5 Tips Cegah Baterai Smartphone Panas Agar Tak Berisiko Meledak

5 Tips Cegah Baterai Smartphone Panas Agar Tak Berisiko Meledak
TEKNOLOGI | 29 Oktober 2020 20:14 Reporter : Indra Cahya

Merdeka.com - Smartphone meledak adalah hal yang cukup sering terjadi. Meski hal ini seringkali terjadi karena kesalahan pabrikan, namun kesalahan dalam penggunaan juga seringkali jadi pemicu hal ini terjadi.

Meledaknya ponsel pun sangat erat kaitannya dengan baterai dan cara kita memperlakukannya. Lantas, apa yang harus kita lakukan untuk menghindari ponsel meledak?

Berikut cara cegah baterai smartphone menjadi panas dan berisiko meledak, seperti yang dikutip dari Tekno Liputan6.com.

1. Isi Daya dengan Benar

Pertama, yang paling ideal adalah menggunakan charger yang disediakan oleh vendor ponsel yang Anda miliki alias charger orisinil.

Jangan lupa untuk melepas kabel saat ponsel selesai diisi. Apabila ponsel kepanasan maka dapat mengakibatkan korslet yang dapat berujuk pada ledakan.

2. Letakkan Ponsel di Tempat yang Aman Ketika Mengisi Daya

Kadang kala orang-orang sering begitu kecanduan dengan ponsel mereka, sampai-sampai ada yang sering menggunakannya di kasur sebelum tidur.

Bahkan saat mereka tertidur pun, ponselnya malah diletakkan di kasur. Yang berbahaya adalah saat memainkan atau menaruh ponsel di kasur sementara ponsel sedang tersambung kabel untuk mengisi daya.

Pada tahun 2017 silam, seorang ibu hamil terluka saat ponsel Samsung Galaxy S5 miliknya meledak ketika diisi daya di dekat kasurnya.

Meski telapak tangan korban terkena luka bakar yang cukup parah, beruntung nyawa sang ibu dan kandungannya selamat.

Baca Selanjutnya: Sayangi Smartphonemu...

Halaman

(mdk/idc)

TOPIK TERKAIT
more tag

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami