Tanah Laut
Tanah Laut Perusahaan
Nama Lengkap
Tanah Laut
Alias
PT IndoExchange Tbk
Tanggal Lahir
-
Zodiak
-
Warga Negara
World Trade Center, Indonesia
Relation
-
Biografi

PT Tanah Laut Tbk (sebelumnya bernama PT IndoExchange Tbk) adalah sebuah perusahaan yang berbasis di Indonesia dengan tujuan usahanya saat ini yang difokuskan pada dua sektor. Perusahaan mempunyai peran sebagai operator yang ditunjuk untuk menyediakan operasi dan pemeliharaan layanan untuk pelabuhan dan fasilitas terminal di Indonesia dan Asia Tenggara, serta peran berperan sebagai Mitra Operasi dan Co-Investor dengan pihak ketiga yang melaksanakan proyek-proyek infrastruktur pelabuhan dan terminal bawah sperti BOT, BOOT atau pengaturan kontrak di Indonesia dan di Asia Tenggara.

Perusahaan Tanah Laut menyediakan kapal tunda dan tongkang, floating crane, kapal konversi untuk kegiatan transhipment / penyimpanan massal.

Saham perusahaan ini dimiliki oleh Equatorex Sdn Bhd sebanyak 81, 07% dan publik sebanyak 18,93% pada akhir tahun 2012 lalu.  Tujuan utama perusahaan adalah entitas investasi Malaysia dari Halim Rasip Holdings Group (HRH) yang didirikan tahun 1976.

HRH memulai operasi pertambangan meskipun kemudian diversifikasi ke sektor Migas yang berkapasitas sebagai promotor / pengembang / pengelola yang melakukan konseptualisasi, perencanaan bisnis, pengawasan konstruksi dan pengelolaan semua proses untuk merancang, membiayai dan membangun organisasi untuk mengoperasikan dan mengelola dua pelabuhan baru di Lumut, Perak, Malaysia. Yang pertama, Lumut Maritime Terminal mulai beroperasi pada tahun 1995 dan yang kedua, terminal Massal Lekir, pada tahun 2002. 

Riset dan Analisa oleh Kustin Ayuwuragil D.