatasinya.

2 dari 3 halaman

Gejala Kelelahan Mata

Menurut laman eyephysiciansoflongbeach.com, gejala kelelahan mata digital yang sering dialami oleh orang adalah:

  • Ketegangan mata
  • Mata berair atau kering
  • Sakit kepala
  • Mengalami penglihatan yang kabur
  • Mata gatal
  • Sakit leher, bahu, atau punggung
  • Tidak dapat berkonsentrasi

Biasanya, sakit mata yang disebabkan karena terlalu lama menatap layar hanya bersifat sementara dan tidak akan terjadi berlarut-larut. Namun, pada beberapa kasus, sakit mata digital atau CVS ini bisa saja mengakibatkan gejala yang berkelanjutan. Misalnya mata menjadi kabur.

CVS atau kelelahan mata digital merupakan penyebab sakit mata yang perlu untuk segera diantisipasi. Sebelum mata menjadi lebih parah, penting untuk melakukan tindakan pencegahan terhadap penyebab sakit mata supaya mata menjadi normal kembali.

Ada beberapa tindakan yang perlu diketahui oleh orang-orang yang merasakan sakit mata digital. Tindakan ini perlu dilakukan supaya mata yang digunakan untuk bekerja tidak mengalami kelelahan dan bisa tetap berfungsi sebagaimana mestinya tanpa mengalami masalah yang berkelanjutan.

Penyebab Sakit Mata saat Menatap Layar dan Cara Mengatasinya

Berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam rangka untuk mengatasi CVS atau kelelahan mata digital menurut www.eyephysiciansoflongbeach.com.

Mengurangi Glare

Glare atau silau memang sebuah keadaan yang membuat mata sangat tidak nyaman. Kondisi ini terjadi ketika layar komputer mengeluarkan cahaya yang cukup terang dan memaksa kita untuk menyipitkan mata.

Intensitas cahaya komputer yang terlalu tinggi akan membuat mata menjadi sakit dan berujung pada sakit mata. Ini adalah salah satu penyebab sakit mata yang sering dialami oleh orang-orang ketika terlalu lama menatap layar komputer atau perangkat lainnya.

Jika Anda tidak bisa mengurangi intensitas cahaya yang dikeluarkan oleh layar komputer, Anda bisa memanfaatkan fitur malam pada layar komputer Anda. Hal tersebut akan cukup membantu mengatasi masalah kelelahan mata Anda ketika sedang menatap layar komputer.

3 dari 3 halaman

Sesuaikan Pencahayaan

Menjaga ruangan agar tetap memiliki cahaya yang baik merupakan cara kedua untuk mencegah gejala CVS atau kelelahan mata digital. Anda bisa menggunakan jendela untuk menambahkan sumber cahaya lain. Hal itu perlu dilakukan supaya ruangan tidak terlalu gelap.

Ruangan dengan intensitas cahaya yang baik akan membuat mata menjadi baik pula. Berikan cahaya dari sumber lain. Pasalnya, apabila sumber cahaya hanya dari layar komputer dan di sekeliling Anda intensitas cahayanya tidak terlalu bagus, maka ini akan menyebabkan kelelahan mata digital.

Ikuti aturan 20/20/20

Penyebab sakit mata atau kelelahan digital yang juga perlu dihindari adalah tidak adanya ritme yang pas ketika mata sedang menatap layar komputer. Layar komputer mengirimkan cahaya biru yang bisa merusak mata, dan Anda perlu menerapkan aturan 20/20/20 untuk menjaga mata supaya tetap baik.

Aturan 20/20/20 yaitu setiap 20 menit Anda beristirahat dalam menatap layar komputer. Alihkan pandangan dari layar dan lihatlah sesuatu objek yang memiliki jarak sekitar 20 kaki dari posisi Anda sekarang, setidaknya selama 20 detik.

Aturan itu akan membuat mata bisa beristirahat dan membantu Anda mengingat untuk berkedip.selain itu, otot-otot mata akan bekerja ketika Anda pakai untuk melihat objek yang jauh.

Sesuaikan Jarak Mata dengan Layar

Salah satu penyebab sakit mata yang jarang disadari oleh pengguna gadget atau komputer adalah perihal jarak pandang. Mata yang terlalu dekat dengan layar komputer akan mengakibatkan kelelahan mata digital.

Sesuaikan tempat kerja dan komputer untuk sesuai dengan kenyamanan. Anda juga perlu menyesuaikan jarak mata Anda dengan layar. Menurut www.aoa.org, jarak ideal antara mata untuk melihat layar komputer adalah 20 sampai 30 inci. Bagian layar atas harus sedikit di bawah ketinggian mata horizontal. Miringkan bagian atas layar pada sudut 10 hingga 20 derajat.

Selain itu, Anda juga bisa melindungi mata dengan memakai kacamata dengan lensa anti radiasi. Ini terbukti cukup ampuh untuk mencegah cahaya biru dari layar yang masuk ke mata. 

(mdk/mff)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini