Sempat Viral Harimau di Medan Zoo Kurus dan Makan Rumput, Begini Kondisinya Kini

Sempat Viral Harimau di Medan Zoo Kurus dan Makan Rumput, Begini Kondisinya Kini
Sempat Viral Harimau di Medan Zoo Kurus dan Makan Rumput, Begini Kondisinya Kini. Instagram/@medanzone
SUMUT | 27 September 2021 16:27 Reporter : Fatimah Rahmawati

Merdeka.com - Belum lama ini, viral di media sosial video yang memperlihatkan kondisi memprihatinkan seekor harimau Sumatra yang ada di Kebun Binatang Medan atau Medan Zoo.

Dalam video yang diunggah di akun Instagram @medanzone pada Jumat (24/9), harimau itu tubuhnya terlihat sangat kurus kering. Mirisnya lagi, harimau itu tertangkap sedang makan rumput yang ada di kandangnya.

Video itu diambil oleh pengunjung yang sedang mengunjungi Medan Zoo. Dalam keterangannya, kondisi satwa yang memprihatinkan ini memang bukan kali pertama terjadi di kebun binatang tersebut.

"Ini bukan kali pertama tapi sejak tahun-tahun sebelumnya memang satwa di kebun binatang ini tidak terurus dengan baik. Kandangnya kotor, satwanya kurus," tulis keterangan di unggahan itu.

Video ini tuai banyak simpati dari warganet dan juga komunitas peduli satwa, khususnya yang ada di Medan. Kabarnya, usai video itu viral, istri Wali Kota Medan, Kahiyang Ayu, berniat akan menyumbangkan daging untuk kebutuhan pangan harimau tersebut dan satwa lain di Medan Zoo.

2 dari 4 halaman

Istri Wali Kota akan Sumbang Daging

sempat viral harimau di medan zoo kurus dan makan rumput begini kondisinya kini
Instagram/@bobbynst ©2021 Merdeka.com

Usai melihat kondisi harimau yang memprihatinkan itu, Wali Kota Medan, Bobby Nasution mengatakan, sang istri akan menyumbangkan daging untuk kebutuhan pangan harimau dan satwa lain yang ada di Medan Zoo.

Hal itu Ia sampaikan dalam unggahan di akun Instagram pribadinya @bobbynst pada Minggu (26/9).

"Dan sudah direspons kemarin ibu Wali Kota juga kemarin katanya mau menyumbangkan atau memberikan langsung daging atau pun ayam. Nanti kita tunggu saja. Selain itu juga banyak yang memberikan sumbangan, kemarin kita juga sudah terima CSR berapa kilogram daging ayam untuk makanan harimau dan satwa lainnya," ujarnya, menanggapi video viral tersebut.

3 dari 4 halaman

Perbaikan Manajemen Medan Zoo

Selain soal pasokan pangan satwa, masalah utama terbengkalainya satwa yang ada di Medan Zoo ini dikarenakan manajemen kebun binatang yang buruk.

Bobby mengatakan akan segera melakukan perbaikan manajemen kebun binatang yang merupakan termasuk salah satu Perusahaan Umum Daerah Pembangunan tersebut.

"Kalau untuk manajemennya nanti kita perbaiki lagi, karena pengelolaannya ini kan sudah dalam bentuk Badan Usaha, jadi harusnya dikelola. Namun hari ini kita tahu pengelolaannya masih minim dan kesulitan-kesulitan masih sering terjadi," ujar Bobby.

Ia mengaku sudah menetapkan Direksi baru dan sudah memberikan instruksi terkait perbaikan manajemen Medan Zoo agar pengelolaannya bisa lebih baik lagi.

"Kemarin kita juga baru tetapkan Direksinya, sudah saya tekankan beberapa poin-poin utama untuk bisa membangkitkan perusahaan daerah kita. Karena ini kan di bawah Pusda kita juga," tambahnya.

4 dari 4 halaman

Komunitas di Medan Sumbang Daging

 

sempat viral harimau di medan zoo kurus dan makan rumput begini kondisinya kini
Instagram/@medanheadlines.news ©2021 Merdeka.com

Selain itu, komunitas yang ada di Kota Medan mulai berdatangan memberikan bantuan daging bagi harimau itu dan satwa lainnya yang ada di Medan Zoo.

Seperti dalam unggahan akun Instagram @medanheadlines.news pada Minggu (26/9), Komunitas Creative Anak Medan (Cream) gerak cepat melakukan gerakan sosial memberi makan harimau yang ada di Medan Zoo tersebut.

Ketua Cream, Sugondo Ali Akbar mengatakan, mereka membawa daging ayam segar sebanyak 10 kg untuk makanan harimau yang ada di Medan Zoo. Dalam video itu, harimau itu terlihat tak lagi berada di kandang terbuka namun berada di kandang isolasi.

(mdk/far)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami