4 Smartphone Terbaik yang Akan Rilis Bulan April 2020

4 Smartphone Terbaik yang Akan Rilis Bulan April 2020
TEKNOLOGI | 7 April 2020 00:01 Reporter : Indra Cahya

Merdeka.com - Pandemi corona berdampak kepada seluruh acara peluncuran smartphone untuk mengadakan acara fisik. Meski demikian, perangkat baru terus diperkenalkan meski dari acara berbasis online.

Saat ini, giliran dari vendor-vendor smartphone yang rilis di bulan April yang akan unjuk gigi. Deretan smartphone ini tak kalah dengan gelombang smartphone yang rilis akhir Februari yang seharusnya dihelat di MWC. Bahkan, deretan smartphone ini juga ditunggu-tunggu.

Nah, berikut adalah deretan smartphone terbaik yang akan rilis bulan April 2020. Simak yuk!

1 dari 4 halaman

Oppo Reno Ace 2

ace 2

Oppo dijadwalkan Reno Ace 2 pada April 2020. Menurut laporan terbaru, smartphone tersebut akan mendukung fast charging 65W.

Smartphone ini juga akan kompatibel dengan jaringan 5G. Oppo melengkapi smartphone tersebut dengan baterai 4.000 mAh, dan dilaporkan bisa melakukan pengisian daya hingga 49 persen dalam waktu 10 menit. Hanya butuh waktu 28 menit agar bateri terisi 100 persen.

Smartphone generasi sebelumnya yakni Oppo Reno Ace adalah smartphone yang fitur yang andalannya adalah kemampuan fast charging super cepat. Berdasarkan klaim, smartphone ini bisa mengecas sampai penuh hanya dalam setengah jam saja.

Smartphone ini mengandalkan fast charger 65W SuperVOOC 2.0 yang jadi medium pengisi kapasitas baterai 4.000mAh besutannya.

Dalam uji coba tersebut, penunjuk waktu telah melewati 30 menit dan baterai belum mencapai 100 persen, hanya di angka 99 persen saja. Meski demikian, ini adalah waktu pengecasan yang luar biasa cepat. Tercatat, baterai terisi penuh di angka 31 menit dan 31 detik.

2 dari 4 halaman

OnePlus 8 dan 8 Pro

dan 8 pro

Vendor smartphone asal Tiongkok OnePlus akan segera merilis smartphone terbarunya pada 14 April mendatang. Smartphone ini diharapkan adalah OnePlus 8 dan OnePlus 8 Pro.

OnePlus 8 Series sendiri adalah smartphone yang kini sedang banyak sekali bocor di internet. Melansir Engadget, beberapa hal yang jadi poin utama adalah pengisian nirkabel dan juga sertifikasi tahan air IP68.

OnePlus sendiri membagi beberapa teaser fitur untuk smartphone ini. Mulai dari layar dengan kecepatan refresh 120Hz, serta konektivitas 5G. Sebelumnya, gadget 5G OnePlus hanyalah OnePlus 7T Pro 5G McLaren yang rilis Desember lalu.

Soal spesifikasi, masih belum banyak yang terungkap kecuali desain baru dengan bezel super tipis dan lubang layar, serta sensor kamera lebih baik yang terpasang di varian Pro.

Namun hampir dipastikan bahwa baik versi reguler maupun versi Pro akan mendapat prosesor 5G dari Qualcomm yakni Snapdragon 865.

Diprediksi bahwa tidak akan ada banyak perubahan yang terjadi dari OnePlus 7 ke OnePlus 8, di samping kecepatan refresh dan juga koneksi 5G.

3 dari 4 halaman

Honor 30 dan 30 Pro

dan 30 pro

Sehari setelah OnePlus 8 Series diperkenalkan, tepatnya di 15 April, Honor akan memperkenalkan juga smartphone terbarunya. Smartphone yang merupakan anak perusahaan Huawei ini akan memperkenalkan Huawei 30 Series.

Masih belum terlalu banyak diketahui spesifikasi dari smartphone ini, namun diperkirakan smartphone ini akan membawa prosesor Kirin 990 5G, kamera 50MP dengan sensor IMX seri 7, 12MP ultra wide, dan telefoto 3x zoom optikal.

Selain itu yang akan jadi fitur masa kini adalah kecepatan refresh 90Hz.

4 dari 4 halaman

iPhone 9

iPhone SE adalah salah satu iPhone populer dari Apple. Bagaimana tidak, iPhone tersebut di 2016 lalu membawa prosesor paling mutakhir namun dengan harga yang murah.

Nah, hal ini akan diulangi lagi oleh Apple dengan iPhone 9. Penamaan ini dipilih oleh Apple dan tak lagi menggunakan nama 'SE,' karena smartphone ini serupa dengan iPhone 8 namun punya spesifikasi dan fitur yang sedikit lebih canggih.

Hal ini masuk akal, karena penamaan iPhone 9 memang dilewati oleh Apple dengan menamai perangkatnya iPhone 8 dan iPhone X pada 2017 lalu.

Terdapat sedikit ganjalan soal perilisan iPhone 9. Paaslnya, iPhone 9 harusnya diproduksi di Tiongkok pada akhir Februari, diikuti produksi masal pada awal Maret. Hal ini tidak pernah terjadi karena pandemi virus corona atau Covid-19.

Dilaporkan bahwa Apple berubah pikiran mengingat poin utama penjualan iPhone 9 cukup bernilai.

Aspek terkuatnya ada di dua hal, pertama adalah chipsep A13 Bionic yang sama dengan iPhone 11 Series yang menjamin performa, serta murahnya banderol harga.

Hal ini yang akan jadi senjata pamungkas Apple untuk memasarkan iPhone 9, meski penjualan smartphone sedang lesu.

Soal spesifikasi, iPhone 9 sudah mendapat prediksi dari Ming Chi Kuo yang merupakan analis spesial Apple yang kerap memberi prediksi akurat. iPhone 9 akan hadir dengan prosesor A13, sama dengan iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Pro Max.

Perangkat ini digadang-gadang punya RAM 3GB dan hadir dalam balutan warna space gray, red, dan silver.

Selain itu, Kuo juga menyebut bahwa harga iPhone 9 diprediksi senilai USD 399 atau setara Rp5,6 juta. (mdk/idc)

Baca juga:
Smartphone Lipat Samsung di Masa Depan Dibanderol Murah, Ini Alasannya!
Samsung Klaim Prosesor Exynos 990 Miliki Performa Sebaik Snapdragon 865
Tercebur Sungai Selama 2 Bulan, iPhone 8 Ini Masih Menyala
Penjualan Smartphone Ikut Terdampak Tetapi Merek-merek Ini Masih Digdaya
Foxconn Sebut iPhone 5G 2020 Akan Tetap Tersedia Jelang Akhir Tahun
Nokia 7.2 Akhirnya Dapatkan Pembaruan Android 10
Huawei P40 Pro Jadi Smartphone Dengan Kamera Terbaik Versi DxOMark

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami