Terapi Depresi Berat untuk Sembuhkan Gejala

Terapi Depresi Berat untuk Sembuhkan Gejala
Ilustrasi Psikoterapi. ©iStock
SUMUT | 27 Mei 2022 15:01 Reporter : Ani Mardatila

Merdeka.com - Depresi adalah gangguan suasana hati yang serius yang mempengaruhi seluruh tubuh termasuk suasana hati dan pikiran. Itu menyentuh setiap bagian dari hidup seseorang. Penting untuk diketahui bahwa depresi bukanlah kelemahan atau cacat karakter. Ini adalah ketidakseimbangan kimiawi di otak yang perlu diobati.

Depresi berat (depresi klinis) memiliki gejala yang intens atau berlebihan yang berlangsung lebih dari dua minggu. Gejala ini dapat mengganggu kehidupan sehari-hari seseorang.

Tanpa pengobatan, depresi bisa menjadi lebih buruk dan bertahan lebih lama. Dalam kasus yang parah, dapat menyebabkan melukai diri sendiri atau kematian. Berikut merdeka.com merangkum terapi depresi berat untuk kurangi dan sembuhkan gejala:

2 dari 3 halaman

Apa yang menyebabkan depresi?

Berbagai faktor dapat menyebabkan depresi:

  • Kimia otak: Kelainan tingkat kimia otak dapat menyebabkan depresi.
  • Genetika: Jika memiliki kerabat yang mengalami depresi, kemungkinan besar Anda akan mengalami depresi.
  • Peristiwa kehidupan: Stres, kematian orang yang dicintai, peristiwa yang mengecewakan (trauma), isolasi dan kurangnya dukungan dapat menyebabkan depresi.
  • Kondisi medis: Rasa sakit dan penyakit fisik yang berkelanjutan dapat menyebabkan depresi. Orang sering mengalami depresi bersama dengan kondisi seperti diabeteskanker, dan penyakit Parkinson.
  • Obat: Beberapa obat memiliki efek samping depresi. Narkoba dan alkohol juga dapat menyebabkan depresi atau memperburuknya.
  • Kepribadian: Orang yang mudah kewalahan atau mengalami kesulitan mengatasi mungkin rentan terhadap depresi.

Apa saja gejala depresi?

Depresi dapat memengaruhi emosi, pikiran, dan tubuh. Gejala depresi meliputi:

  • Merasa sangat sedih, putus asa atau khawatir.
  • Tidak menikmati hal-hal yang dulu memberi Anda kegembiraan.
  • Menjadi mudah tersinggung atau frustrasi.
  • Makan terlalu banyak atau terlalu sedikit.
  • Perubahan seberapa banyak Anda tidur.
  • Mengalami kesulitan berkonsentrasi atau mengingat sesuatu.
  • Mengalami masalah fisik seperti sakit kepala, sakit perut atau disfungsi seksual.
  • Berpikir tentang menyakiti atau membunuh diri sendiri.

Terapi Depresi Berat yang Bisa Dilakukan

Psikoterapi dapat menjadi bagian penting dari pengobatan untuk depresi berat. Ini dapat digunakan sendiri atau bersama dengan obat antidepresan. Psikoterapi dapat membantu dalam beberapa minggu. Atau, bisa lebih lama tergantung situasi Anda. 

Ada berbagai jenis terapi depresi berat yang dapat membantu mengobati gejala depresi. Yang tepat untuk Anda akan tergantung pada faktor yang berbeda. Beberapa jenis terapi yang terbukti efektif untuk depresi adalah:

  • Terapi perilaku kognitif (CBT) : CBT membantu Anda mengidentifikasi dan mengubah pola pikir dan perilaku negatif yang dapat memengaruhi perasaan.
  • Terapi interpersonal (IPT) : IPT adalah bentuk terapi lain untuk depresi yang berfokus pada peningkatan hubungan Anda dengan orang lain.

Ketika datang ke terapis, penting untuk menemukan yang cocok untuk Anda. Ada berbagai cara untuk menemukan terapis, seperti mencari secara online atau meminta rekomendasi. 

3 dari 3 halaman

Perubahan gaya hidup apa yang dapat membantu mengobati gangguan depresi berat?

Ada beberapa perubahan gaya hidup penting dan kebiasaan sehari-hari yang dapat membantu mengelola gejala depresi berat. Ini meliputi: 

  • Olahraga

Olahraga dapat membantu mengurangi gejala depresi, terutama selain obat-obatan. Ingatlah bahwa olahraga bisa apa saja mulai dari berjalan-jalan di sekitar blok hingga bermain bola basket di jalan masuk rumah Anda.

  • Diet sehat

Diet sehat penuh buah dan sayuran dapat membantu gejala depresi. Sangat penting untuk mendapatkan cukup vitamin dan mineral, termasuk vitamin B12, folat, dan magnesium.

  • Tidur

Kebanyakan orang dengan depresi mengalami kesulitan tidur. Berfokus pada mendapatkan kualitas tidur yang cukup adalah bagian penting dari pengobatan depresi. 

Bagaimana saya bisa membantu seseorang dengan depresi berat?

Orang dengan depresi mungkin tidak mengakui bahwa mereka sedang berjuang. Kurangnya kesadaran tentang gejala depresi dapat menyebabkan orang menganggap perasaan mereka normal atau menganggapnya sebagai perjuangan terbatas waktu. 

Stigma mencari pengobatan untuk depresi juga dapat menyebabkan orang berusaha mengatasi pengobatan tanpa bantuan profesional. Salah satu cara terbaik yang dapat Anda lakukan untuk membantu orang yang Anda cintai adalah dengan mengedukasi tentang gejala, penyebab, dan pengobatan untuk depresi dan mendorong mereka untuk berkonsultasi dengan dokter atau konselor kesehatan mental.

Jadilah pendengar yang penuh kasih dan hindari memberikan nasihat yang tidak membantu seperti, "Ini hanya fase, itu akan berlalu." Cara lain yang dapat Anda bantu adalah dengan menawarkan diri untuk membantu tugas sehari-hari dan mengenali serta menanggapi suatu krisis. 

Jika Anda yakin orang yang Anda cintai berada dalam bahaya melukai diri sendiri, jangan tinggalkan mereka sendirian. 

(mdk/amd)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini