Sering Berangkatkan Kru TV Umroh, Ini 6 Fakta Mamah Dedeh yang Jarang Diketahui

Sering Berangkatkan Kru TV Umroh, Ini 6 Fakta Mamah Dedeh yang Jarang Diketahui
SUMUT | 29 Mei 2020 14:46 Reporter : Dimas Putra Mandegani

Merdeka.com - Baru-baru ini muncul kabar mengejutkan dari pendakwah ternama Tanah Air, Mamah Dedeh. Pendakwah asli Sunda ini sempat dikabarkan meninggal dunia, Rabu (27/5) pagi. Namun isu ini dengan cepat dibantah oleh rekannya di program acara religi, Abdel Achrian dan sesama pendakwah, Yusuf Mansur.

Rekan terdekat Mamah di program ‘Mamah dan Aa’ Beraksi’ sekaligus komedian, Abdel Achrian mengonfirmasi jika Mamah Dedeh dalam kondisi sehat, dan memastikan bahwa kabar yang beredar adalah hoaks.

Menyusul kabar ini, Abdel lantas mengenang sosok Mamah Dedeh bagi dirinya. Mengenal sosok Mamah Dedeh sejak 13 tahun lalu kebersamaan mereka jadi semakin rekat. Ia menulis opini pribadinya tentang Mamah Dedeh di akun Twitter-nya, @abdelachrian, Kamis (28/5). Menurutnya, Mamah adalah sosok yang galak namun tetap kocak dan selalu menghibur.

"Seiring berjalannya waktu, gw mengenal Mamah bukan hanya saat on air doang. Kehidupan sehari2nya gw tau juga. Gw kenal sama semua anak2nya. Gw juga kenal karakter asli mamah di luar 'galak'," ungkap Abdel di Twitternya pada Kamis (28/5/2020).

1 dari 6 halaman

Tinggal di Dekat Gilingan Padi

bentuk nyata kebaikan mamah dedeh

Liputan6 ©2020 Merdeka.com


Sosok Mamah Dedeh adalah pribadi yang tegas dengan suara yang lugas dan keras. Karakter suaranya inilah yang membuat Mamah Dedeh jadi sosok yang terkesan galak.

Abdel mengungkapkan, semasa kecil, Mamah Dedeh tinggal di dekat penggilingan padi, sehingga memerlukan tenaga ekstra untuk berbicara.

“Menurut gue Mamah bukan galak, tapi emang suaranya aja yang kencang. Karena menurut Mamah udah kebiasaan dari kecil, tinggal di dekat penggilingan padi, jadi mamah sekeluarga kalo ngomong harus kenceng untuk ngalahin suara giling padi,” tulis komika asli Betawi ini.

2 dari 6 halaman

Hatinya Lembut

001 nfi

©kapanlagi.com

Walaupun dikenal dengan suaranya yang lantang dan tegas, pemain sitkom Abdel dan Temon ini mengungkapkan jika Mamah adalah sosok yang dermawan. Menurutnya, Mamah tidak bisa melihat lingkungan sekelilingnya kesusahan.

“Di balik ‘galak dan kerasnya’ suara Mamah, ternyata eh ternyata hatinya lembut banget. Nggak bisa lihat sekelilingnya susah, kalo urusan berbagi. Mamah jempolan, dah," tulisnya.

3 dari 6 halaman

Senang Berbagi

bentuk nyata kebaikan mamah dedeh

Liputan6 ©2020 Merdeka.com


Abdel bercerita kalau Mamah Dedeh sering membagikan puluhan karung beras ke orang-orang yang membutuhkan. Ia pun kaget ternyata kebiasaan ini dilakukan jauh sebelum Mamah muncul dan popular di televisi.

“Tiap bulan puluhan karung beras yang dibagiin ke orang-orang yang membutuhkan. Dan setelah gue tau ternyata kebiasaan ini udah dilakukan jauh sebelum Mamah muncul di TV,” ungkap pria yang sering disapa ‘Cing’ ini.

4 dari 6 halaman

Berangkatkan Umroh

mamah dedeh

eramuslim.com


Tak cuma itu, sosok dermawan Mamah juga dirasakan kru program acara televisi yang mereka berdua bawakan. Sudah banyak kru program ‘Mamah dan Aa’ Beraksi’ yang diberangkatkan umroh oleh Mamah Dedeh, bahkan hingga satpam dan sopir.

“Anak-anak kru Mamah dan Aa, udah berapa banyak yang diumrohin sama Mamah, sampe sekuriti dan supir kebagian jatah umroh dari Mamah. Kayanya sih total bisa ratusan orang yang udah diberangkatin,” tulis Abdel.

5 dari 6 halaman

Belikan Rumah

didominasi warna emas ini 10 potret rumah mewah mamah dedeh

YouTube/Alvin & Friends ©2020 Merdeka.com


Dalam sebuah sesi, menurut pengakuan Abdel, ada salah satu penata rias artis sering berkeluh kesah ke Mamah tentang keluarganya. Mamah Dedeh membantu menyelesaikan masalah tersebut dengan membelikannya rumah.

“Pernah ada make up artist yang sering curhat kalo sering berantem sama mertuanya gara-gara tinggal serumah. Ujug-ujug tuh make up artist dibeliin rumah sama Mamah, supaya bisa pisah dari mertua," lanjut Abdel.

 

6 dari 6 halaman

Biayai Nikah

bentuk nyata kebaikan mamah dedeh

Instagram abdelachrian ©2020 Merdeka.com

Sikap dermawan Mamah Dedeh juga dirasakan oleh kenalan Abdel. Pernikahan beberapa orang yang dikenal oleh Abdel, dibiayai pendakwah yang terkenal dengan ketawanya yang khas ini.

“Ada juga beberapa orang yang gue kenal nikahannya dibiayai sama Mamah. Bukan Cuma biaya penghulu, resepsinya pun ditanggung Mamah,” tutup Abdel dalam cuitannya.

(mdk/dim)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami