Viral Diduga Aksi Kekerasan Petugas ke Tahanan di Lapas Medan, Ini Kata Kalapas

Viral Diduga Aksi Kekerasan Petugas ke Tahanan di Lapas Medan, Ini Kata Kalapas
Viral Diduga Aksi Kekerasan Petugas ke Tahanan di Lapas Medan, Ini Kata Kalapas. Instagram/@sumut.terkini ©2021 Merdeka.com
SUMUT | 19 September 2021 16:44 Reporter : Fatimah Rahmawati

Merdeka.com - Baru-baru ini beredar video di media sosial, yang memperlihatkan adanya aksi kekerasan yang diduga dilakukan oleh petugas Lapas Kelas I Tanjung Gusta, Kota Medan, terhadap tahanan.

Dalam video yang diunggah oleh akun Instagram @sumut.terkini pada Sabtu (18/9), seorang pria yang diduga merupakan tahanan di lapas tersebut memperlihatkan kondisi tubuhnya yang dipenuhi oleh luka memar.

Kemudian terdengar suara seorang pria yang merekam video, diduga tahanan lainnya, mengatakan bahwa kekerasan tersebut dilakukan oleh petugas lapas.

"Buka lagi, buka lagi. Inilah tindakan pegawai Lapas Kelas I Medan. Kami bukan binatang, kami manusia pak," ucap perekam video sambil memperlihatkan memar-memar yang ada di tubuh temannya tersebut.

Video ini pun telah direspons oleh Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas I Tanjung Gusta Medan, Erwedi Supriyatno.

Berikut informasi selengkapnya.

2 dari 3 halaman

Tahanan Penuh Luka Memar

viral diduga aksi kekerasan petugas ke tahanan di lapas medan ini kata kalapas
Instagram/@sumut.terkini ©2021 Merdeka.com

Dalam video singkat tersebut, seorang tahanan pria tampak terdapat luka memar di sekujur tubuhnya. Diduga, aksi ini dilakukan oleh petugas lapas.

"Inilah tindakan pegawai Lapas Kelas I Medan. Kami bukan binatang, kami manusia pak. Kami di deren sampai bertahun-tahun cuma gara-gara masalah kecil aja," ujar perekam video.

Tak hanya kekerasan, perekam video juga mengatakan bahwa para tahanan dimintai uang dengan jumlah tertentu untuk bisa keluar dari lapas tersebut. Jika tidak memberi uang, mereka akan dipukuli.

"Diminta uang Rp30 juta, Rp40 juta baru bisa keluar. Kalau enggak kami dipukuli seperti ini, kalau enggak kasih uang," jelasnya.

3 dari 3 halaman

Respons Kalapas Tanjung Gusta

viral diduga aksi kekerasan petugas ke tahanan di lapas medan ini kata kalapas
Instagram/@medantau.id ©2021 Merdeka.com

Terkait video viral itu, Kalapas Kelas I Tanjung Gusta Medan, Erwedi Supriyatno telah melakukan klarifikasi.

Dalam video yang diunggah oleh akun Instagram @medantau.id pada Minggu (19/9), Erwedi membenarkan video tersebut terjadi di Lapas Kelas I Tanjung Gusta, Kota Medan.

"Untuk video viral yang saat ini sedang beredar, terkait penyebutan ada penganiayaan di Lapas Kelas I Medan, untuk sementara video tersebut kami nyatakan benar terjadi di Lapas Kelas I Medan," ujar Erwedi.

Ia mengatakan, saat ini pihaknya tengah melakukan pemeriksaan, jika memang terbukti terjadi kekerasan yang dilakukan oleh petugas Lapas, maka petugas tersebut akan diberikan sanksi.

"Dan sampai saat ini kita masih terus melakukan pemeriksaan, bersama dengan tim Kantor Wilayah (Kanwil) dan jika memang itu terbukti dilakukan oleh petugas, tentu kami dari Kanwil akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke petugas tersebut dan tentunya akan diberikan sanksi sesuai dengan peraturan yang berlaku," tegasnya.

(mdk/far)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami