3 Tips Manfaatkan Transaksi Non-Tunai di Era Cashless

3 Tips Manfaatkan Transaksi Non-Tunai di Era Cashless
TEKNOLOGI | 1 Desember 2020 12:46 Reporter : Indra Cahya

Merdeka.com - Tahun 2020 ditandai dengan makin banyaknya produk fintech. Berdasarkan studi Ipsos Indonesia yang dikutip dari Tekno Liputan6.com, perilaku konsumen dalam transaksi keuangan sudah beralih ke cashless atau nontunai, sejak awal 2020.

Akhirnya, kita akrab dengan istilah baru yakni cashless society, yang sebenarnya sudah ada sejak beberapa tahun terakhir. Ini adalah sebuah kondisi di mana masyarakat lebih cenderung menggunakan non-tunai ketimbang uang cash dalam berbagai transaksi. Hal ini pun didorong Pemerintah, lewat Gerakan Nasional Non Tunai.

Nah, berikut ada tiga hal yang paling penting untuk disiapkan agar kita juga tidak tertinggal untuk menikmati benefit dari transaksi non-tunai ini. Melansir Liputan6.com, berikut daftarnya

1. Pahami Jenis Transaksi

Berbicara soal jenis, pada dasarnya ada dua jenis yang paling populer. Pertama ada dompet digital, yang kita kenal seperti DANA, OVO, Gopay, dan LinkAja. Selain itu, ada e-money, yang berupa kartu, dan biasanya diterbitkan bank, seperti Flazz BCA, TapCash BNI, dan E-Money Mandiri.

Nah, kita harus cerdas untuk membedakan keduanya, dan menyesuaikan transaksi apa yang cocok digunakan. Untuk e-money yang lebih konvensional, kartu ini saat ini hanya digunakan untuk membatyar tol. Jika digunakan untu berbelanja biasa pun bisa, namun perangkat EDC terbitan bank yang ada di toko juga harus sesuai.

Di sisi lain, dompet digital adalah opsi lebih fleksibel. Karena tak hanya digunakan untuk transaksi dan hanya butuh menggunakan ponsel yang Anda sudah miliki, kesemua platform didorong untuk bisa juga membayar tagihan mulai dari listrik, pulsa, internet, hingga PBB dan Samsat online.

Baca Selanjutnya: Transaksi dan Optimasi...

Halaman

(mdk/idc)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami