TABANAN
  1. HOME
  2. INFO TABANAN
Transportasi Sekolah

Trans serasi, Bupati Tabanan layani anak sekolah dengan gratis

Program transportasi publik tersebut adalah investasi terbaik Pemkab Tabanan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat

Oleh: Nur Salam 31 Mei 2017 02:54
©2019 Merdeka.com

Merdeka.com, Tabanan - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tabanan meraih penghargaan dari pemerintah pusat Anugerah Pangripta Nusantara (APN) 2017. Program yang menjadikannya program andalannya pada pendidikan dan transportasi, salah satunya program Trans Serasi. Transportasi publik ramah anak sekolah, khususnya bagi siswa-siswi SMP Negeri se-Tabanan.

Bupati Tabanan Ni Eka Wiryastuti menjelaskan Baginya, program transportasi publik tersebut adalah investasi terbaik PemkabTabanan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Anak-anak yang awalnya harus menaiki kendaraan bermotor pribadi, beralih ke angkutan umum.

Pelanggaran lalu lintas pun berkurang. Lebih dari itu, angka kecelakaan yang sebelum jalannya program melibatkan 32 kasus, menurun drastis jadi hanya 2 kasus pada tahun 2016. Hal ini terang menenangkan para orangtua. Sebab anak-anaknya selama tiga tahun terakhir, bisa pulang dan pergi sekolah diantar-jemput dengan selamat.

“Selain itu, kami ingin meminimalisir lingkungan sosial yang tak sehat. Kami juga berharap ini mengurangi peredaran narkoba. Jadi ada banyak hal positif yang didapat, di mana sangat menguntungkan baik siswanya, juga bagi Tabanan secara keseluruhan," kata Bupati Eka sapaan akrabnya, di Bali, Rabu (31/5).

Menurutnya, tahun ini angkutan gratis anak sekolah sudah sampai 16 ribu siswa. Ke depannya setelah anak-anak sekolah semuanya punya transportasi gratis, kita mau wacanakan semua masyarakat Tabanan ke mana-mana harus memakai fasilitas transportasi yang ada sudah disediakan secara gratis

Ni Putu menuturkan, program Trans Serasi ini sebelumnya juga sudah mendapatkan pengakuan nasional, yakni dari Kementerian Perhubungan. Tabanan pun diberikan bantuan khusus tiga armada bus dari pemerintah pusat.“Sebelum pakai bus, angkot-angkot ini enggak diminati masyarakat. Sejak 2014, kami baguskan, kami perbaiki, buat lebih nyaman, selamat dan sejahtera. Sehingga anak-anak sekolah senang naiknya,” tambahnya.

"Nantinya, kita bakal siapkan setiap 15 menit sekali, sekarang rakyat mah kita buat secara gratis-gratis sajalah," ujarnya.

(ns)

Join Merdeka
Komentar

KAMU PERLU TAHU

POPULER DI TABANAN

BERITA TABANAN