Peristiwa 13 November: Peringatan Hari Kebaikan Sedunia, Ini Cara Merayakannya

Peristiwa 13 November: Peringatan Hari Kebaikan Sedunia, Ini Cara Merayakannya
Ilustrasi menolong orang. ©2012 Merdeka.com
SUMUT | 13 November 2021 05:01 Reporter : Ani Mardatila

Merdeka.com - Tanggal 13 November ternyata ditetapkan sebagai Hari Kebaikan Dunia atau World Kindness Day. Diperingati di banyak negara termasuk Amerika Serikat, Kanada, Jepang, Australia, dan Hari Kebaikan Dunia memberi kita kesempatan untuk merenungkan salah satu prinsip manusia yang paling penting dan menyatukan.

Pada hari yang dikhususkan untuk potensi positif dari tindakan kebaikan besar dan kecil, cobalah untuk mempromosikan dan menyebarkan kualitas penting ini yang menyatukan orang dari segala jenis.

Tujuan Hari Kebaikan Sedunia adalah untuk menyebarkan kebaikan dengan gerakan kecil. Tradisi utama hari itu adalah bersikap baik dan mencoba dan mendorong kebaikan untuk mengalahkan kebencian.

Baik itu membantu seseorang dengan tugas, meluangkan waktu untuk bertanya bagaimana keadaan seseorang, atau memuji seseorang, nama permainannya adalah kebaikan, dan kita semua memilikinya di dalam diri kita.

Berikut selengkapnya merdeka.com merangkum sejarah Hari Kebaikan Dunia dan cara merayakannya:

2 dari 3 halaman

Sejarah Hari Kebaikan Dunia

Hari Kebaikan Dunia pertama kali dimulai sebagai hari pengamatan oleh Gerakan Kebaikan Dunia. Organisasi tersebut terdaftar sebagai LSM resmi di bawah hukum Swiss pada tahun 2019. Namun, sejarah kelompok ini kembali ke konvensi yang berbasis di Tokyo pada tahun 1997.

Berbagai asosiasi dan institusi yang berbasis di negara-negara termasuk Thailand, Inggris, Australia, dan Amerika Serikat telah dibangun pada konferensi ini karena dedikasi gabungan mereka untuk mempromosikan kebaikan di masyarakat. Pembentukan awal World Kindness Movement terbentuk sebagai akibat dari peristiwa ini.

Deklarasi tertulis dari awal mereka dibuat menyatakan "janji mereka untuk bergabung bersama untuk membangun dunia yang lebih baik dan lebih welas asih." Untuk mencapai tujuan ini, pada tahun 1998, mereka akan membantu meluncurkan Hari Kebaikan Dunia yang pertama.

Alasan Hari Kebaikan Sedunia dirinci oleh Gerakan Kebaikan Dunia. “untuk menyoroti perbuatan baik di masyarakat yang berfokus pada kekuatan positif dan benang merah kebaikan yang mengikat kita.”

Hari ini telah diakui secara global sejak diciptakan lebih dari dua dekade lalu. Banyaknya acara yang berlangsung pada hari ini menarik banyak peserta dari seluruh belahan dunia. Hari ini diisi dengan kebaikan dan kegiatan seperti gerombolan dansa, konser, pembagian kartu kebaikan, dan tindakan kebaikan acak seperti membayar seseorang berbelanja atau membantu seseorang dengan tas mereka.

Sementara, saat ini, hari tidak resmi, tetap menjadi harapan Gerakan Kebaikan Dunia untuk mencapai status pengakuan resmi oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa. Jika mereka berhasil mencapai ini maka mereka akan bergabung dengan hari hak asasi manusia yang diakui, hari kesehatan dunia, dan hari perdamaian internasional sebagai hari peringatan yang diakui.

3 dari 3 halaman

Mengapa Hari Kebaikan Dunia Penting

Hari Kebaikan Dunia memberi Anda kesempatan sempurna untuk berkreasi dengan ide-ide Anda. Ada banyak hari lain yang juga mendorong orang untuk berusaha semaksimal mungkin, dan hari ini tidak berbeda. Pikirkan terlebih dahulu apa yang ingin Anda lakukan untuk menunjukkan kebaikan dan penghargaan Anda kepada orang lain dengan cara yang unik.

Banyak orang sangat fokus pada kehidupan mereka sendiri dan dapat dengan mudah lupa untuk meluangkan waktu sejenak untuk memikirkan apa yang mungkin dibutuhkan orang lain. 

Namun, melakukan sesuatu yang baik untuk orang lain juga bisa baik untuk Anda juga. Sangat menyenangkan merencanakan dan melihat cara orang lain menghargai kebaikan Anda.

Sangatlah berharga bagi semua orang untuk merayakan manfaat dan kebaikan yang kita peroleh dari aspek inti sifat manusia ini. Hari Kebaikan Sedunia dapat membantu mengingatkan kita bahwa kita tidak sendirian dalam hidup kita, orang lain baik dan peduli pada kita, dan kita tentu tidak hidup di dunia di mana kebaikan tidak ada.

Bagaimana kamu merayakan nya?

Karena hari itu didedikasikan untuk kekuatan dan potensi tindakan kebaikan, betapapun kecil atau besar, maka cara terbaik untuk menandainya adalah dengan melakukannya.

Baik itu memberikan hadiah yang bijaksana kepada orang yang dicintai, membantu tetangga yang membutuhkan, atau memberikan kemurahan hati kepada orang asing – seperti meminjamkan satu dirham dari tagihan mereka di supermarket untuk membayar sejumlah uang – ada banyak cara untuk menghasilkan uang. perbedaan.

Anda juga bisa lebih ramah pada diri sendiri, seperti berusaha menjaga kesehatan Anda, dan planet ini, dengan menjadi bebas plastik untuk hari itu, sebagai contoh.

Khususnya di tahun 2021, hal-hal seperti memakai masker dan melakukan social distancing juga merupakan tindakan kebaikan kepada orang-orang di sekitar kita.

(mdk/amd)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami