PSBB Mulai Diberlakukan, Ini Syarat Wilayah dan Aturan Penetapannya

PSBB Mulai Diberlakukan, Ini Syarat Wilayah dan Aturan Penetapannya
SUMUT | 9 April 2020 12:04 Reporter : Ayu Isti Prabandari

Merdeka.com - Setelah resmi dikeluarkannya Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 9 Tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), peraturan tersebut kini akan segera diberlakukan di beberapa wilayah. Seperti dilansir dari Liputan6.com, Jakarta menjadi wilayah pertama yang telah disetujui untuk segera dilakukan PSBB guna memutus rantai penyebaran wabah Covid-19.

Penerapan PSBB wilayah DKI Jakarta akan dimulai pada 10 April 2020. PSBB ini berlaku selama 14 hari setelah diterbitkannya surat keputusan Kementerian Kesehatan. Durasi PSBB dapat diperpanjang dengan melihat perkembangan situasi dan kondisi selanjutnya.

Bukan hanya DKI Jakarta, pemerintah Provinsi Jawa Barat bersama lima kota/kabupaten yang bersinggungan dengan ibukota pun tengah mengkaji pengajuan PSBB kepada Kementerian Kesehatan. Dikutip dari Liputan6.com, lima daerah tersebut meliputi Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Kota Depok, Kota Bekasi, dan Kabupaten Bekasi.

Dalam penerapan PSBB ini juga dapat dilakukan oleh wilayah-wilayah lain, khususnya yang termasuk zona merah persebaran virus corona. Hal ini mengingat semakin tingginya jumlah kasus positif Covid-19 di Indonesia.

Lalu bagaimana syarat wilayah yang dapat mengajukan PSBB? Dirangkum dari Liputan6.com, berikut adalah syarat wilayah beserta aturan penetapan PSBB yang perlu diketahui.

Baca Selanjutnya: Mengenal PSBB...

Halaman

(mdk/ayi)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami