4 Rapor Merah Dari Google Pixel 4, Flagship Terburuk 2019?

TEKNOLOGI | 18 Oktober 2019 15:49 Reporter : Indra Cahya

Merdeka.com - Google Pixel 4 dan 4 XL adalah smartphone yang semenjak perilisannya mendapatkan banyak kritikan pedas. Smartphone ini membawa banyak sekali fitur baru. Namun apa yang dibutuhkan pengguna gagal dipenuhi.

Deretan fitur yang mengecewakan seperti kamera telefoto dan baterai, membuat Google tiba-tiba dipertanyakan mengapa menawarkan smartphone yang tidak memberi nilai lebih dari kompetitor yang menbawarkan harga lebih murah.

Nah, berikut deretan rapor merah dari Google Pixel 4, melansir Phone Arena.

1 dari 4 halaman

Baterai

Android sering dikenal dengan sistemnya yang agak sulit menghemat daya. Meski prosesor sudah papan atas dengan teknologi nanometer yang kecil, fitur optimasi baterai yang terbaik, hingga kemamuan fast charging pun, Android tak bisa dimungkiri masih butuh kapasitas baterai yang besar.

Hal inilah yang jadi keluhan utama Pixel 4. Pasalnya, hanya ada kapasitas baterai 2.800mAh di dalamnya. Ini adalah baterai yang sangat kecil untuk terpasang di smartphone tahun 2019.

Hal ini makin buruk karena Pixel 3 adalah smartphone yang sangat baik dan satu keluhannya hanyalah ketahanan baterai. Dengan baterai yang sama dan prosesor yang sama pula, Pixel 4 justru membawa fitur penguras baterai baru yakni layar 90Hz. Sudah dapat diprediksi bahwa smartphone ini tak akan punya ketahanan baterai seharian.

Namun harus disebut pula bahwa di Pixel 4 XL, kapasitas baterainya 3.700mAh. Ini adalah kapasitas baterai yang lumayan.

2 dari 4 halaman

Varian Termurah Punya Storage Kecil

Varian termurah dari Pixel 4 Series memiliki hanya 64GB storage. Tak cuma itu, Google juga tidak memberikan backup unlimited ke Google Photos.

Ini adalah hal yang sangat mengecewakan karena deretan fitur kamera yang jadi andalan Pixel 4 Series memakan banyak sekali storage. Terlebih lagi, sektor kamera adalah keunggulannya. Namun ketika digunakan, storage akan cepat penuh.

3 dari 4 halaman

Kamera Telefoto yang 'Mubazir'

Google selama ini membuktikan bahwa mereka tak perlu kamera telefoto untuk bisa memnghasilkan gambar portrait mode yang luar biasa. Bahkan, foto kualitas zoom bisa didapat lewat fitur Super Res Zoom seperti yang ada di Pixel 3 dan 3a.

Namun, di saat semua flagship termasuk iPhone dan juga Galaxy S dan Note membawa kamera wide angle, Pixel 4 justru hadir dengan kamera telefoto. Kamera yang kualitasnya bisa diraih dengan baik lewat kamera utamanya. Hal ini bisa dikatakan mubazir, sekaligus tertinggal karena kamera wide angle adalah fitur standar flagship saat ini.

Terlebih lagi, kamera wide angle hasil fotonya tidak bisa didapatkan lewat software, sementara telefoto bisa dan Google sudah terbukti melakukannya dengan baik.

4 dari 4 halaman

Tidak Ada Earbuds dan Konektor

Mengingat ini adalah smartphone yang sudah tak memiliki headphone jack, Google benar-benar memasrahkan smartphone ini pada pengguna terkait konektivitas musiknya.

Pasalnya, tidak ada dongle atau konektor dari USB C ke headphone jack, ataupun earphone berbasis USB C. Google hanya langsung menjual secara terpisah yakni earphone nirkabel Earbuds.

Jadi jika ingin menggunakan earphone, Anda harus merogoh kocek lebih untuk membelinya sendiri. (mdk/idc)

Baca juga:
Ini 4 Ciri Ponsel yang Bakal Diblokir Pemerintah
Meluncur di Indonesia, Ini Harga Redmi Note 8 dan 8 Pro
iPhone SE 2 Akan Dijual 5 Jutaan Saja?
Harmony OS Diprediksi Kalahkan Linux di 2020
Canggihnya Fitur Motion Sense Google Pixel 4, Tak Perlu Pakai Touchscreen!
Nomophobia, Ketakutan yang Kamu Alami Ketika Takut Jauh dari Ponsel
Redmi Note 8 Resmi Diluncurkan di Indonesia Besok, Ini Spesifikasinya!

TOPIK TERKAIT