TABANAN
  1. HOME
  2. INFO TABANAN
Kesehatan

Tingkatkan Gizi, Pemkab Tabanan kampanyekan gerakan gemar makan ikan

"Kinerja program untuk peningkatan produksi perikanan dan kelautan tahun 2017 telah mencapai sebesar 3.991,63 ton".

Oleh: Endang Saputra 6 Agustus 2018 14:45
©2019 Merdeka.com

Merdeka.com, Tabanan - Berdasarkan data statistik perikanan dan kelautan Kabupaten Tabanan, tingkat konsumsi ikan di Tabanan adalah sebesar 29.9 kg/kapita/tahun, di mana masih lebih rendah dibanding tingkat konsumsi nasional.

Maka dengan itu Pemerintah Kabupaten Tabanan berkomitmen untuk meningkatkan mutu dan jumlah produksi ikan serta olahan ikan dan meningkatkan derajat kesehatan serta kesejahteraan masyarakat, yang salah satunya melalui sosialisasi dan kampanye gerakan gemar makan ikan bagi anak TK/PAUD, anak sekolah dasar, ibu hamil/menyusui.

Hal tersebut terungkap dalam sambutan tertulis Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti yang dibacakan oleh Asisten II Tabanan I Wayan Miarsana pada kegiatan kampanye gerakan gemar makan ikan, Kamis (2/8) di SMPN 1 Bajera Kecamatan Selemadeg.

"Tujuan dari gerakan makan ikan adalah untuk menumbuhkan kesadaran tentang pentingnya makan ikan, meingkatkan gizi masyarakat, meningkatkan pengenalan produk aneka hasil olahan ikan kepada masyarakat luas. Ikan juga mengandung nilai gizi yang tinggi seperti protein dan omega 3 yang penting bagi perkembangan jaringan otak, menguatkan tulang dan mencegah terjadinya penyakit," ungkapnya.

Pihaknya, menjelaskan kondisi georafis Tabanan yang memiliki pantai sepanjang 35 KM serta potensi sumber daya air yang melimpah untuk budidaya ikan air tawar, merupakan peluang bagi pertumbuhan ekonomi daerah dan wahana untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Melalui pelaksanaan program optimalisasi pemanfaatan sumber daya perikanan tersebut kinerja program untuk peningkatan produksi perikanan dan kelautan tahun 2017 telah mencapai sebesar 3.991,63 ton," ujarnya.

Pihaknya menambahkan, melalui kesempatan ini dihimbau kepada setiap lapisan masyarakat Kabupaten Tabanan agar mengkampanyekan gerakan gemar makan ikan."Tiada hari tanpa ikan" dalam mewujudkan visi misi pemerintahan Kabupaten Tabanan yang Sejahtera, Aman dan berprestasi.

Sementara itu Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Tabanan I Made Subagia melaporkan sosialisasi kampanye gemar makan ikan yang dilaksanakan di SMPN 1 Selemadeg ini menyasar anak-anak tingkat Sekolah Dasar (SD) dan tingkat sekolah menegah pertama(SMP) di Desa Bajera. Di mana kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan gizi masyarakat dan menumbuhkan kesadaran tentang manfaat pentingnya mengkonsumsi ikan, disamping untuk meningkatkan pengenalan produk aneka hasil olahan ikan.

"Kami berharap kedepan gerakan ini mampu bersinergi dengan visi Tabanan Serasi melalui pengelolaan sumber daya perikanan dan kelautan yang optimal,"jelasnya.

Pihaknya menambahkan berbagai kandungan yang mampu menyehatkan tubuh bisa kita dapatkan dengan megkonsumsi ikan seperti protein, Vitamin A dan B serta omega 3 yang di dapat dalam ikan yang dapat menyehatkan.

"Kita tahu bahwa ikan banyak mengandung gizi tinggi, protein, vitamin A, B dan lemak Omega 3, yang sangat bermanfaat bagi tubuh kita. Selain itu ikan juga berfungsi untuk mencegah berbagai penyakit seperti asma, diabetes, mata, depresi, rheumatoid, jantung dan stroke serta lahir prematur," katanya.

 

(es/es)

Join Merdeka
Komentar

KAMU PERLU TAHU

POPULER DI TABANAN

BERITA TABANAN