Peringatan Hari Koperasi Sedunia 2 Juli 2022, Simak Sejarah dan Temanya

Peringatan Hari Koperasi Sedunia 2 Juli 2022, Simak Sejarah dan Temanya
Baliho miring menteri koperasi. ©2013 Merdeka.com
SUMUT | 2 Juli 2022 05:00 Reporter : Ani Mardatila

Merdeka.com - Hari Koperasi Internasional diperingati setiap tahun pada hari Sabtu pertama bulan Juli.

Tujuan dari perayaan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran tentang koperasi, menyoroti tujuan dan sasaran yang saling melengkapi dari Perserikatan Bangsa-Bangsa dan gerakan koperasi internasional, menggarisbawahi kontribusi gerakan terhadap penyelesaian masalah utama yang ditangani oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa dan memperkuat dan memperluas kemitraan antara gerakan koperasi internasional.

Pada tanggal 2 Juli, koperasi di seluruh dunia akan merayakan Hari Koperasi Internasional ke-100 (#CoopsDay). Berikut selengkapnya merdeka.com merangkum sejarah peringatan Hari Koperasi Sedunia 2 Juli 2022 beserta agendanya:

2 dari 3 halaman

Sejarah Hari Koperasi Internasional

Koperasi penting dalam pembangunan ekonomi dan sosial dunia. Berdasarkan prinsip koperasi, koperasi membantu menciptakan etika dan nilai-nilai baru dalam bisnis dan ekonomi.

Pada tahun 1895 International Cooperative Alliance (ICA) dibentuk dan sejak tahun 1927 diperingati hari Sabtu pertama bulan Juli sebagai Hari Koperasi Internasional.

Pada tahun 1994 PBB mengakui dan menegaskan kembali bahwa koperasi sangat penting dalam pembangunan ekonomi, sosial dan budaya dunia. Namun dua tahun sebelumnya – pada 16 Desember 1992 – Majelis Umum PBB menyatakan Sabtu pertama Juli 1995 sebagai Hari Koperasi Internasional, menandai seratus tahun berdirinya ICA.

Robert Owen adalah bapak gerakan koperasi. Dia percaya bahwa pekerja layak untuk bekerja di lingkungan yang baik dengan akses ke pendidikan untuk diri mereka sendiri dan anak-anak mereka.

Pada tahun 1994, Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa mengadopsi resolusi lain 49/151 tanggal 23 Desember 1994 tentang koperasi, yang tidak hanya meminta pemerintah dan badan-badan internasional untuk:

“mempertimbangkan sepenuhnya potensi koperasi untuk berkontribusi dalam pemecahan masalah ekonomi, sosial dan lingkungan dalam merumuskan strategi pembangunan nasional; dan mempertimbangkan untuk meninjau kembali kendala-kendala hukum dan administratif pada kegiatan koperasi dengan maksud untuk menghilangkan kendala-kendala yang tidak diterapkan pada usaha dan perusahaan lain”,

tapi juga diundang

“…pemerintah, organisasi internasional yang relevan, badan-badan khusus dan organisasi koperasi nasional dan internasional untuk merayakan setiap tahun Hari Koperasi Internasional pada hari Sabtu pertama bulan Juli mulai tahun 1995, sebagaimana diproklamirkan oleh Majelis Umum dalam resolusi 47/90”.

3 dari 3 halaman

Tema Hari Koperasi Internasional 2022

Tema Hari Koperasi Internasional 2022 adalah “Koperasi Membangun Dunia yang Lebih Baik”.

“Koperasi sedang menjawab panggilan bangun dari Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres, yang memperingatkan bahwa dunia berada 'di tepi jurang yang sangat dalam dan bergerak ke arah yang salah', dan berseru bahwa 'untuk memulihkan kepercayaan, dan menginspirasi harapan, kita butuh kerjasama, kita butuh dialog, kita butuh pengertian'. Selama hampir dua abad, koperasi telah bergerak ke arah ini. Hal ini sangat disoroti pada Kongres Koperasi Dunia ke-33, yang diadakan oleh Aliansi Koperasi Internasional pada Desember 2021, yang memusatkan perhatian pada bagaimana identitas bersama mereka menggerakkan koperasi untuk mengambil tindakan untuk mengatasi masalah dunia” kata Bruno Roelants, Direktur Jenderal Koperasi ICA.

Beroperasi di seluruh dunia, di berbagai sektor ekonomi, koperasi telah membuktikan diri lebih tahan terhadap krisis daripada rata-rata.

Mereka mendorong partisipasi ekonomi, memerangi degradasi lingkungan dan perubahan iklim, menghasilkan pekerjaan yang baik, berkontribusi pada ketahanan pangan, menjaga modal keuangan dalam komunitas lokal, membangun rantai nilai etis, dan, dengan meningkatkan kondisi material dan keamanan masyarakat, berkontribusi pada perdamaian positif.

“Koperasi adalah satu- satunya model perusahaan dengan prinsip-prinsip yang disepakati secara global yang bertumpu pada landasan nilai-nilai etika bersama” tambah Bruno Roelants.

(mdk/amd)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini