TABANAN
  1. HOME
  2. INFO TABANAN
Kegiatan Bupati Eka

Bupati Eka Bersyukur Diberi Kesempatan di Acara Forum Koordinasi dan Kerukunan Bangsa

"Dimana saya rasa Tabanan telah menciptakan suatu kerukunan umat yang saling menjaga rasa".

Oleh: Endang Saputra 21 Juni 2019 14:25
Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com, Tabanan - Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti mengucapkan puji syukur karena telah diberikan kesempatan untuk bertemu dalam acara Forum Koordinasi dan Sinkronisasi Kerukunan Bangsa ‘Merajut Kerukunan Bangsa Pasca Pemilu 2019 Guna Menjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa.

Hal tersebut dikatakan oleh Bupati Eka yang menjadi narasumber di sebuah acara. Pada acara Forum Koordinasi dan Sinkronisasi Kerukunan Bangsa ‘Merajut Kerukunan Bangsa Pasca Pemilu 2019 Guna Menjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa, Kamis, (20/6) pagi, di Aston Hotel dan Convention Center Gatsu Barat, Denpasar.

"Kita diberikan kesempatan untuk menyatukan hati dan niat kita untuk menjaga bangsa yang kita cintai ini yaitu Bangsa Indonesia yang kita banggakan," ucap Bupati Eka.

Pada kesempatan itu Bupati Eka yang track recordnya merupakan seorang kepala daerah, lebih menekankan kepada penyampaian tentang Kebijakan Pemerintah.

"Kebetulan saya adalah Bupati Tabanan yang secara langsung memimpin Tabanan. Dimana saya rasa Tabanan telah menciptakan suatu kerukunan umat yang saling menjaga rasa dan keinginan kita untuk membuat Tabanan itu selalu damai dan indah," jelasnya.

Oleh karena itu, peran pemerintah disinggung Bupati Eka sangat penting dalam merajut kerukunan Bangsa. Karena menurutnya kerukunan itu tercipta harus terlebih dahulu dari seorang pimpinan, dari tokoh masyarakatnya, dari tokoh agamanya, baik organisasi masyarakat yang ada di dalamnya yang tentunya mereka sangat berperan di dalam kelangsungan kedamaian dan kerukunan berbangsa dan bernegara.

"Di jajaran sendiri kita ada Forkopimda (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah), mempunyai peran yang sangat penting. Karena kami di Tabanan lebih banyak menyelesaikan masalah melalui hubungan yang baik dengan Forkopimda. Semua masalah kita selesaikan dengan hati, dengan kekeluargaan untuk membuat situasi yang damai di Tabanan," kata Bupati Eka.

Dijelaskannya juga, selain Forkopimda, FKUB (Forum kerukunan Umat Beragama) juga sangat mempunyai peranan yang sangat penting.

"FKUB ini sangat penting, karena disini semua umat bergabung dalam satu wadah untuk mereka membicarakan hal-hal yang sifatnya sensitif, yang sifatnya antisipasi untuk bisa diselesaikan dengan Baik," ujarnya.

Bupati Eka juga berharap peran serta serta dari semua pihak, karena menurutnya tanpa peran serta dari seluruh elemen masyarakat, kerukunan dan kedamaian berbangsa dan bernegara itu tidak akan pernah terwujud. Dengan terciptanya kerukunan dan kedamaian berbangsa dan bernegara, maka akan seiring dengan terwujudnya masyarakat yang adil dan makmur.

"Artinya dari atas ke bawah harus satu suara. Jadi jangan diatas saja satu suara tapi dibawahnya tidak satu suara, ini yang tidak boleh terjadi. Sinkronisasi, Bahasa yang sama, Rasa yang sama harus diciptakan. Baik dari tokoh-tokohnya, elit partainya, elit politiknya harus sama. Boleh kita berbeda saat memperjuangkan pilihan kita, tapi saat seusai Pesta Demokrasi tersebut kita rajut kembali rasa persatuan, rasa kesatuan kita terhadap Bangsa dan Negara,"kata dia.

Selain Bupati Eka, acara tersebut jug menghadirkan tokoh ternama lainnya sebagai narasumber, diantaranya, Ida Penglingsir Agung Putra Sukahet (Ketua Asosiasi FKUB Indonesia), dan Nyoman Gede Antaguna (Ketua DPD KNPI Bali).

(es/es)

Join Merdeka
Komentar

KAMU PERLU TAHU

POPULER DI TABANAN

BERITA TABANAN