10 Penyedia Layanan Email Terbaik, Wajib Tahu Sebelum Buat Email!

10 Penyedia Layanan Email Terbaik, Wajib Tahu Sebelum Buat Email!
TEKNOLOGI | 8 April 2020 13:09 Reporter : Indra Cahya

Merdeka.com - Dalam dunia yang kini sudah terdigitalisasi, email adalah salah satu platform komunikasi paling penting, baik untuk bekerja, studi, ataupun personal. Email juga penting untuk jadi sarana login ke aplikasi ataupun akses media sosial.

Saat ini banyak sekali layanan penyedia email yang tersebar di penjuru internet. Kesemuanya memiliki keunikan dan kemampuan masing-masing yang ditawarkan.

Nah, berikut adalah deretan layanan penyedia email terbaik yang ada di internet. Wajib tahu sebelum buat email lho! Melansir laman Software Testing Help, berikut ulasannya!

1 dari 10 halaman

Gmail

Gmail adalah layanan email besutan Google. Layanan ini bisa diakses dengan mudah dari iOS maupun Android, dan punya beberapa keunggulan. Salah satu yang paling menarik adalah kita bisa membagi file sebesar 25MB lewat email, dan jika lebih bisa lewat Google Drive, layanan cloud dari Google.

Beberapa kemudahan lain adalah mudah untuk 'undo' pasca mengirim email, kemudahan forward email, sistem pencarian yang apik karena berbasis Google, keamanan berbasis two-step verification, dan offline mode.

Beberapa kekurangan dari Gmail adalah loading yang kadang lemot, serta penanganan folder yang cukup rumit.

2 dari 10 halaman

Pepipost

Pepipost adalah salah satu layanan email yang menggunakan Email API dan SMTP Relay, sehingga cocok untuk layanan transaksi email, email delivery service, bulk dan email sending service.

Banyak fitur yang ada di Pepipost, mulai dari data security, real time reports kala email masuk atau tak masuk, Webhooks, bounce notifications, history log selama 90 hari, dan manajemen sub-akun. Keunggulan utamanya adalah kecepatan Pepipost dalam mengirim email.

Satu-satunya kekurangan adalah ketika kita menggunakan versi gratis, kita dibatasi hanya 100 email per hari.

3 dari 10 halaman

ProtonMail

ProtonMail adalah layanan email yang paling terkenal soal enkripsinya. Jadi jika Anda membutuhkan layanan email yang pasti aman dari serangan hacker nakal, ProtonMail adalah jawabannya.

Selain enkripsinya yang menggunakan enkripsi end-to-end, terdapat juga fitur seperti email expiration yang membuat kita bisa menyetel tanggal email bakal terhapus, autoresponder, filter email, dan aplikassi mobile di iOS dan Android.

Sayangnya, jika Anda menggunakan versi gratis, layanan enkripsi yang diberikan bukan yang end-to-end jadi tingkat keamanannya bervariasi.

4 dari 10 halaman

Outlook

Outlook adalah layanan email besutan Microsoft yang menawarkan antarmuka paling sederhana dari kesemua pilihan email. Tool yang ditawarkan pun mirip dengan antarmuka web yang tentu kita sudah paham, sehingga sangat memudahkan.

Kelebihan dari Outlook adalah kemampuan recovery kala kita menghapus email tak sengaja, banyak add-in, serta kemampuan menyembunyikan alamat email ke penerima. Kekurangan utamanya adalah loading yang cukup lama jika perangkat Anda tak kompatibel.

5 dari 10 halaman

Yahoo Mail

rev2

Raksasa mesin pencarian dan web portal Yahoo juga memiliki layanan email yang cukup populeer yakni Yahoo Mail. Beberapa keunggulannya adalah filter spam yang baik, kemampuan attachment gambar, video, dan dokumen yang ramah pengguna, dan masih banyak lainnya.

Kekurangan dari Yahoo Mail adalah versi terbarunya memiliki iklan di inboxnya, dan untuk attach tidak bisa melampirkan file online, harus dari local drive Anda.

6 dari 10 halaman

Zoho

Zoho adalah layanan email yang cocok untuk bisnis skala kecil, karena beberapa fitur yang menarik. Mulai dari expense tracker, kemampuan nge-tag seseorang dan melakukan share file, dan tidak adanya iklan.

Namun kekurangannya adalah tidak bisa mengimport kontak dari media sosial dan terbatas untuk digunakan 5 akun jika menggunakan versi gratis.

7 dari 10 halaman

AOL Mail

rev2

AOL Mail adalah layanan email gratis dengan beberapa tema menarik dan kemudahan mengimport kontak. Keunggulannya adalah Anda bisa dengan mudah 'undo' email yang tak sengaja terkirim, setting yang mudah dikustomisasi, proteksi virus, dan sebagainya.

Kekurangannya, terdapat banyak sekali iklan dan hanya bisa melampirkan file di local drive.

8 dari 10 halaman

Mail.com

Mail.com adalah layanan email gratis yang membiarkan pengguna memiliki nama domain dari daftar sejumlah 200 nama domain. Selain itu, ada beberapa keunggulan seperti proteksi virus dan juga Spam Blocker.

Keunggulan lain adalah storage unlimited, integrasi Facebook, aplikasi mobile, dan lain sebagainya. Sayangnya masih belum ada autentikasi dua faktor sehingga masih belum terlalu aman.

9 dari 10 halaman

GMX Mail

rev2

GMX adalah layanan email gratis yang keunggulan utamanya adalah soal sharing. Pasalnya Anda bisa melampirkan file hingga 500MB dengan kemampuan online storage sampai 2GB.

Sayangnya, GMX Mail tidak dilengkapi dengan autentikasi dua faktor. Jadi, file yang Anda bagi masih cukup rentan untuk diakses dari perangkat tidak dikenal.

10 dari 10 halaman

iCloud

iCloud adalah layanan email dan cloud untuk pengguna Mac. Layanan ini disertai kapasitas storage dan kemampuan sharing yang baik khas Apple.

Kelebihannya pun cukup banyak, mulai dari cloud storage, kemudahan download di perangkat non Apple, kemudahan akses, kemampuan sharing hingga 5GB, serta gratis storage 5GB.

Sayangnya tentu, email ini hanya bisa dipakai oleh pengguna Apple. (mdk/idc)

Baca juga:
Ini Cara Aktifkan Dark Mode di Facebook, Sudah Tahu?
12 Cara Mengatasi Laptop Lemot, Perhatikan Langkahnya
7 Aspek yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Beli Monitor Gaming, Sudah Tahu?
Tips Menggunakan Internet Tanpa Khawatir Kejahatan Siber
Deretan Tips Main Gim Anti Nge-Lag, Khusus Windows 10!
Ini Cara Mudah Amankan Akun Gmail Anda, Sudah Tahu?
4 Fungsi RAM Pada HP yang Perlu Diketahui, Maksimalkan dengan Cara Ini

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami