3 Kekurangan Seri Pixel yang Akan Dibenahi Google di Pixel 4

TEKNOLOGI | 5 Agustus 2019 16:03 Reporter : Indra Cahya

Merdeka.com - Google Pixel adalah smartphone besutan Google yang rilis sejak 2016 silam, menandai berakhirnya lini Nexus. Di seri Pixel ini Google serius untuk menangani sendiri desain dan juga berbagai aspek dalam smartphone miliknya ini.

Permasalahannya, Google Pixel yang kini akan segera memasuki generasi ke-empat ini selalu kurang memperhatikan banyak aspek. Hal ini wajar, karena Google sangat perhatian kepada performa (termasuk soal Android murni yang jadi keunggulannya), dan juga soal kamera.

Walhasil, banyak aspek kecil yang abai sehingga dan kompetitor dengan mudah mendapat banyak pembeli ketimbang smartphone Google ini.

Sebelumnya Pixel punya banyak kekurangan dan selalu dibenahi di seri berikutnya.

Seperti Pixel original yang tak punya sertifikasi anti-air, dan di Pixel 2 dan Pixel 3 sudah ada sertifikasi IP68. Selain itu, terdapat stabilisasi optikal mulai di Pixel 2, serta pengecasan nirkabel di Pixel 3.

Nah, aspek apa lagi yang harus dibenahi Google di Pixel 4? Berikut daftarnya.

1 dari 3 halaman

RAM 6GB

Google Pixel sampai saat ini cukup 'keras kepala' untuk mempertahankan RAM sejumlah 4GB saja. Kapasitas ini masih dipertahankan di era RAM 8GB sudah jadi standar dan flagship telah merambah 12GB.

Bukan tidak mungkin Pixel 4 akan mengusung RAM minimal 6GB, terlebih lagi seri Pixel 3 memiliki permasalahan soal manajemen RAM yang kerap dikeluhkan pengguna.

Meski demikian, untuk membuat harga tetap kompetitif, kemungkinan besar Pixel 4 hanya akan membuat RAM 6GB sebagai opsi dari RAM standar 4GB. Hal ini agar ada variasi harga yang murah.

2 dari 3 halaman

Dual Kamera

Salah satu ciri khas dari Google Pixel adalah setianya mereka kepada satu kamera. Tidak mempedulikan tren dan aspek kekinian, hingga tahun lalu di Pixel 3 hanya tersemat satu kamera saja.

Tak cuma itu, sensor yang diusung hanya 12MP. Bayangkan, sensor tersebut 'terkepung' kompetitor yang resolusi kameranya mencapai 48MP.

Namun jangan salah, kamera Pixel 3 mendapatkan peringkat pertama kamera smartphone terbaik dari DxOMark di tahun lalu.

Meski demikian, tahun ini Google disebut akan membawa dual kamera dan meninggalkan 'ciri khas' single kamera yang 3 generasi telah diemban.

3 dari 3 halaman

Face Unlock

Google telah mengumumkan kalau Google Pixel 4 akan mengusung face unlock berbasis 3D.

Dalam posting blog dan juga video di YouTube, selain face scanner, sensor serupa yakni "Motion Sense" yang membuat pengguna dapat menggunakan smartphone tanpa harus menyentuhnya. Yang dibutuhkan hanyalah gerakan tangan yang ditangkap oleh sensor.

Google mengkonfirmasi bahwa sensor ini menggunakan chip Project Soli yang menggunakan radar untuk mendeteksi gerakan tangan di dekat smartphone.

Beberapa sensor yang digunakan untuk mengidentifikasi wajah kita adalah depth sensor (sensor kedalaman), infrared, serta sensor RGB. Dengan adanya deretan sensor ini, pemindaian wajah bisa berfungsi dalam berbagai situasi pencahayaan dan juga bekerja dengan jenis wajah yang beragam.

Nah, Pixel 4 adalah perangkat pertama yang menggunakan Soli. Sehingga beberapa perintah seperti mengganti lagu di Spotify, melakukan snooze alarm, hingga me-reject telepon, bisa dilakukan hanya menggunakan gestur tangan tanpa menyentuh layar. (mdk/idc)

Baca juga:
Spesifikasi Vivo Z1 Pro, Smartphone Gaming yang Segera Rilis di Indonesia
10 Ribu Unit Asus ROG Phone 2 Ludes Dalam 73 Detik Saja!
Diprediksikan Penjualan Smartphone Global Turun 2,5 Persen Tahun Ini
Samsung Galaxy M20S, Smartphone Bawah 3 Juta Dengan Baterai Awet 2 Hari!
Oppo K3, Calon Smartphone 3 Jutaan Terbaik yang Rilis 8 Agustus Mendatang!
Rumor Fitur Baru iPhone ini Disebut 'Khianati' Steve Jobs
Samsung Akan Hadirkan Kembali Seri Active, Smartphone Galaxy Tahan Banting!