5 Aplikasi Streaming Musik Terpopuler Saat Ini, Mana Pilihanmu?

5 Aplikasi Streaming Musik Terpopuler Saat Ini, Mana Pilihanmu?
TEKNOLOGI | 8 April 2020 19:07 Reporter : Indra Cahya

Merdeka.com - Streaming musik saat ini adalah kegiatan favorit para pengguna smartphone. Tak lagi lewat MP3 atau media elektronik, kini lebih mudah mendengarkan musik lewat aplikasi.

Tak mengherankan, banyak perusahaan teknologi menyediakan layanan streaming musik untuk bersaing mendapatkan keuntungan dari bisnis ini.

Perusahaan riset pasar Counterpoint memublikasikan laporan terkait aplikasi streaming musik apa saja yang kini paling populer di dunia. Berikut adalah daftarnya, sebagaimana dikutip dari Ubergizmo via Tekno Liputan6.com.

1 dari 5 halaman

1. Spotify

Bicara layanan streaming musik, kini Spotify masih menguasai pasar. Berdasarkan laporan Counterpoint Research, Spotify menjadi layanan streaming musik nomor 1 di tahun 2019.

Bahkan, Spotify menguasai 35 persen pangsa pasar dari keseluruhan total pelanggan berbayar layanan streaming musik.

Spotify bisa nangkring di posisi pertama karena promosi mereka cukup baik. Misalnya memberikan layanan Spotify Premium gratis selama tiga bulan, potongan harga, hingga kampanye konten ekslusif.

2 dari 5 halaman

2. Apple Music

music

Layanan streaming musik milik Apple, Apple Music juga cukup populer di kalangan pengguna.

Apple Music berada di posisi kedua aplikasi streaming terpopuler dengan 19 persen pangsa pasar. Hal ini mengindikasikan Apple Music masih punya kesempatan untuk tetap bersaing.

3 dari 5 halaman

3. Amazon Music

Layanan streaming musik Amazon Music mungkin tak begitu dikenal di Indonesia. Namun, Amazon Music menjadi aplikasi streaming musik terpopuler ketiga di dunia.

Pangsa pasar Amazon Music sebesar 15 persen, hanya berbeda sedikit dengan Apple Music yang ada di posisi atasnya. Jika Amazon Music menghadirkan pengalaman lebih untuk pengguna, bisa saja Apple Music dilampauinya.

4 dari 5 halaman

4. Tencent Music

Perusahaan teknologi Tiongkok Tencent pun menghadirkan layanan streaming bernama Tencent Music. Berfokus untuk penduduk di Tiongkok, layanan ini sudah memiliki pangsa pasar 11 persen, tak jauh dari Amazon Music.

5 dari 5 halaman

5. YouTube Music

music

YouTube Music berada di posisi kelima dengan pangsa pasar 5 persen dari total jumlah pelanggan berbayar layanan streaming musik.

Meski populasi pengguna smartphone Android paling besar di seluruh dunia ketimbang platform lain, YouTube Music masih berada di posisi kelima, kalah jauh dari Spotify.

Sumber: Liputan6.com
Reporter: Agustin Setyo Wardani (mdk/idc)

Baca juga:
Pemerintah Disarankan Buat Aplikasi Serupa Zoom, Begini Tanggapan Menkominfo
CEK FAKTA: Disinformasi Aplikasi Pendeteksi Suhu Tubuh, Hanya Catat Tak Bisa Mengukur
Gandeng Telkomsel, Layanan Halodoc Dapat Diakses Tanpa Kuota
Mengenal Zoom Meetings Basic, Aplikasi Video Conference untuk Meeting Selama WFH
CEO Zoom: Pengguna Aktif Harian Kini Mencapai 200 Juta
KSP Gandeng Kemkominfo Luncurkan Aplikasi 10 Rumah Aman
Terinfeksi Malware, Hati-Hati Dengan 56 Aplikasi Android ini!

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami