5 Fitur Modern yang Absen di Lini iPhone 11, Mengecewakan?

TEKNOLOGI | 16 September 2019 14:09 Reporter : Indra Cahya

Merdeka.com - Salah satu gadget yang paling diantisipasi tahun ini adalah lini iPhone 11. Kini, ketika deretan gadgetnya sudah diperkenalkan oleh Apple, ada beberapa fitur yang dirasa harusnya dapat disematkan ke lini iPhone baru ini.

Meski demikian, terdapat beberapa fitur anyar dan menarik yang ada di iPhone 11 series. Mulai dari kamera ultra lebar, modus malam atau night mode, serta fast charger untuk duo iPhone 11 Pro.

Namun tetap, kita tak bisa abai dengan kenyataan bahwa banyak sekali fitur yang absen di lini terbaru ini. Hal ini meletakkan iPhone 11 series secara spesifikasi masih ditinggal oleh para kompetitornya di Android.

Mari kita ulas fitur apa saja yang absen di lini iPhone 11, melansir Business Insider.

1 dari 5 halaman

USB C

UBS C adalah port koneksi yang kini telah jadi standar di berbagai gadget. Tak cuma di Android, kini iPad Pro dan MacBook Pro besutan Apple pun memiliki port USB C.

Meski demikian, lini iPhone 11 kesemuanya membawa port Lightning, namun disertakan kabel USB C ke Lightning untuk duo iPhone 11 Pro. Hal ini agar iPhone bisa dicolokkan langusng ke MacBook Pro USB C tanpa adaptor.

2 dari 5 halaman

Layar 90Hz

Jika berbicara soal fitur premium, rasanya salah satu aspek terkini yang wajib ada adalah layar dengan rasio refresh 90Hz. Nama besar seperti OnePlus, Razer, dan ASUS kini telah menyematkan fitur tersebut di perangkatnya.

Sayangnya, iPhone 11 masih mengusung 60Hz saja. Layar ini sama sekali tidak buruk, namun 90Hz tentu akan memberi rasa premium di lini iPhone 11. Terutama, iPhone 11 sangat menitikberatkan performa, ketahanan baterai, dan layanan Apple Arcade baru. Tentu, layar 90Hz akan sangat ramah gamer.

Namun tanpa layar 90Hz, Apple dipastikan akan jadi gadget dengan ketahanan baterai yang luar biasa.

3 dari 5 halaman

Layar Tanpa Notch

Adanya notch akan selalu jadi kekurangan iPhone, sampai paling tidak Apple menemukan cara untuk menghilangkan kamera depan dan sensor Face ID untuk tersembunyi di balik layar.

Permasalahannya, kini para kompetitor, meski awalnya juga terpengaruh oleh desain notch milik Apple, kini telah membawa desain yang lebih menarik, bahkan kamera telah berhasil disembunyikan di balik layar.

4 dari 5 halaman

Pemindai Sidik Jari Bawah Layar

Bertahun-tahun lalu, Apple jadi salah satu yang dirumorkan untuk membawa pemindai sidik jari bawah layar. Akhirnya, Vivo dan deretan vendor Tiongkok yang jadi pionir fitur tersebut.

Sampai saat ini pun, Apple ternyata berpendirian teguh untuk tidak membawa fitur biometrikasi tersebut, dan tetap memakai Face ID.

Apple sendiri lebih mempercayai Face ID untuk berbagai keamanan layanan yangmereka tawarkan seperti Apple Pay. Dianggap, pemindaian sidik jari bawah layar masih belum sesempurna itu keamanannya.

Face ID pun, meski dianggap salah satu yang teraman dan kemampuannya telah diperbaiki di lini iPhone 11, dianggap cukup lambat dan sering tidak mendeteksi wajah pengguna, terutama di sudut tertentu.

5 dari 5 halaman

Fitur Powerbank Nirkabel

Salah satu fitur yang kini sedang marak di perangkat flagship adalah fitur pengecasan nirkabel bolak-baik. Jadi, perangkat bisa kita gunakan seperti powerbank nirkabel, untuk mengecas earphone bluetooth, smartwatch, atau bahkan perangkat smartphone lain.

Fitur yang bisa kita temui di flagshi Huawei dan Samsung ini absen di iPhone 11, meski sebelumnya rumor kuat menyebutkan bahwa Apple akan menyematkannya.

Rumor lebih lanjut menyebut bahwa lini iPhone 11 memiliki teknologi dan fitur ini dalam perangkatnya, namun iOS terbaru menonaktifkannya. (mdk/idc)

Baca juga:
iPhone 11 Pro Max, Smartphone Dengan Bobot Paling 'Mantap'
Ini Teknologi Baru Apple yang Akan Gantikan Face ID
Deret Keunggulan Apple A13 Bionic, Prosesor Smartphone Paling Bertenaga!
Perbandingan iPhone 11 VS iPhone XR, Perlukah Anda Ganti Baru?
Deret Kecanggihan Kamera iPhone 11 Pro, Night Mode dan Video 4K Tanpa Goyang!
Penampakan Wujud iPhone 11 Teranyar
Apple Perkenalkan iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max, Hadir Dengan 3 Kamera!