4G XL sampai Sulawesi Tengah dan Gorontalo

TEKNOLOGI | 15 Desember 2017 13:13 Reporter : Fauzan Jamaludin

Merdeka.com - XL mengumumkan bahwa jaringan 4G LTE mereka telah sampai di Sulawesi Tengah dan Gorontalo. Total ada sekitar 45 kota/kabupaten di wilayah Sulawesi yang telah terjangkau layanan teknologi 4G.

Menurut Head of North Region XL Axiata, Desy Sari Dewi, Sulawesi Tengah dan Gorontalo merupakan daerah dengan potensi ekonomi yang besar dan dalam beberapa tahun terakhir mengalami kemajuan pembangunan yang sangat berarti. Hal ini pun tercermin dari tingginya peningkatan trafik layanan data di kedua area yang mencapai lebih dari 100 persen dalam setahun terakhir.

"Untuk itu, penyediaan jaringan layanan 4G LTE ini sekaligus juga merupakan jawaban atas harapan pelanggan dan masyarakat di kedua daerah untuk bisa segera memanfaatkan berbagai keunggulan dari layanan internet berkecepatan tinggi ini," katanya.

Lebih detil, menurut Group Head - Commercial LTE XL Axiata, Rahmadi Mulyohartono mengatakan, untuk wilayah Sulawesi Tengah, layanan 4G LTE sudah masuk di area Kota Palu, Kabupaten Parigi Moutong, Kabupaten Donggala, Kabupaten Poso, dan Kabupaten Sigi yang didukung dengan total lebih dari 50 BTS 4G.

Di Gorontalo ada area Kota Gorontalo dan Kabupaten Gorontalo dengan total sekitar 40 BTS 4G. Perluasan berikutnya ditargetkan akan menjangkau juga Kabupaten Gorontalo Utara dan Kabupaten Pahuwato. Total BTS 4G di seluruh Sulawesi yang menopang layanan di 45 kota/kabupaten mencapai lebih dari 600 unit BTS 4G dan masih akan terus ditambah sesuai dengan kebutuhan untuk perluasan yang peningkatan kualitas layanan seiring dengan terus bertambahnya pelanggan di masa mendatang.

"Perluasan layanan 4G LTE di Sulawesi masih akan terus dilakukan di tahun depan yang ditujukan untuk lebih menjangkau ke kota/kabupaten lainnya. Apalagi, di berbagai wilayah di Sulawesi terdapat daerah-daerah dengan potensi sumberdaya alam yang besar, baik pertambangan, pertanian dan perikanan, perkebunan, juga pariwisata," ungkap dia.

Dalam setahun terakhir, trafik Data meningkat hingga lebih dari 170 persen di wilayah Sulawesi Tengah dan lebih dari 100 persen di wilayah Gorontalo. Tingkat penggunaan smartphone terutama 4G oleh pelanggan di kedua provinsi, juga terus meningkat dan kini mencapai masing-masing lebih dari 50 persen dari total pelanggan di Sulawesi Tengah dan lebih dari 48 persen di Gorontalo.

Sementara itu di seluruh Sulawesi, jumlah pelanggan dengan smartphone 4G terus meningkat dan kini telah mencapai 60 persen. Jumlah ini diyakini akan terus tumbuh di masa mendatang mengingat masyarakat setempat yang cukup adaptif dengan perkembangan teknologi digital.

XL Axiata perluas jaringan 4.5G di Jakarta hingga wilayah terluar Kepulauan Seribu

XL sebut pelanggan tak perlu khawatirkan soal keamanan data pribadi

Di kawasan perkebunan ini, bakal terkoneksi jaringan internet

XL raih pertumbuhan kuat di kuartal III 2017

Kata XL soal registrasi kartu prabayar

(mdk/ega)