5 Kamera Terbaik Untuk Vlog, Pilihan YouTuber Papan Atas Dunia

TEKNOLOGI | 2 Mei 2019 15:29 Reporter : Indra Cahya

Merdeka.com - Jika Anda tertarik ke dunia kreasi konten di YouTube, tentu salah satu aspek yang harus Anda pikirkan adalah peralatan atau gear. Peralatan ini penting, karena itu adalah instrumen Anda untuk mengolah ide menjadi konten yang menarik untuk dikonsumsi.

Tentu saja, peralatan ini juga harus memudahkan Anda sehingga semua karya Anda pengerjaannya jadi mulus, dan juga dapat hasil yang menakjubkan.

Nah, berikut ini adalah deretan rekomendasi gear dari Youtuber papan atas, seperti Casey Neistat, Marques Brownlee, hingga Justine Ezarik, yang kesemuanya memiliki jutaan subscriber. Jangan kaget, gear mereka mungkin akan jadi gadget papan atas dan juga berharga cukup mahal.

Melansir Engadget, berikut ulasan gear para Youtuber.

1 dari 5 halaman

Casey Neistat

Casey Neistat adalah vlogger yang berbasis di New York City, dan kini subscribernya sudah mencapai 11 juta. Ketika berbicara soal kamera andalannya, ada dua aspek yang ia kejar. Jika untuk konten sinematik, yang ia butuhkan adalah full-frame mirrorless dan juga resolusi 4K. Dengan ini, ia memakai Sony A7R II atau Sony A7S II.

Namun ketika membuat konten vlog biasa, ia biasa menggunakan Canon 6D Mark II, serta Canon EOS-1D X Mark II. Canon ia gunakan karena Neistat menyukai 'color profile' yang dihasilkan Canon. Dengan kata lain, ia bergantung dengan tone warna yang dihasilkan kamera Canon tanpa perlu edit lagi setelahnya.

Soal rekomendasi, Neistat mengapresiasi deretan kamera besutan Panasonic Lumix yang mengusung sensor Micro Four Third, dan memiliki fitur layar yang bisa dilipat ke depan di hampir semua kameranya. Hal ini tentu penting bagi kreator konten dan juga vlogger.

Rekomendasi lain untuk YouTuber pemula dari Neistat adalah Canon EOS 70D atau Sony Alpha 6300.

2 dari 5 halaman

Jacques Slade (Kustoo)

Jacques Slade atau dikenal sebagai Kustoo, adalah salah satu Youtuber terpopuler yang membahas soal budaya sneaker. Saat ini, Kustoo telah disubscribe lebih dari 1,1 juta orang.

Untuk kamera utamanya, ia menggunakan Sony A7III yang digunakan karena kemampuan resolusi 4K dan slow motion 120 frame per detiknya. Kekurangannya, menurut Kustoo, adalah tidak adanya layar yang bisa dilipat ke depan.

Kustoo sendiri berargumen kalau Sony adalah kamera terbaik untuk kreator konten. Selain A7III, ia menggunakan Sony RX100 Mark V yang berukuran kompak dan kualitasnya sangat baik meskipun sekedar kamera point-and-shoot atau lebih dikenal sebagai kamera digital.

Ia menyebut kalau Sony memberikan penggunanya deretan fitur yang dibutuhkan dan diinginkan, seperti sensor profesional dalam bodi yang kompak.

3 dari 5 halaman

Justine Ezarik (iJustine)

Justine Ezarik atau dikenal sebagai iJustine, adalah Youtuber asal AS yang telah mengunggah video Youtube sejak 2006. Ia adalah Youtuber dengan banyak sekali video viral terkait iPhone sejak awal ia mengunggah video.

Ia adalah pengguna Sony mirrorless, yakni Sony A7S II dan juga Sony A7 III. Ini adalah peralatan yang ia gunakan di dalam studio. Ia sendiri memiliki konten yang fokus berbicara di kamera, sehingga ketajaman dan resolusi adalah yang ia butuhkan. Meski demikian, di awal ia mengunggah video, Justine hanya bermodalkan webcam besutan Apple yakni Apple iSight.

Selain itu, ketika berada di luar studio, ia kerap bereksperimen dengan menggunakan kamera Instant 360 One X dan kamera terbaru DJI yakni Osmo Pocket.

4 dari 5 halaman

Marques Brownlee (MKBHD)

Marques Brownlee atau dikenal juga dengan MKBHD, adalah Youtuber teknologi yang dianggap nomor satu di dunia. Kini, ia memiliki 8,2 juta subscriber di Youtube.

Jika Anda pernah menonton videonya, videonya sangatlah jernih dengan kualitas layaknya film. Ini karena peralatan yang ia gunakan untuk membuat konten di Youtube juga setara sinematografi perfilman.

Sehari-hari ia menggunakan RED DSMC2 Brain with 8K sensor atau RED Monstro 8K. RED sendiri adalah produsen kamera video nomor wahid di industri ini. Ketika tidak menggunakan kamera ini, ia menggunakan Canon EOS-1D X Mark II (DSLR) dan Canon C200 (kamera sinema).

Ia mengakui, menggunakan kamera-kamera tersebut "terlalu berlebihan." Namun ia menyukai nilai produksi yang ia dapat dengan kamera papan atas. Hal ini karena Brownlee bisa mendapatkan resolusi yang baik dan gambar yang sangat nyata.

5 dari 5 halaman

Megan Batoon

Megan Batoon adalah Youtuber asal Amerika Serikat yang telah mencapai 1 juta subscriber. Konten kreasinya kini didapatkan dengan menggunakan kamera Sony A7III dan juga Sony A6500.

Ia menggunakan dua kamera ini karena resolusi 4K, dengan gambar dan fokus yang tajam tanpa meleset.

Namun sebelum sebesar sekarang, Batoon menggunakan kamera Canon EOS Rebel T3i (Canon 600D) yang cukup murah jika saat ini Anda membeli bekasnya. Selain itu, ia juga menggunakan Canon 70D, serta Sony A5100 yang merupakan salah satu mirrorless Sony termurah.

(mdk/idc)