2 Hal berbahaya dari teknologi Touch ID di iPhone 5C/5S

2 Hal berbahaya dari teknologi Touch ID di iPhone 5C/5S
iPhone 5S © Apple.com
TEKNOLOGI | 13 September 2013 17:31 Reporter : Dwi Andi Susanto

Merdeka.com - Beberapa hari lalu, Apple telah memperkenalkan dua smartphone terbaru mereka yaitu iPhone 5C dan iPhone 5S. Keduanya dilengkapi dengan teknologi sensor sidik jari atau Touch ID.

Memang beberapa saat setelah diperkenalkan banyak orang yang menganggap bahwa inovasi ini merupakan salah satu langkah besar untuk mengubah cara keamanan konvensional yang menggunakan password dengan lebih efektif dan aman.

Namun, dikutip dari situs resmi Sophos (11/09), walaupun canggih, namun penerapan Touch ID tersebut masih meninggalkan sisi bahaya yang tidak disadari penggunanya.

Dalam analisisnya, tim Sophos menjelaskan bahwa teknologi Touch ID tersebut dapat mengidentifikasi sidik jari pengguna dari berbagai sudut. Hal tersebut berfungsi untuk memudahkan pengguna iPhone kapan pun.

Akan tetapi, kecanggihan teknologi sensor sidik jari tersebut masih dapat dibobol dengan menggunakan 'rekam sidik jari' yang terdapat di mana-mana.

Contohnya saja, ketika seorang pengguna iPhone sedang memegang sesuatu, secara otomatis ada jejak sidik jarinya yang menempel di benda tersebut yang dapat digunakan oleh orang lain untuk membuka iPhone miliknya.

Selain dapat dibobolnya teknologi sensor sidik jari tersebut, ada ketakutan dari beberapa pihak akan aksi NSA dikaitkan dengan rekaman jari sidik itu.

Selama ini, banyak kabar beredar bahwa NSA sedang berusaha 'mengoleksi' segala informasi para pengguna internet dan smartphone. Sebelumnya, banyak perusahaan besar dunia yang salah satunya adalah Apple, dikabarkan telah mengirimkan data pengguna produk mereka ke NSA tersebut.

Dengan digunakannya teknologi Touch ID ini, maka tidak menutup kemungkinan akan ada pengumpulan rekaman sidik jari dari semua pengguna produk Apple dan nantinya dapat digunakan oleh NSA sebagai bahan 'koleksi' terbarunya.

Memang segalanya masih terlalu dini untuk dianggap benar, namun kemungkinan akan selalu ada. So, beware. (mdk/das)

Sensor sidik jari iPhone 5S bisa dibobol anak kecil

Sensor sidik jari iPhone 5S 'jijik' dengan jari berkeringat

iPhone 5S rilis dengan prosesor 64-bit, Samsung 'geregetan'

iPhone 5C bukan ancaman bagi penjualan Android

Ternyata Israel juga baca data penyadapan yang dikumpulkan NSA

BlackBerry: Sistem keamanan kita masih aman

Di mana privasi kita sekarang?

Sebaiknya segera jauhkan diri Anda dari internet!

Akan ada gadget yang bisa sadap ponsel siapa saja

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami