TABANAN
  1. HOME
  2. INFO TABANAN
Bappelitbang

Bappelitbang Gelar Rapat Koordinasi Percepatan Penanggulangan Kemiskinan di Tabanan

"Target pelaksanaan program, kebijakan, anggaran dan regulasi serta pencapaian target daerah dalam penanggulangan kemiskinan dapat tercapai".

Oleh: Endang Saputra 4 Desember 2018 10:56
Ilustrasi Bupati Tabanan Ni Eka Wiryastuti sedang membagikan beras ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com, Tabanan - Kemiskinan telah menjadi permasalahan kompleks baik ditingkat nasional maupun daerah. Pemerintah Kabupaten Tabanan secara bertahap terus melakukan upaya dalam penanggulangan kemiskinan melalui program-program pro rakyat.

Sesuai data BPS tahun 2017, Tingkat persentase kondisi kemiskinan di Tabanan telah mengalami penurunan 0,08 persen sehingga menjadi 4,92 persen, dengan penduduk jumlah miskin 21.660 jiwa. Meskipun dibawah rata-rata nasional (9,82 persen) namun angka tersebut masih berada di atas rata-rata provinsi (4.14 persen).

Mencermati kondisi tersebut sudah tentunya diperlukan strategi dan inovasi untuk percepatan penanggulangan kemiskinan, salah satunya Bappelitbang Tabanan yang menyelenggarakan Rapat Koordinasi Percepatan Penanggulangan Kemiskinan di Kabupaten Tabanan tahun 2018 dengan tema Pemberdayaan Masyarakat Miskin Berbasis Potensi Lokal dan Pariwisata (Pro Tour Tourism Models) Jumat (16/11) lalu di Gedung Mandala Mathika Subak Sanggulan Tabanan.

Kepala Bapelitbang Tabanan IB Wiratmaja mengungkapkan rapat koordinasi ini bertujuan untuk memberdayakan masyarakat miskin melalui program-program inovatif pro rakyat. Rapat ini juga bertujuan sebagai pemantapan tentang kinerja Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) Kabupaten Tabanan dalam menyelenggarakan tugas serta pengendalian tentang pelaksanaan program penanggulangan kemiskinan.

"Sehingga diharapkan target pelaksanaan program, kebijakan, anggaran dan regulasi serta pencapaian target daerah dalam penanggulangan kemiskinan dapat tercapai," ungkapnya.

Dijelaskannya materi rapat koordinasi yang dibahas antara lain penaggulangan kemiskinan di provinsi Bali, serta strategi dan sinkronisasi percepatan penanggulangan kemiskinan oleh tim TNP2K oleh Set Wapres RI.

"Dalam rapat ini juga akan diadakan launching dan FGD models pemberdayaan masyarakat miskin berbasis potensi lokal dan pariwisata atau Pro Poor Tourism Models," katanya.

(es/es)

Join Merdeka
Komentar

KAMU PERLU TAHU

POPULER DI TABANAN

BERITA TABANAN