Tujuan Manajemen Keuangan Beserta Pengertian, Fungsi dan Manfaatnya

Tujuan Manajemen Keuangan Beserta Pengertian, Fungsi dan Manfaatnya
SUMUT | 12 Oktober 2020 10:01 Reporter : Ani Mardatila

Merdeka.com - Keuangan adalah jalur kehidupan bisnis apa pun. Namun, keuangan, seperti kebanyakan sumber daya lainnya, selalu terbatas. Di sisi lain, keinginan selalu tidak terbatas. Oleh karena itu, penting bagi sebuah bisnis untuk mengelola keuangannya secara efisien.

Oleh sebab itu baik individu maupun suatu instansi harus memiliki manajemen keuangan yang baik. Manajemen keuangan adalah salah satu aspek terpenting dalam bisnis. Untuk memulai atau bahkan menjalankan bisnis yang sukses, Anda membutuhkan pengetahuan yang sangat baik dalam manajemen keuangan.

Menurut London School of Bussiness and Finance, manajemen keuangan mengacu pada perencanaan strategis, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian usaha keuangan dalam suatu organisasi atau lembaga. Ini juga mencakup penerapan prinsip-prinsip manajemen pada aset keuangan suatu organisasi, sementara juga memainkan peran penting dalam manajemen fiskal.

Manajemen yang tepat dari keuangan organisasi menyediakan bahan bakar berkualitas dan layanan rutin untuk memastikan fungsi yang efisien. Jika keuangan tidak ditangani dengan baik, organisasi akan menghadapi hambatan yang mungkin berdampak parah pada pertumbuhan dan perkembangannya.

Seringkali organisasi memiliki departemen khusus yang menangani masalah keuangan perusahaan. Seorang manajer keuangan ditunjuk untuk menangani keuangan dan mengelola sumber dayanya dalam suatu perusahaan.

Semua keputusan terkait keuangan diambil pada posisi ini. Tergantung pada profil perusahaan, departemen keuangan dapat memiliki beberapa sebutan untuk memenuhi berbagai kebutuhan perusahaan.

Berikut tujuan manajemen keuangan beserta fungsi dan manfaatnya untuk suatu bisnis:

Baca Selanjutnya: Tujuan Manajemen Keuangan...

Halaman

(mdk/amd)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami